KESEHATAN
26 Desember 2019

Menghilangkan Kutu Rambut Cukup dengan Minyak Kayu Putih, Ini Caranya

Minyak kayu putih ampuh usir kutu rambut?
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Moms, saat kutu ada di rambut kita, pasti bikin risih! Selain bikin kepala kita gatal, parasit yang bersarang di kulit kepala dan batang rambut ini juga menurunkan rasa pede.

Lantas, bagaimana menghilangkannya? Biasanya orang akan menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan obat pembasmi kutu yang mengandung bahan kimia tertentu.

Namun, ada beberapa problem dengan obat pembasmi kutu. Dikutip dari International Journal of Infectious Disease, ada beberapa orang yang tidak cocok dan malah iritasi. Selain itu, belakangan kutu juga makin kebal terhadap insektisida.

“Penggunaan insektisida pada kutu jadi kurang efektif dari hari ke hari,” ungkap pakar entomologi kesehatan masyarakat Dr Cameron Webb.

Baca Juga: Serangan Kutu Rambut Ini Harus Cepat DIwaspadai!

Menghilangkan Kutu dengan Bahan Alami

images.jpeg

Foto: longhair.net

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan kutu secara alami. Salah satunya dengan kondisioner dan sisir. . Jadi kita menggosokkan kondisioner ke rambut dengan tujuan membuat kutu di rambut lemas sehingga susah bergerak. Baru setelah itu, kita sisir dengan sisir serit agar kutu bisa ikut terbawa.

Selain kondisioner, beberapa bahan yang ada di rumah bisa digunakan untuk mengatasi masalah kutu. Salah satunya adalah dengan minyak kayu putih.

Bagaimana caranya?

Minyak kayu putih memang sangat diperlukan untuk menghangatkan badan atau meringankan gejala flu. Tak cuma itu, kita bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan kutu.

Caranya mudah. Moms tinggal mencampurkannya dengan jeruk nipis untuk mengusir kutu rambut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

Minyak Kayu Putih vs Kutu Rambut

Ingin membuat ramuan minyak kayu putih guna mengusir kutu rambut? Berikut ini caranya!

Siapkan:

  • 2 buah jeruk nipis
  • 6 sdm minyak kayu putih

Cara membuatnya, campurkan kedua bahan dan aduk sampai rata. Lantas, oleskan campuran secara merata ke seluruh rambut. Pijat-pijat agar makin meresap.

Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat dan keramaslah seperti biasa. Baru kemudian, sisir rambut Moms dengan sisir serit untuk membuang kutu dan telur yang telah mati.

Setelah kutu hilang dari rambut kamu haru rajin menjaga kebersihan rambut. Jangan pula memakai sisir atau benda yang sama dengan orang yang berkutu rambut agar tak tertular ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Organ Intim Bisa Terkena Kutu Kemaluan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

(RYO/DIN)

Artikel Terkait