KESEHATAN
16 November 2019

Mengobati Cedera Hamstring yang Bisa Membuat Paha Sakit Luar Biasa

Pada cedera ringan hingga sedang, dapat sembuh dengan sendirinya
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Cedera hamstring adalah cedera yang cenderung terjadi ketika olahraga seperti pada atlet sepakbola, pelari, skater, dan pemain basket.

Mengutip Mayo Clinic, pada cedera hamstring yang parah, otot dapat sobek atau bahkan terlepas dari sambungannya ke panggul atau tulang kering.

Cedera hamstring sendiri dapat memberikan rasa sakit yang sangat menyakitkan. Karena itu, ketahui cara mengobati cedera hamstring.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Atasi Cedera Saat Olahraga Setelah Melahirkan

Cara Mengobati Cedera Hamstring

Melansir WebMD, cedera hamstring tingkat minor hingga sedang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk mempercepat proses penyembuhan, berikut cara yang dapat dilakukan:

1. Mengistirahatkan Kaki

mengobati cedera hamstring-1.jpg

Hindari meletakkan beban pada kaki. Jika rasa sakit cederanya parah, seseorang mungkin perlu memakai kruk/crutches sampai sakitnya hilang.

Untuk mengetahui lebih jelas cara mengobati cedera hamstring, tanyakan kepada dokter atau terapis fisik jika diperlukan.

Baca Juga: Waspada Moms, Ini 3 Permainan di Playground yang Berpotensi Bikin Anak Cedera

2. Mengompres Es Batu

mengobati cedera hamstring-2.jpg

Untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak, bisa dengan mengompres es batu pada bagian paha yang alami cedera hamstring.

Lakukan selama 20-30 menit setiap tiga hingga empat jam selama dua hingga tiga hari, atau sampai rasa sakit cedera hamstring menghilang.

3. Balut Menggunakan Perban

mengobati cedera hamstring-3.jpg

Gunakan perban elastis dan balut bagian paha tempat cedera hamstring, untuk mengempeskan pembengkakan pada bagian tubuh yang cedera.

Jangan lupa untuk mengangkat kaki di atas bantal ketika sedang dalam posisi duduk atau berbaring.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Cedera yang Bisa Dialami Saat Makan

4. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

mengobati cedera hamstring-4

Beberapa jenis obat yang dapat mengobati cedera hamstring adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen (Advil, Motrin), atau naproxen (Aleve, Naprosyn), akan membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan.

Namun, obat-obatan ini bisa memiliki efek samping, seperti peningkatan risiko perdarahan dan bisul.

Karena itu, obat ini hanya dapat digunakan dalam jangka pendek, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

5. Melakukan Latihan Peregangan

mengobati cedera hamstring-5.jpg

Lakukan latihan peregangan dan penguatan jika dokter atau ahli terapi fisik menganjurkannya. Memperkuat bagian hamstring adalah salah satu cara mengurangi cedera hamstring.

Dalam kasus yang parah di mana otot robek, seseorang mungkin perlu dioperasi. Dokter bedah akan memperbaiki otot dan memasangnya kembali.

Itu dia beberapa cara mengobati cedera hamstring yang bisa dilakukan. Jika kondisinya parah, bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Artikel Terkait