BALITA DAN ANAK
26 Juni 2020

Tepat Meningkatkan Imun Anak di Fase New Normal

Ambil langkah cerdas untuk membantu Si Kecil bebas sakit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Secara alami, ketika COVID-19 menjadi pandemi dunia, kita pasti merasa lebih khawatir daripada biasanya untuk tetap bisa kuat dan selalu sehat. Begitu juga dengan rasa khawatir yang muncul pada kesehatan Si Kecil, khususnya di fase new normal seperti sekarang ini.

Walaupun sekolah sedang diliburkan, terkadang anak masih sering bermain di sekitar rumah bersama teman-teman sebayanya. Selain itu, Moms dan Dads yang juga sudah bekerja di kantor dan pulang ke rumah, tidak menutup kemungkinan bisa membawa virus untuk Si Kecil.

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan imun anak agar tubuhnya tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit?

Meningkatkan Imun Anak agar Siap Menghadapi Fase New Normal

imun anak

Foto: Orami Stock Photos

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan. Di mana imunitas ini harus tetap dijaga dan didukung dengan baik supaya tidak mudah terserang berbagai penyakit. Begitu juga dengan sistem imun anak melakukan pekerjaan luar biasa dalam memerangi sel asing untuk melindunginya dari berbagai penyakit.

Menurut dr. Aditya Suryansyah, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Endokrinologi di RSAB Harapan Kita, pada sesi Q&A IG Live Orami Parenting dan Nutrilon Royal (18/6), mengatakan bahwa ada 3 faktor yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imun anak, pertama adalah nutrisi yang baik, kedua adalah pola hidup sehat dan bersih, yang ketiga adalah imuninasi.

“Nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil itu perlu dan harus seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak secara seimbang, dan mikronutrisi yaitu vitamin kompleks (A, B, C, D, E), mineral, zat besi, zinc, kalsium, dll,” ujar dr. Aditya.

Moms bisa membuat makanan untuk meningkatkan imun anak dengan bahan-bahan seperti wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi, di mana semuanya mengandung karoten yang merupakan fitonutrien penambah kekebalan tubuh, menurut William Sears, M.D., penulis The Family Nutrition Book.

Baca Juga: Tetap Aktif, Ini Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh Anak Selama Pandemi

Memperhatikan Asupan Nutrisi Sebagai Cara Tepat Meningkatkan Imun Anak

anak minum susu

Foto: Orami Stock Photos

Masih dalam sesi Q&A IG Live bersama dr. Aditya, di mana beliau menjelaskan, bahwa asupan nutrisi untuk meningkatkan imun anak ini juga harus disesuaikan dengan usianya, misalnya usia Si Kecil di bawah 6 bulan, cukup hanya diberi ASI saja. Setelah 6 bulan, baru Moms bisa memberinya makanan tambahan atau MPASI, seperti bubur atau nasi tim.

“ASI bagus karena mengandung makanan yang komplet, cukup untuk kebutuhan nutrisi anak, gampang diserap dan mudah menjadi energi. ASI juga mengandung antibodi dan mengandung oligosakarida, seperti FOS:GOS, yang merupakan prebiotik untuk merangsang bakteri probiotik untuk merangsang imun tubuh,” jelas dr. Aditya.

Jika anak sudah di atas 2 tahun, ASI bisa mulai untuk disapih dan terkadang ASI sudah berhenti. Maka dari itu, nutrisi untuk melengkapi gizi dan meningkatkan imun anak bisa didapatkan dari makanan sehari-hari. Walaupun terkadang Si Kecil belum bisa mencerna dengan baik makanan sehari-hari, maka dari itu dibutuhkan susu tambahan.

“Susu tambahan yang baik untuk meningkatkan imun anak adalah yang mengandung prebiotik dan mengandung DHA yang tinggi,” ujar dr. Aditya.

Baca Juga: Cara Membuat Imunitas Anak Lebih Baik Tanpa Membuat Mereka Sakit

Tingkatkan Imun Si Kecil dengan Nutrilon Royal Actiduobio+

Foto: doc/nutrilonroyal

Nutrilon Royal Actiduobio+ mengandung segala kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan imun anak dengan baik, mulai dari FOS:GOS 1:9 yang sudah dipatenkan dan telah teruji klinis, sampai Vitamin C & E untuk bantu perkuat imun Si Kecil.

Inovasi Nutrilon Royal didukung dengan Studi Pertama di dunia pada penelitian 1cFOS:scGOS (FOS:GOS 1:9) dan LCPUFA (DHA & EPA), yang dilakukan di lima negara. Di mana hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi Nutrilon Royal 3X sehari terbukti mengurangi infeksi pada Si Kecil (dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi susu dengan kandungan FOS:GOS, DHA & EPA).

Nutrilon Royal Actiduobio+ cocok dikonsumsi oleh Si Kecil yang berusia 1-3 tahun, karena selain dapat meningkatkan imun tubuhnya, juga dapat mendukung kemampuan berpikirnya. Kandungan Omega 3, DHA, Omega 6, dan Zat Besi yang berperan di dalamnya.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif

Moms bisa mendapatkan potongan harga Rp30.000, untuk pembelian Nutrilon Royal 3/4 800gr di Orami melalui link bit.ly/belinutrilon dengan memasukkan kode voucher NUTRILON30.

Jadi, sudah siapkah Moms untuk meningkatkan imun anak untuk membantunya agar tetap sehat dan terbebas dari berbagai penyakit?

(ADV)

Artikel Terkait