KEHAMILAN
15 Juli 2020

Ini Cara Meningkatkan Peluang Hamil Penderita Endometriosis

Ada kemungkinan Moms bisa hamil alami juga lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Hamil dengan kondisi endometriosis bisa saja terjadi, meskipun hal ini mungkin tidak akan mudah.

Menurut U.S. National Library of Medicine, endometriosis adalah penyakit remaja dan wanita usia reproduksi yang ditandai dengan adanya jaringan endometrium di luar rongga rahim dan umumnya berhubungan dengan nyeri panggul kronis dan infertilitas.

Setengah dari wanita dengan kondisi endometriosis akan mengalami kesulitan untuk hamil. Kemungkinan memiliki masalah kesuburan tergantung pada usia kita, kesuburan pasangan, dan seberapa parah endometriosis itu sendiri.

Baca Juga: Cadangan Ovarium Berkurang, Peluang Kehamilan Pun Menipis

Bagi Moms yang berjuang untuk hamil, pembedahan atau perawatan kesuburan seperti IVF dapat membantu.

Mungkin Moms telah mencoba banyak cara untuk hamil, namun tidak berhasil dan sekarang ingin mencoba untuk hamil kembali. Bagaimana caranya untuk meningkatkan peluang hamil dengan kondisi endometriosis? Simak penjelasannya di bawah ini.

Meningkatkan Peluang Kehamilan dengan Endometriosis

peluang hamil dengan kondisi endometriosis

Foto: Orami Photo Stock

Selain menyebabkan nyeri haid yang kronis, sekitar 50 persen wanita penderita endometriosis juga mengalami infertilitas, yang disebabkan oleh beberapa hal:

  • Kerusakan atau perlekatan tuba dengan organ di sekitarnya sehingga terjadi obstruksi (tersumbat) atau distorsi tuba.
  • Kista endometriosis akan menyebabkan gangguan perkembangan sel telur dan gangguan dalam proses ovulasi.
  • Adanya proses inflamasi yang menyebabkan gangguan dalam penempelan janin pada dinding rahim.
  • Proses inflamasi juga diperkirakan mengganggu sperma dalam perjalanannya menuju ke sel telur.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Perbedaan Adenomyosis dan Endometriosis

“Untuk meningkatkan peluang kehamilan, penderita endometriosis sebaiknya sesegera mungkin melakukan program hamil,” ujar dr. Gita Pratama, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi dan Reproduksi RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Menurut dr. Gita, perjalanan penyakit endometriosis dikenal progresif sehingga sedapat mungkin program hamil dilakukan sedini mungkin.

Pada pasien endometriosis dengan derajat minimal atau ringan seringkali kehamilan dapat terjadi secara spontan tanpa pengobatan apapun. Namun, pada pasien dengan endometriosis derajat sedang dan berat sebaiknya melakukan program hamil dengan inseminasi atau bayi tabung untuk meningkatkan keberhasilan kehamilan.

Peluang Kehamilan Alami Penderita Endometriosis

peluang hamil dengan kondisi endometriosis

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms telah didiagnosis menderita endometriosis sebelum berpikir untuk hamil, kita mungkin bertanya-tanya apakah ada baiknya mencoba hamil alami sebelum mencari perawatan kesuburan. Tentu saja hal ini bisa dilakukan.

Moms juga harus selalu berbicara dengan dokter tentang situasi spesifik Moms. Tetapi endometriosis tidak secara otomatis berarti kita akan mengalami infertilitas ya.

Baca Juga: Meningkatkan Peluang Kehamilan Dengan Orgasme

Beberapa wanita dengan endometriosis mungkin memutuskan untuk langsung ke spesialis kesuburan. Namun ini juga merupakan pilihan yang masuk akal.

Jika Moms berusia 35 tahun atau lebih, mungkin tidak ingin mencoba hamil alami. Hal ini dikarenakan kesuburan alami telah menurun seiring bertambahnya usia pada tingkat yang lebih cepat setelah usia 35.

Jadi ada baiknya Moms mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, langkah apa yang sebaiknya diambil.

Artikel Terkait