PROGRAM HAMIL
26 Februari 2020

Cegah Autisme Dengan Folic Acid

Apa benar? Baca yuk Moms!
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika Moms membutuhkan lebih banyak alasan mengapa perlu mengonsumsi folic acid sebelum dan saat hamil, maka ini yang perlu Moms tahu: mengonsumsi folic acid dapat membantu mencegah risiko autism spectrum disorder (ASD) pada anak.

Manfaat ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang terhadap anak-anak di Israel. Berikut penjabarannya.

Mencegah Anak Autisme

1 Mencegah Anak Autisme.jpg

Foto: Myriam Zilles – Pixabay.com

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal American Medical Association Psychiatry mencoba menemukan hubungan antara mengonsumsi folic acid dan multivitamin oleh wanita, sebelum dan selama kehamilan dengan kemungkinan anak terhindar dari risiko ASD.

Penelitian ini diikuti lebih dari 45.000 anak Israel yang lahir antara 2003-2007, diteliti dari lahir sampai 2015. Pada akhir penelitian, tercatat 572 anak didiagnosis dengan autisme.

Ternyata, Moms yang mengonsumsi folic acid atau multivitamin selama kehamilan, 73% berisiko lebih rendah memiliki anak dengan diagnosis ASD. Mengonsumsi folic acid sebelum kehamilan juga efektif dalam mengurangi risiko yang ditimbulkan tersebut.

Baca Juga: Mungkinkah Mencegah Autisme Selama Kehamilan?

Manfaat Folic Acid

2 Manfaat Folic Acid.jpg

Foto: Ryan Franco – Unsplash.com

Beragam manfaat mengonsumsi folic acid telah terbukti sejak lama. Salah satunya dapat memengaruhi otak bayi dan sumsum tulang belakang yang pada akhirnya rentan menyebabkan cacat tabung saraf.

“Kita tahu selama hampir 25 tahun, mengonsumsi suplemen folic acid sebelum hamil mengurangi kemungkinan bayi lahir dengan kelainan bawaan, seperti spina bifida,” ungkap profesor klinis Obstetrik & Ginekologi di Yale University, Mary Jane Minkin, MD, seperti dikutip dari parents.com.

Spina bifida terjadi saat tabung saraf pada bayi belum tertutup sempurna dan biasanya berkembang hanya beberapa minggu pertama kehamilan. Tabung saraf ini merupakan kumpulan saraf dalam tulang belakang yang menghubungkan otak dengan sisa tubuh bayi.

Pada tahap ini, Moms mungkin bahkan tidak menyadari bahwa sedang hamil. Itulah mengapa, banyak Dokter merekomendasikan untuk mengonsumsi folic acid saat Moms baru mulai merencanakan kehamilan.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Anak Autisme yang Tidak Boleh Diabaikan!

Rekomendasi Folic Acid

3 Rekomendasi Folic Acid.jpg

Foto: Unsplash.com

Ada beberapa cara untuk mendapatkan asupan folic acid, salah satunya melalui suplemen. “Anda perlu mengonsumsi folic acid sebanyak 400 microgram (mcg) setiap hari. Hal ini dilakukan dari saat Anda berhenti menggunakan kontrasepsi hingga hamil 12 minggu,” ungkap ahli diet, Sasha Watkins, seperti dikutip dari babycenter.com.

Dikutip dari Mayo Clinic, folic acid atau folat juga dapat ditemukan pada beberapa bahan makanan sehari-hari. Misalnya sayuran hijau, kacang-kacangan, beans, dan peas.

Baca Juga: Mengenali Gejala Autisme Pada Bayi

Buah-buahan yang kaya akan folat, termasuk jeruk, lemon, pisang, melon, alpukat dan strawberry. Folat ditemukan dalam jumlah cukup kecil pada makanan, sehingga untuk mencukupi rekomendasi asupan folic acid harian, Moms tetap perlu mengonsumsi folic acid dalam bentuk suplemen.

Untuk mendapatkan rekomendasi suplemen folic acid yang tepat, Moms dapat berkonsultasi dengan Dokter mengenai dosis yang dianjurkan. Dengan rutin mengonsumsi folic acid, peluang kehamilan pun menjadi lebih besar dan anak pun terhindar dari risiko ASD.

Artikel Terkait