KEHAMILAN
11 Mei 2020

Amankah Mengonsumsi Mayonaise Saat Hamil? Simak Jawabannya di Sini

Punya rasa yang lezat, amankah ibu hamil mengonsumsi mayonaise?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Makanan apa yang perlu disertakan dalam diet selama kehamilan untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat merupakan salah satu kekhawatiran ibu hamil.

Sebelum hamil, mengonsumsi mayonaise pada sandwich atau burger menjadi hal yang biasa dilakukan, namun berbeda ketika hamil.

Biasanya mayonaise terbuat dari telur, cuka, dan minyak sayur yang terbilang aman untuk dikonsumsi, namun tetap perlu diperhatikan jenis, bahan pembuatan, dan porsinya.

Lalu amankah mengonsumsi mayonaise saat hamil?

Baca Juga: Yuk Membuat Mayonnaise Sendiri di Rumah, Begini Caranya!

Kandungan Mayonaise

Amankah Mengonsumsi Mayonaise Saat Hamil.jpg

Foto: momjunction.com

Lezatnya mayonaise memang menjadi sangat sulit untuk ditolak. Dalam 1 sendok makan mayonaise terdapat setidaknya 94 kilokalori dan 5 mg kolesterol.

Dikutip dari First Cry Parenting, selain itu mayonaise juga mengandung hingga 125 mg sodium, protein, vitamin A, D, E, K. B6, dan B12.

Mayonaise full fat mengandung 65%-75% lemak, mayonaise ringan mengandung kadar lemak rendah (kurang dari 30%) dan 3% telur, mayonaise ekstra mengandung 4% telur dan 10% lemak, dan mayonaise murni terbuat dari 6% telur dan lebih dari 78% lemak.

Baca Juga: 5 Gejala Kolesterol Tinggi saat Hamil, Moms Perlu Waspada!

Bolehkan Mengonsumsi Mayonaise Saat Hamil?

Amankah Mengonsumsi Mayonaise Saat Hamil 2.jpg

Foto: sheknows.com

Ibu hamil dapat mengonsumsi mayonaise dengan syarat dibuat menggunakan telur yang dipasteurisasi.

Mayonaise pada umumnya terbuat dari kuning telur, jus lemon atau cuka, dan minyak sayur.

Lesitin dan protein dalam kuning telur bertindak sebagai pengemulsi dan menstabilkan mayonaise dan menjaga semua bahan yang tercampur.

Dikutip dari Journal of Medical Microbiology, Moms perlu juga mengetahui, risiko utama mengonsumsi telur mentah adalah penyakit bawaan makanan yang disebabkan oleh bakteri salmonella atau biasa disebut Salmonellosis yang menyebabkan demam, mual, sakit kepala, muntah, kram perut, dan diare.

Selain itu dapat juga menyebabkan komplikasi serius seperti dehidrasi ekstrem, artritis reaktif, bakteri dalam aliran darah, dan meningitis.

Tidak hanya pada ibu saja, beberapa penyakit dapat berpengaruh pada bayi dalam kandungan dan dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang yang parah.

Baca Juga: Lebih Sehat Mana, Makan Kuning Telur Atau Putih Telur?

Dampak Mengonsumsi Mayonaise Saat Hamil

Amankah Mengonsumsi Mayonaise Saat Hamil 3.jpg

Foto: healthline.com

Menurut Mom Junction, jika Moms mengonsumsi mayonaise yang terinfeksi salmonella, ini dapat menyebabkan dehidrasi ekstrem, bakteri dalam aliran darah, meningitis, dan artritis reaktif.

Selain itu, bayi Moms dapat terinfeksi salmonellosis. Mayonaise yang dibuat dengan telur mentah juga memiliki risiko mengandung bakteri listeria, yang dapat menyebabkan listeriosis, penyakit yang sangat jarang terjadi selama kehamilan.

Meskipun mayonaise mengandung vitamin dan mineral, konsumsi yang berlebihan juga tidak baik dan dapat membahayakan ibu dan janin.

Mayonaise adalah bahan makanan yang tinggi kalori, belum lagi jika dikombinasikan dengan makanan lain yang memiliki kadar kalori yang tinggi.

Mengonsumsi mayonaise saat hamil secara berlebihan akan membuat berat badan naik dalam waktu yang cepat.

Baca Juga: Resep Pangsit Udang Mayonaise

Selain itu, kadar garam dalam mayonaise juga cukup tinggi, hampir 50% dari rekomendasi konsumsi harian.

Dengan kadar garam yang tinggi, mayonaise dapat membuat tekanan darah meningkat yang berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungan.

Sama halnya dengan garam, mayonaise termasuk makanan dengan gula yang tergolong tinggi dan makanan bergula, dikutip dari Saudi Medical Journal berisiko diabetes gestasional jika ibu hamil mengonsumsinya secara berlebihan.

Studi juga menunjukkan mengonsumsi mayonaise berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas bayi karena kadar lemak dengan jumlah tinggi.

Mayonaise yang dijual di pasaran biasanya mengandung bahan pengawet dan zat adiktif yang dapat menyebabkan efek samping berbahaya bagi pertumbuhan bayi yang mengakibatkan ibu cepat lelah, mual, dan alergi.

Jika Moms ingin mengonsumsi mayonaise saat hamil, Moms perlu membaca detail informasi mengenai kandungan dari mayonaise tersebut.

Cek label kemasan untuk memastikan bahwa mayonaise tidak mengandung telur mentah, pastikan produk dibuat dengan standar higienitas yang aman.

Baca Juga: Resep Cumi Goreng Saus Telur Asin yang Gurih Renyah

Artikel Terkait