NEWBORN
26 Maret 2020

3 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Mata Bayi

Menjauhi polusi menjadi salah satunya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Meskipun memiliki penglihatan tidak jelas selama bulan-bulan pertamanya, bayi sudah mulai menjelajahi dunianya dengan matanya segera setelah lahir.

Dilansir dari American Optometric Association, selama beberapa bulan pertamanya, penglihatan bayi mulai meningkat.

Koordinasi mata dan tangan juga berkembang seiring dengan Si Kecil yang mulai melihat benda-benda bergerak dengan matanya, lalu menggapainya dengan tangan. Lalu pada usia 8 minggu, mata bayi sudah bisa fokus pada wajah orang tua atau orang lain di dekatnya.

Seiring dengan tumbuh kembangnya, penglihatan Si Kecil juga ikut meningkat hingga akhirnya bisa melihat dunia dengan lebih baik. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan mata bayi.

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Mata Bayi yang Tepat, Hindari Mata Si Kecil Penuh Kotoran

Cara Menjaga Kesehatan Mata Bayi

Untungnya, perawatan mata bayi tidaklah terlalu sulit dilakukan. Namun, menjaga kesehatan mata bayi harus dilakukan secara rutin.

1. Jauhkan dari Polusi dan Bahan Kimia

kesehatan mata bayi

Foto: shutterstock.com

Karena masih dalam tahap pertumbuhan, jika ada kerusakan mata pada bayi akan menghambat perkembangan penglihatannya dan menimbulkan sejumlah masalah mata. Kesehatan mata bayi pada tahap ini menjadi hal yang paling utama.

“Orang tua harus menghindari bayi yang baru lahir dan anak kecil terkena debu yang berlebihan, udara yang tercemar, uap kimia, asap, dan sebagainya. Pastikan mata anak Anda tidak bersentuhan dengan iritasi yang berlebihan,” kata Dr. Preeti Patil Chhablani, dokter spesialis mata anak-anak dan ahli saraf-mata, LV Prasad Eye Institute, Hyderabad.

Jauhkan menggunakan kosmetik berbahan kimia untuk mata bayi. Meski diklaim aman, kosmetik tetap terbuat dari bahan kimia yang harus dihindari.

“Bahan kimia dalam produk kosmetik bisa saja menyebabkan reaksi alergi, karena mata bayi sangat sensitif," ujar Dr. Preeti.

Selama bulan-bulan kehidupannya, Moms mungkin melihat kotoran berwarna kekuningan keluar dari sudut mata bayi. Tak perlu khawatir, itu adalah hal yang normal.

Moms cukup membersihkan mata bayi dengan kapas bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat. “Hindari terus-menerus menggosok mata bayi dengan tisu atau kain lembab,” tambahnya.

Baca Juga: Bayi Sakit Mata, Bagaimana Mengatasinya?

2. Periksa Kondisi Mata Secara Rutin

kesehatan mata bayi

Foto: shutterstock.com

Untuk menjaga kesehatan mata bayi, Moms harus memperhatikan apa yang diberikan pada Si Kecil.

Jauhkan benda tajam seperti pena, pensil, pisau, garpu, dan benda serupa lainnya dari jangkauan bayi.

"Cedera mata yang tidak disengaja sering terjadi, pada masa ini. jika tidak dilakukan tindakan pencegahan, akan menyebabkan gangguan penglihatan yang parah," kata Preeti.

Selain itu, periksa kondisi mata bayi sedini mungkin. Periksa tanda-tanda yang bisa menunjukkan masalah seperti keputihan pada pupil, mata sangat besar, kemerahan dan keluarnya cairan kuning.

Perhatikan juga posisi matanya, apakah mengikuti arah benda yang didekatkan atau tidak.

Sedikit juling atau salah posisi mata adalah hal yang normal terjadi dalam beberapa bulan pertama kehidupannya.

Jika Moms merasa mata bayi menyipit di atas usia tiga atau empat bulan atau jika matanya seperti juling dalam waktu lama, segera hubungi dokter spesialis mata anak.

3. Rangsang Penglihatan Bayi

kesehatan mata bayi

Foto: shutterstock.com

Moms perlu mengetahui tahap perkembangan penglihatan pada bayi. Jika ditemukan ada keterlambatan dalam perkembangannya, hal itu akan menjadi indikasi masalah mata yang mendasarinya.

Misalnya saat Si Kecil terlambat memiliki keseimbangan leher, duduk tegak atau merangkak, hal itu juga dapat mengganggu perkembangan penglihatannya.

“Diperlukan pemeriksaan mata agar bisa dilakukan pencegahan yang diperlukan untuk segera memperbaiki keterlambatan tersebut,” jelasnya.

Moms juga bisa membantu merangsang perkembangan mata bayi. Misalnya, saat bayi mulai merangkak, gunakan mainan berwarna cerah untuk menarik perhatian Si Kecil.

Ini tidak hanya akan membantu dalam stimulasi penglihatan tetapi juga mendorong koordinasi mata dan tangan bayi.

Baca Juga: Kenali Penyebab Mata Kuning Bayi saat Menyusui

Mata bayi yang baru lahir memang membutuhkan perawatan yang lembut. Jangan lupa untuk memberi asupan yang bergizi dan kunjungi dokter anak secara rutin untuk bisa menjaga kesehatan mata bayi ya, Moms.

Artikel Terkait