KELUARGA
25 Juni 2020

4 Cara Menghemat Pengeluaran Selama Pandemi COVID-19

Gunakan uang dengan bijak ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pandemi virus corona (COVID-19) tidak hanya mengganggu kesehatan kita, namun juga semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari seperti pekerjaan misalnya. Hal ini pun tidak dipungkiri mengganggu kondisi keuangan kita.

Bahkan banyak orang harus kehilangan pekerjaan, karena perusahan tempatnya bekerja tidak bisa beroperasi seperti biasa, sehingga semuanya terhambat.

Di saat krisis seperti ini, tentu menghemat pengeluaran adalah hal yang wajib dilakukan.

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Plos One menyebutkan bahwa menghemat atau menabung adalah perilaku finansial penting yang memberikan keamanan psikologis bagi seseorang dan meningkatkan perasaan kesejahteraannya secara keseluruhan.

Terlebih lagi tidak ada kepastian kapan COVID-19 ini akan berakhir, makanya lebih baik kita berjaga-jaga selama pandemi daripada tidak.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membicarakan Keuangan dengan Pasangan?

Tips Menghemat Pengeluaran selama Pandemi

Beberapa cara di bawah ini bisa membantu Moms untuk menghemat pengeluaran keluarga selama pandemi. Yuk, simak penjelasannya.

1. Jangan Terlalu Sering Memesan Makanan

hemat selama pandemi

Foto: impacttalks.org

Kita secara tidak sadar mungkin jadi sering memesan makanan secara online dikarenakan sedang bekerja di rumah atau work from home (WFH). Hal inilah yang kita tidak sadari sering membuat pengeluaran kita membengkak.

Hindari membeli makanan di restoran mahal, atau membeli camilan-camilan yang tidak dibutuhkan.

Sebagai gantinya, Moms bisa menyetok belanjaan di rumah, lalu memasak dan membuat camilan sendiri jika menginginkannya, pasti akan lebih murah.

Dengan begitu Moms bisa menghemat pengeluaran di saat pandemi seperti ini.

Bahkan Moms bisa langsung membuatnya dalam porsi yang banyak untuk dikonsumsi keluarga.

2. Buat Daftar Belanjaan

hemat selama pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Ketika sudah saatnya Moms pergi ke supermarket untuk membeli bahan makanan, penting untuk membuat daftar belanja juga.

Daftar belanja ini akan membantu kita menghemat pengeluaran selama pandemi. Moms bisa jadikan sebagai panduan Moms untuk membeli barang-barang apa saja yang dibutuhkan.

Dengan begitu, Moms tidak akan membeli barang-barang yang belum dibutuhkan, dan pengeluaran pun sesuai dengan porsinya.

Karena tanpa daftar belanja, kita cenderung tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya belum kita butuhkan.

Baca Juga: Pengantin Baru? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membicarakan Keuangan

3. Manfaatkan Promo Saat Belanja

smiling woman with smartphone and credit card at home girl with telephone and bank card indoors beautiful woman shopping online with credit card easy pay using smart phone or digital gadget bxhah

Foto: Orami Photo Stock

Di saat hari gajian, banyak toko-toko online atau e-commerce yang biasanya menyelipkan berbagai promo menarik untuk menarik pembeli. Salah satunya adalah promo Gerobak Flash Sale Orami.

Orami menjual berbagai kebutuhan ibu dan bayi, seperti susu bayi, popok bayi, sabun bayi, dan bahkan produk perawatan untuk Moms.

Dengan berbelanja di promo Gerobak Flash Sale ini, Moms bisa mendapatkan berbagai produk dengan diskon sampai dengan 49%!

Asyik sekali kan? Moms bisa belanja tanpa takut kantong bolong! Yuk segera belanja di Gerobak Flash Sale Orami di tanggal 19, 25, 26, 29, dan 30 Juni 2020 pada pukul 10.00-16.00!

4. Gunakan THR Secara Tepat

hemat selama pandemi

Foto: debthelprightnow.com

Sebentar lagi kita akan menyambut bulan Ramadan. Ini berarti Idul Fitri akan datang sebentar lagi dan kabar bahagiannya, begitu pula dengan Tunjangan Hari Raya (THR) yang ditunggu-tunggu oleh hampir sebagian besar orang.

Nah, Moms bisa anggap THR ini sebagai bonus dan menyimpannya dalam tabungan. Jangan kalap langsung membelikan barang-barang yang sebenarnya belum dibutuhkan.

Selain ditabung, Moms juga bisa mengalokasikan THR untuk investasi atau mengisi kas dana darurat keluarga. Gunakan THR dengan bijak ya, Moms.

Baca Juga: 4 Ciri Kekerasan Finansial dalam Rumah Tangga

Dengan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, Moms bisa mengeluarkan uang dengan bijak, sehingga Moms bisa lebih berhemat selama pandemi dan kesulitan financial pun tidak akan terjadi

Artikel Terkait