PROGRAM HAMIL
23 Juli 2020

Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil, Kurangi Yuk Moms

Makanan ini bisa mengurangi kesuburan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak ada yang lebih istimewa untuk pasangan selain hamil dan menunggu kehadiran buah hati. Hal ini tidak hanya memberikan kebahagiaan, tetapi juga membutuhkan banyak kasih sayang dan perhatian.

Jika Moms ingin hamil, maka perlu mulai memerhatikan pola hidup dan kebiasaan makan. Salah satunya dengan menghindari makanan yang dilarang untuk program hamil.

Ini karena untuk memiliki kehamilan yang sehat, Moms perlu menjalani pola makan yang penuh nutrisi bahkan sebelum kehamilan, sehingga dapat mengurangi risiko tertentu pada janin.

Dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, memperbaiki faktor-faktor gaya hidup seperti pola makan, dapat memengaruhi kesuburan manusia dan berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

Karena itu, yuk cari tahu seperti apa daftar makanan yang dilarang untuk program hamil berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Program Hamil, Moms Wajib Tahu!

Pantangan Makanan Agar Cepat Hamil

Agar program hamil bisa berjalan dengan lancar hingga persalinan tiba, Moms harus mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi tepat untuk ibu yang mencoba untuk hamil.

Sayangnya ada beberapa makanan yang dilarang untuk program hamil. Kira-kira apa saja ya, Moms? Yuk, cek daftarnya berikut ini.

1. Ikan dengan Merkuri Tinggi

makan yang dilarang untuk program hamil-tuna

Foto: Orami Photo Stock

Ikan memang memberikan nutrisi untuk janin dengan kandungan asam lemak omega-3. Apalagi, Mengutip Parents.com, asam lemak omega-3 penting karena tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami.

Tetapi, konsumsi ikan dengan kandungan merkuri tinggi termasuk dalam makanan yang dilarang untuk program hamil. Karena itu, Moms perlu menghindarinya.

"Merkuri dapat merusak sistem saraf, yang berarti bahwa makan makanan laut yang mengandung merkuri seperti ikan pedang dan tuna saat ikut program hamil, dapat secara langsung membahayakan janin," kata Kendra Tolbert, ahli gizi untuk kesehatan wanita.

Bahkan dilansir dari jurnal U.S. Food and Drug Administration, penting juga untuk membatasi asupan merkuri dalam diet wanita yang sedang hamil dan menyusui, juga anak-anak.

Makan ikan dengan merkuri tinggi sebelum hamil dapat menumpuk merkuri dalam tubuh, yang juga dapat memengaruhi perkembangan sistem saraf bayi.

"Sistem saraf janin sedang dibentuk sebelum kebanyakan wanita bahkan tahu mereka hamil," jelas Suzanne Fisher, ahli diet terdaftar. Menurutnya merkuri juga dapat mengurangi kesuburan.

Baca Juga: Berbahaya Bagi Kesehatan, Pahami Efek Samping Merkuri di Kosmetik

2. Makanan dengan Lemak Trans

makan yang dilarang untuk program hamil-lemak trans

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Kendra Tolbert, lemak trans yang ditemukan dalam makanan seperti keripik atau popcorn microwave, makanan panggang yang dibuat dengan teknik shortening, dan makanan digoreng, dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin.

Hal ini kemudian dapat menurunkan kesuburan pada wanita yang sedang menjalankan program hamil. Karena itu, hindari konsumsi lemak trans yang merupakan makan yang dilarang untuk program hamil ya, Moms.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, lemak trans dapat merusak pembuluh darah, serta mengganggu aliran nutrisi ke sistem reproduksi.

Tidak hanya Moms, tetapi Dads juga harus membatasi konsumsi makanan ini. Karena menurut jurnal Human Reproduction, konsumsi makanan dengan lemak trans dapat menurunkan kualitas sperma.

3. Seafood yang Dibakar

program hamil

Foto: saltpepperskillet.com

Makanan lain yang dilarang bila ingin melakukan program hamil selanjutnya adalah seafood yang dimasak dengan metode dibakar.

Konsumsi makanan laut bakar dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dalam tubuh manusia yang secara substansial dapat meningkatkan bahaya penyakit kronis pada bayi, keguguran atau cacat lahir.

Bahkan jika mengandung kadar garam yang tinggi, dapat meningkatkan kadar tekanan darah dan menyebabkan peradangan pada tubuh bayi dan sang ibu.

Baca Juga: Benarkah Sering Makan Seafood Bisa Bikin Cepat Hamil?

4. Produk Susu Rendah Lemak

program hamil

Foto: cleaneatingmag.com

Makanan lain yang harus Moms hindari jika ingin melakukan program hamil adalah susu rendah lemak.

Dalam International Journal of Preventive Medicine, makanan dan minuman rendah lemak ini dapat memacu tubuh untuk memproduksi androgen, yang dapat mengganggu siklus menstruasi dan mengurangi kesuburan.

"Jenis makanan ini seperti yogurt, dan produk susu lainnya mungkin mengandung androgen, hormon pria yang tertinggal ketika lemak dikeluarkan,” kata Kendra Tolbert.

5. Konsumsi Alkohol

makan yang dilarang untuk program hamil-alkohol

Foto: Orami Photo Stock

Moms tentu tahu bahwa konsumsi alkohol tidak disarankan saat hamil, begitu juga jika ingin program hamil. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bahwa wanita hamil harus menghindari alkohol secara total.

"Sangat penting bagi penyedia layanan kesehatan untuk menilai kebiasaan minum wanita selama kunjungan medis rutin, menasihatinya untuk tidak minum jika hamil, dan merekomendasikan layanan jika dia membutuhkan bantuan untuk berhenti minum," terang Coleen Boyle, Ph.D., Direktur Pusat Nasional CDC tentang Cacat Kelahiran dan Cacat Perkembangan.

Selain itu, alkohol tidak disarankan untuk dikonsumsi karena seperti merkuri, asupan ini dapat menyebabkan infertilitas, dan menghabiskan kadar vitamin B dalam tubuh, yang fungsinya meningkatkan peluang untuk hamil dan mendukung pertumbuhan janin.

Baca Juga: Tips Menjalani Program Hamil Setelah Keguguran

6. Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

makan yang dilarang untuk program hamil-makanan indeks glikemik tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Makanan dengan indeks glikemik tinggi juga termasuk dalam makan yang dilarang untuk program hamil. Hindari makanan yang membuat gula darah meningkat, jika ingin meningkatkan kesuburan.

"Lonjakan gula darah dapat menyebabkan peradangan, mengubah hormon, dan menghambat ovulasi," kata Tolbert.

Sebaiknya, cobalah untuk memilih karbohidrat dengan pembakaran lambat, seperti roti gandum, pasta atau beras merah. Bahkan jika memungkinkan, gabungkan makanan ini dengan protein, serat, dan lemak sehat.

Makanan di atas tadi merupakan beberapa jenis makan yang dilarang untuk program hamil. Dicatat ya, Moms!

Artikel Terkait