3-5 TAHUN
18 November 2019

5 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak, Gampang Kok!

Jaga asupan makanan menjadi salah satu kuncinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Pada awal-awal kehidupannya, Si Kecil akan sering mengalami masalah dengan pencernaannya. Hal itu karena pencernaan bayi masih belum berkembang sempurna. Moms jangan menunggu hingga ial sakit, tapi bisa melakukan pencegahan.

Selain terus memberikan ASI eksklusif di 6 bulan pertama dan ditambah MPASI, Moms juga bisa mengantisipasi dan menjaga kesehatan pencernaan anak dengan beberapa cara.

Ada rahasia yang sangat sederhana untuk membangun sistem pencernaan yang sehat: yakni serat, cairan, dan olahraga.

"Jika seorang anak kehilangan satu atau lebih dari hal-hal itu, mereka mungkin akan mengalami beberapa masalah," kata Louise Goldberg, RD, LD, pemilik Konsultasi Nutrisi An Apple A Day di Houston, Texas, dan sebelumnya ahli gizi di Children's Memorial Hermann Hospital di Houston Medical Center.

Baca Juga: Ini Dia 4 Masalah Pencernaan Bayi yang Paling Umum Beserta Pengobatannya

Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

Moms bisa menjaga kesehatan pencernaan anak dengan memulainya di rumah. Cara ini dapat Moms praktekkan kepada Si Kecil. Apa saja itu? Baca sampai habis ya Moms.

1. Pijat Bayi

kesehatan pencernaan anak

Memijat adalah salah satu cara untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan anak. Moms bisa mulai memijat Si Kecil di sekitar perut secara memutar searah jarum jam, kemudian memijat ke arah bawah dengan lembut.

Membentuk kata ‘ILU’ di perut bayi sesuai dengan posisi usus juga akan membantu membuat sistem pencernaan lebih sehat.

Terakhir, Moms bisa menggerakkan kaki bayi seperti sedang menggenjot pedal sepeda. Si Kecil akan merasa rileks dan nyaman.

Dilansir dari National Childbirth Trust, Inggris, pijat bayi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan bayi, tapi juga mempererat bonding buah hati dan orang tua, juga membuat tidur bayi lebih nyenyak.

2. Kompres Hangat Perut

kesehatan pencernaan anak

Moms akan membutuhkan semangkuk air hangat dan handuk bersih. Caranya, rendam handuk dalam mangkuk air hangat, peras, kemudian letakkan kompres hangat di atas perut bayi. Diamkan sebentar kemudian ulangi hingga 2-3 kali.

Kompres hangat dapat menenangkan perut bayi. Karena juga dapat berfungsi sebagai cara menjaga kesehatan pencernaan anak, cara ini juga dapat membantu bayi menyembuhkan perut kembung.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Balita yang Senang Jajan

3. Perhatikan Posisi Bayi Saat Menyusui

kesehatan pencernaan anak  - breastfeeding

Menyesuaikan posisi menyusui juga salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan anak. Dengan posisi yang sesuai, dia akan mengatasi kesulitan pencernaan seperti refluks asam.

Posisikan bayi secara tegak selama proses menyusui agar ASI tidak naik kembali ke tenggorokan. Setelah menyusui, tetap tegakkan bayi selama setidaknya 30 menit sambil disendawakan.

4. Beri Makanan Berserat Tinggi

kesehatan pencernaan anak  - yogurt

Anak-anak usia 1-3 tahun sebaiknya mendapatkan sekitar 19 gram serat per hari, dan anak-anak usia 4-8 tahun harus makan sekitar 25 gram serat setiap hari. Banyak makanan berserat tinggi yang bisa Moms pilih.

Misalnya, apel dan pir yang dikukus, segala jenis kacang jika Si Kecil tidak alergi, sereal, sandwich dengan roti gandum, kentang panggang, dan sebagainya.

“Salah satu beri dengan serat tertinggi yakni raspberry, yang memiliki serat yang sama dengan yang Anda temukan di seluruh apel,” kata Louise.

Meskipun yogurt tidak selalu merupakan makanan berserat tinggi, tapi dia baik untuk kesehatan pencernaan.

"Yoghurt mengandung probiotik, bakteri sehat yang baik untuk usus," kata Beth Pinkos, MS, RD, LDN, ahli diet untuk departemen gastroenterologi anak, hepatologi, nutrisi dan penyakit hati di Hasbro Children's Hospital di Rhode Island.

5. Beri Banyak Cairan

kesehatan pencernaan anak

Untuk tetap memelihara kesehatan pencernaan Si Kecil, selain berfokus pada serat jangan lupakan untuk tetap terhidrasi dengan banyak cairan.

"Ketika Anda mendapatkan banyak serat dan tidak cukup cairan, itu seperti memasukkan super glue ke dalam usus Anda," kata Beth.

Beth menambahkan, Moms harus memastikan bahwa Si Kecil minum banyak air jika sudah masa MPASI, selain ASI yang tetap dikonsumsi oleh bayi.

Selain air, Si Kecil juga akan mendapatkan cairan dari puree buah, seperti jeruk atau semangka. "Anak-anak harus mendapatkan sebagian besar cairan mereka dari air," tandasnya.

Baca Juga: Perhatikan, Ini 5 Tanda Pencernaan Balita Moms Bermasalah!

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Moms bisa melakukan cara memelihara kesehatan pencernaan anak di atas setiap hari.

(FAR)

Artikel Terkait