PROGRAM HAMIL
25 Desember 2019

Mengikuti Program Hamil? Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari

Hindari agar kesuburan tidak menurun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak ada yang lebih istimewa untuk pasangan selain hamil dan menunggu kehadiran buah hati. Hal ini tidak hanya membawa gelombang kebahagiaan, tetapi pada saat yang sama juga membutuhkan banyak kasih sayang dan perhatian.

Menjadi seorang ibu adalah perasaan yang indah, tetapi juga membutuhkan banyak perawatan sebelum dan sesudah kehamilan.

Tidak heran, kehamilan adalah salah satu tahap paling penting dalam kehidupan seorang wanita. Terlebih jika seorang wanita berusaha untuk hamil, sangat penting untuk mereka menjaga diri sendiri dan selalu mengawasi makanan apa yang dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Program Hamil, Moms Wajib Tahu!

Makanan yang Harus Dihindari saat Program Hamil

Agar program hamil bisa berjalan dengan lancar, Moms harus mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang tepat untuk ibu yang mencoba untuk hamil.

Sayangnya ada beberapa makanan juga yang harus dihindari agar sukses program hamil. Makanan apa saja? Kita lihat yuk, Moms.

1. Ikan yang Mengandung Merkuri Tinggi

program hamil

Foto: indiamart.com

“Merkuri dapat merusak sistem saraf, yang berarti bahwa mengkonsumsi makanan laut yang mengandung merkuri seperti ikan pedang dan tuna saat ikut program hamil, dapat secara langsung membahayakan janin,” kata Kendra Tolbert, ahli gizi untuk kesehatan wanita.

Bahkan dilansir dari jurnal artikel yang diterbitkan oleh U.S. Food and Drug Administration, penting juga untuk membatasi merkuri dalam diet wanita yang sedang hamil dan menyusui, juga anak-anak.

Makan ikan dengan merkuri tinggi sebelum hamil dapat menumpuk merkuri dalam tubuh, yang juga dapat memengaruhi perkembangan sistem saraf bayi.

Baca Juga: Berbahaya Bagi Kesehatan, Pahami Efek Samping Merkuri di Kosmetik

"Sistem saraf janin sedang dibentuk sebelum kebanyakan wanita bahkan tahu mereka hamil," jelas Suzanne Fisher, ahli diet terdaftar. Menurutnya merkuri juga dapat mengurangi kesuburan.

2. Makanan yang Mengandung Lemak Trans

program hamil

Foto: leitesculinaria.com

Menurut Kendra Tolbert, lemak trans yang ditemukan dalam makanan seperti keripik atau popcorn dimicrowave tertentu, makanan panggang yang dibuat dengan teknik shortening, dan makanan yang digoreng, dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin, yang menurunkan kesuburan pada wanita yang sedang menjalankan program hamil.

Jika dikonsumsi secara berlebihan lemak trans ini dapat merusak pembuluh darah, mengganggu aliran nutrisi ke sistem reproduksi. Pria juga harus membatasi makanan ini, karena dapat menurunkan kualitas sperma.

3. Seafood Asap

program hamil

Foto: saltpepperskillet.com

Makanan yang harus dihindari saat melakukan program hamil selanjutnya adalah seafood asap. Konsumsi makanan laut asap dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dalam tubuh manusia yang secara substansial dapat meningkatkan bahaya penyakit kronis pada bayi, keguguran atau cacat lahir.

Baca Juga: Benarkah Sering Makan Seafood Bisa Bikin Cepat Hamil?

Bahkan jika mengandung kadar garam yang tinggi, dapat meningkatkan kadar tekanan darah dan menyebabkan peradangan pada tubuh bayi dan Ibu.

4. Susu Rendah Lemak

program hamil

Foto: cleaneatingmag.com

Jika menjalani program hamil, Moms harus menghindari susu rendah lemak.

“Jenis makanan ini seperti yogurt, dan produk susu lainnya mungkin mengandung androgen, hormon pria yang tertinggal ketika lemak dikeluarkan,” kata Kendra Tolbert. Makanan dan minuman dengan kandungan ini dapat memacu tubuh Moms untuk memproduksi androgen, yang dapat mengganggu siklus menstruasi, sehingga mengurangi kesuburan.

Jenis makanan di atas merupakan beberapa jenis makanan yang harus Moms hindari konsumsinya saat menjalankan program hamil. Dicatat ya, Moms!

Artikel Terkait