KESEHATAN
4 November 2019

Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Fungsi Vitamin K Berikut Ini

Sedikit yang tahu manfaat kesehatan vitamin K!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Vitamin K dikenal sebagai "vitamin yang membekukan darah" karena perannya penting dalam menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin K juga dapat menjaga kesehatan tulang.

Namun, vitamin K kalah populer dibanding nutrisi lain seperti kalsium, atau vitamin D, ketika berbicara tentang kesehatan tulang, gigi, dan kinerja tubuh.

Vitamin K merupakan kelompok vitamin yang larut dalam lemak, dan memiliki struktur kimia serupa. Vitamin K dibagi menjadi vitamin K1 dan K2.

Seperti vitamin lainnya, vitamin K juga punya sejumlah fungsi dan peran penting. Bagian dan organ tubuh yang menjadi area fungsi vitamin K yakni darah, tulang, dan jantung.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Wajib Mendapat Suntik Vitamin K?

Ragam Fungsi Vitamin K untuk Kesehatan

Setidaknya, ada tiga fungsi vitamin K untuk kinerja tubuh. Tiga fungsi tersebut: membantu proses pembekuan darah, menjaga kesehatan tulang, serta memelihara kesehatan jantung.

1. Membantu Proses Pembekuan Darah

bekas luka1.jpg

Dalam proses pembekuan darah, tubuh memerlukan protein tertentu, yang juga melibatkan fungsi vitamin K. Maka tak heran, vitamin K juga dikenal sebagai vitamin pembekuan darah.

Dengan adanya vitamin K, Anda akan terhindar dari perdarahan berlebihan dan tidak terkontrol.

Defisiensi vitamin K sebenarnya jarang terjadi pada orang dewasa. Kondisi ini, biasanya dialami oleh orang yang menderita malnutrisi, atau memiliki masalah dalam penyerapan nutrisi tubuh.

Selain itu, defisiensi vitamin K juga mungkin dialami oleh pengguna obat warfarin, yang digunakan untuk mencegah penggumpalan darah.

Bayi baru lahir juga rentan mengalami kekurangan vitamin K. Maka tak heran, bayi sering mendapatkan suntikan vitamin K untuk mencegah perdarahan berlebih, yang dikenal dengan haemorrhagic disease of the newborn (HDN).

2. Memelihara Kesehatan Tulang

efek samping cuka apel - tulang rapuh.jpg

Beberapa ahli meyakini, vitamin K juga mengaktifkan jenis protein yang dibutuhkan, untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Lembaga keamanan pangan Eropa, European Food Safety Authority menyimpulkan, vitamin K terlibat langsung dalam pemeliharaan tulang yang sehat dan normal.

Walau begitu, penelitian di masa mendatang masih diperlukan, untuk melihat mekanisme vitamin K dalam menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga: Menguatkan Tulang, 1 dari 5 Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung.jpg

Selain berperan dalam proses pembekuan darah serta pemeliharaan kesehatan tulang, fungsi vitamin K lainnya yang dipercaya ahli yakni menjaga kesehatan jantung.

Fungsi vitamin K untuk memelihara jantung tersebut disimpulkan, karena vitamin ini mengaktifkan sejenis protein, yang dapat mencegah penumpukan kalsium di pembuluh darah. Apabila penumpukan plak dari kalsium tersebut tidak dicegah, Anda menjadi rentan untuk mengalami penyakit jantung.

Selain itu, beberapa penelitian terkontrol berkualitas tinggi juga telah membuktikan, mengonsumsi suplemen vitamin K1 dan K2 dapat meningkatkan kesehatan organ ini.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Untuk Jantung

Makanan yang Mencegah Defisiensi Vitamin K

Tanpa Dipaksa, Ini Tips Agar Anak Mau Makan Sayur 4.jpg

Cara terbaik untuk memastikan fungsi vitamin K tetap optimal, serta mencegah defisiensinya, adalah dengan mengonsumsi sumber makanan dengan kandungan vitamin tersebut. Beberapa kelompok makanan sumber vitamin K, yaitu:

  • Sayuran hijau, seperti sayur kale, sayur bayam, lobak hijau, dan selada
  • Kelompok sayuran lain, seperti brokoli, kubis, dan kembang kol
  • Produk hewani, seperti ikan, hati, daging, dan telur.

Rutin mengonsumsi seporsi sayuran hijau, seperti bayam, sebenarnya sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin K. Kombinasikan dengan sedikit sumber lemak, seperti kuning telur dan minyak zaitun, agar penyerapannya menjadi lebih optimal.

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait