TRIMESTER 1
9 Juni 2020

3 Cara Menjaga Kelembapan Kulit Ibu Hamil

Tidak akan mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kulit ibu hamil ada yang bercahaya selama kehamilan, namun ada juga yang kusam, dan kurang lembap, sehingga menyebabkan wajah kurang bersinar atau berkilau.

Dilansir dari jurnal Pregnancy and Skin, kehamilan adalah periode di mana lebih dari 90% wanita memiliki perubahan kulit yang signifikan dan kompleks.

Perubahan ini terutama disebabkan oleh sejumlah perubahan endokrinologis, imunologis, metabolik, dan vaskular yang terjadi pada kehamilan yang dapat memengaruhi kulit dengan berbagai cara.

Perubahan hormon, mual di pagi hari, dan stres karena bentuk tubuh saat hamil, semua bisa menjadi faktor penyebab kulit kita menjadi kering dan kurang lembap, sehingga kulit Moms mungkin jadi bersisik dan gatal-gatal karenanya.

Sayangnya, kita tidak bisa bebas menggunakan skincare apa saja seperti saat sebelum hamil. Ada beberapa bahan skincare yang harus ibu hamil hindari, karena efeknya akan berpengaruh pada janin di dalam kandungan.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kering yang Sering Tidak Kita Sadari

Menjaga Kelembapan Kulit Saat Hamil

Lalu bagaimana cara menjaga kulit tetap lembap selama hamil dengan baik? Simak caranya di bawah ini.

1. Minum dan Makan Makanan yang Tepat

menjaga kelembapan kulit

Foto: brita.co.uk

Garis pertahanan pertama terhadap wajah yang kehilangan kelembapan selama kehamilan adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi.

"Tetap terhidrasi dan makan diet seimbang sangat penting untuk menjadi sehat, termasuk menjaga kelembapan kulit," kata Jaime Schehr, dokter naturopati dan ahli diet terdaftar di Greenwich, Conn.

Menurutnya ketika kita kekurangan nutrisi tertentu atau jika tubuh mengalami dehidrasi, kemungkinan kulit akan ikut merasakan efek ini.

Baca Juga: Menggemaskan, Ini 9 Inspirasi Nama Bayi dari Buah-buahan

Minum 8 gelas air setiap hari selama kehamilan juga akan membantu tubuh Moms untuk menjaga kelambapan kulit selama hamil. Jangan lupa makan buah-buahan dan sayuran, juga minum air yang cukup ya.

2. Jangan Mandi Air Panas

menjaga kelembapan kulit

Foto: popsugar.com.au

Mandi air panas mungkin terlihat seperti cara yang sempurna untuk melepas lelah di akhir hari yang panjang dan melelahkan, tetapi air hangat ini sebenarnya akan menghilangkan kelembapan langsung dari kulit.

Untuk menjaga kelembapan di kulit wajah, turunkan suhu beberapa derajat dan jangan terlalu sering mandi dengan air hangat. Mandi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, dan peningkatan suhu tubuh ini sebenarnya berbahaya bagi bayi yang belum lahir.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Mandi Pakai Air Dingin atau Air Hangat?

3. Sunscreen

menjaga kelembapan kulit

Foto: skincancer.org

Sunscreen bisa menjadi sahabat ibu hamil karena membantu menjaga kelembapan kulit wajah Moms yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Paparan ini juga bisa berisiko menimbulkan masker kehamilan (chloasma) bertambah buruk, jadi oleskan SPF ekstra tinggi di wajah Moms.

Meskipun sebaiknya menghindari matahari sama sekali bila memungkinkan, tidak berarti Moms harus melewatkan liburan di pantai bersama keluarga. Sunscreen adalah salah satu cara untuk menjaga kelembapan kulit wajah Moms.

Itu dia Moms beberapa cara yang bisa dilakukan menjaga kelembapan kulit wajah saat hamil.

Artikel Terkait