PERNIKAHAN & SEKS
18 Januari 2020

4 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga dengan Suami

Komitmen merupakan hal yang penting
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjalin sebuah hubungan bukanlah hal yang mudah, apalagi berkomitmen dalam rumah tangga.

Ada kalanya kita merasa senang dan semua berjalan sesuai yang diharapkan, namun ada kalanya juga kita harus merasa sedih dan melalui sebuah pertengkaran yang mungkin datang secara tiba-tiba tanpa kita duga.

Membangun rumah tangga bukanlah pekerjaan satu orang, melainkan pekerjaan dua orang untuk saling bahu membahu menjaga agar kehidupan pernikahan bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Setiap Pagi yang Wajib Dilakukan Pasangan Agar Hubungan Tetap Harmonis

Keharmonisan Rumah Tangga

Untuk Moms dan Dads yang baru saja menikah ataupun sudah lama menikah, di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Yuk disimak, Moms.

1. Jangan Membangun Pencitraan

keharmonisan rumah tangga

Foto: pexels.com

“Apa yang terjadi di rumah atau terlihat di rumah, harus terlihat sama di dalam masyarakat juga, agar tidak penuh dengan kepura-puraan,” ujar Happy Djarot, selaku istri dari Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, saat ditemui di acara Forum Diskusi Wanita di Era Industri 4.0: Ngupas (18/12/2019).

Menurutnya, pernikahan merupakan sebuah komitmen yang mempunyai visi dan misi yang sama di antara kedua orang yang menikah tersebut. Selain itu mereka juga harus tahu dengan pasti apa tujuan dari membangun rumah tangga yang mereka jalani.

“Dengan begitu semua bisa terjadi secara sejalan,” ujar Happy ketika ditanya mengenai tips membangun hubungan suami istri yang baik.

2. Mengingat Kembali Komitmen Ketika Menikah

hubungan harmonis dengan suami

Foto: ilovedurban.co.za

Tips lainnya untuk menjaga hubungan harmonis dengan suami adalah tahu apa komitmen yang kita buat ketika menikah.

“Dengan begitu, hubungan rumah tangga yang dibangun bersama pasangan bisa berjalan dengan baik,” jelas Dessy Ilsanty, psikolog dari Yayasan Praktik Psikologi Indonesia.

Jangan berjalan sendiri-sendiri, gunakan komitmen yang sudah kita tetapkan sebelum menikah dan kembali pada jalur yang benar.

Baca Juga: 5 Tips Hubungan Suami Istri yang Baik dari Konselor

3. Benahi Hubungan dengan Suami

hubungan harmonis dengan suami

Foto: croozefm.com

Selain itu ketika kita sudah memiliki anak misalnya, fokus kita jadi terpecah, kita jadi lebih memperhatikan anak daripada suami atau beguti pun sebaliknya.

“Jangan terlalu mengkhawatirkan anak, karena anak kita pasti sudah mendapatkan apa yang dibutuhkannya,” tutur Dessy.

Menurut Dessy, dalam membangun keharmonisan rumah tangga, kita harus terlebih dahulu memenuhi kebutuhan diri kita dan pasangan. Jangan selalu menjadikan anak-anak sebagai tameng atau alasan.

“Jadi benahi terlebih dahulu hubungan kita dengan suami,” ungkap Dessy.

Baca Juga: Diskusikan 4 Hal Ini Setiap Hari dengan Suami Agar Pernikahan Bahagia

4. Kencan Berdua Bersama Suami

hubungan harmonis dengan suami

Foto: lovepanky.com

Dilansir dari University of Rochester Medical Center Rochester, salah satu kunci pernikahan bahagia adalah meluangkan waktu berdua.

Kencan tidak harus selalu dengan hal-hal yang mungkin terlihat ribet, cukup dengan meluangkan waktu nonton berdua bersama suami atau sekedar jalan berdua bersama suami di tempat dulu sering berkencan.

Pastinya meluangkan quality time bersama suami adalah salah satu hal yang diperlukan untuk membangun pernikahan ideal.

Cukup mudah bukan Moms untuk diterapkan? Semoga bisa memberi pencerahan untuk dapat menjaga keharmonisan rumah tangga ya.

Artikel Terkait