KESEHATAN
18 Juni 2019

Mengulik Penyebab Kesemutan dan Cara Tepat Menghilangkannya

Bagaimana jika terjadi pada anak?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh Dina

Semua orang pasti pernah merasakan kesemutan. Kesemutan biasa terjadi di bagian tubuh yang mengalami tekanan yang menekan syaraf sehingga saat diregangkan akan menimbulkan sensasi seperti ditusuk-tusuk.

Mengapa dikenal dengan istilah kesemutan?

Hal ini lantaran sensasi ditusuk-tusuk bagaikan digelitik yang menyebabkan bagian tubuh terasa sedang digigit banyak semut.

Padahal dalam istilah kedokterannya dikenal sebagai Paresthesia.

Paresthesia atau kesemutan terjadi saat kaki terlalu lama berdiam diposisi yang kurang nyaman seperti melipat kaki terlalu lama, atau menindih tangan dengan kepala saat tidur.

Karena aliran darah terhambat oleh beban sehingga mengakibatkan otot-otot tersebut akan merasakan sensasi kesemutan .

Kesemutan sebenarnya akan menghilang dengan sendirinya, bahkan dalam waktu yang bisa dibilang cukup singkat dan bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa ataupun anak-anak.

Jadi kalau anak mengeluh sering kesemutan, jangan dulu panik Moms. Kenali dulu apa penyebab kesemutan anak.

Perhatikan dulu bagaimana cara ia duduk, tidur, dan gerakan lainnya setiap hari.

Baca Juga : Tangan Sering Kram Saat Mengendarai Motor? Ternyata Ini Penyebabnya!

Jika Moms menemukan kebiasaan anak yang sering duduk dengan cara yang tidak umum, ada baiknya Moms menghentikan kebiasaan tersebut dan coba lihat apakah kesemutan masih datang. Bisa jadi itu penyebab kesemutan anak.

Selain itu, salah satu penyebab kesemutan adalah gangguan dari dalam tubuh seperti kurang cairan atau dehidrasi.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, aliran darah di dalam tubuh tidak dapat mengikat oksigen dengan sempurna, saat itu juga beberapa bagian tubuh akan merasakan kesemutan.

Baca Juga : Jangan Salah Kaprah! Pahami 10 Mitos dan Fakta Sebenarnya Soal Diabetes

Bagaimana Cara yang Tepat untuk Menghilangkan Kesemutan?

Moms bisa meregangkan bagian tubuh yang merasakan kesemutan, apabila Moms merasakan salah satu kaki kesemutan karena gerakan tertentu cobalah untuk meluruskan kaki dalam posisi duduk bisa lebih baik jika berdiri.

Kalau Moms sangat sering merasakan kesemutan, terapinya bukan hanya dari gerakan-gerakan tubuh tapi Moms juga membutuhkan asupan vitamin B1.

Vitamin B1 bukan hanya bisa didapat dari suplemen saja Moms, ternyata vitamin tersebut bisa ditemukan dari sayur dan buah-buahan seperti bayam, paprika, wortel, kacang hijang, nenas, semangka, anggur dan masih banyak lagi Moms.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Kram Otot Saat Hamil

Juga jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat ya Moms. Jadi, penyebab kesemutan seperti apapun, tidak akan terlalu mengganggu Moms.

(LMF)

Artikel Terkait