PARENTING
5 Juni 2019

Jangan sampai Tantrum, Ini Cara Menjaga Mood Anak Selama Silaturahmi Lebaran

Moms bisa bebas bersilahturahmi tanpa khawatir anak rewel
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat di hari Lebaran sangat menyenangkan ya Moms. Tapi, bagaimana dengan Si Kecil yang bisa jadi merasa bosan dan kehilangan mood?

Menjaga mood anak tetap baik selamabersilaturahmi menjadi tantangan tersendiri ya Moms? Apakah Moms sudah menyiapkan strategi untuk itu? Jangan sampai Si Kecil yang tantrum malah membuat momen silaturahmi jadi berantakan.

Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Moms simak dulu tips menjaga mood anak selama silaturahmi di bawah ini!

Baca Juga: Lebaran di Rumah Orang Tua atau Mertua Tahun Ini?

1. Kenali Karakter Anak

menjaga mood anak, mood anak

Kunci menjaga mood anak yang pertama adalah mengenal karakternya. Sebagai orang tua, kita pasti tahu karakter anak kita sendiri seperti apa.

Apakah Si Kecil termasuk anak yang rewel atau anak yang tenang jika diajak bepergian. Dengan begitu Moms bisa mengatur jadwal kunjungan.

Jika Si Kecil termasuk anak yang rewel, maka Moms bisa membatasi waktu kunjungan dengan begitu, anak akan tetap nyaman.

2. Ceritakan Kondisi saat Silahturahmi

menjaga mood anak, mood anak, jaga mood anak

Cara kedua untuk menjaga mood anak adalah dengan menceritakan kondisi saat silaturahmi. Walaupun masih kecil, ibu tetap bisa menceritakan pada anak keadaan di tempat tujuan nantinya.

Ceritakan siapa saja yang akan ditemui, apa saja kegiatan yang akan dilakukan selama silaturahmi, dan berapa lama kira-kira waktu yang akan dihabiskan.

Meski tidak akan terlalu mengerti, setidaknya anak bisa tahu situasi apa yang akan ia hadapi nantinya.

Baca Juga: Lebaran di Rumah Orang Tua atau Mertua Tahun Ini?

3. Siapkan Mainan dan Camilan Favorit

menjaga mood anak, mood anak, jaga mood anak

Cara jitu lainnya untuk menjaga mood anak adalah dengan menyiapkan mainan dan camilan favorit. Semua anak pasti akan senang jika diberikan mainan dan camilan favoritnya.

Sebagai senjata untuk berjaga-jaga sebaiknya ibu membawa benda-benda ini. Amunisi ini bisa Moms keluarkan jika anak sudah mulai rewel dan terlihat tidak koorperatif.

4. Jangan Memaksa Anak untuk Berbaur

menjaga mood anak, mood anak, jaga mood anak

Moms juga harus tahu bahwa untuk menjaga mood anak, Moms juga tidak boleh memaksanya untuk berbaur. Namanya juga anak kecil, jika saat bertemu orang ia masih malu-malu, maka sebaiknya maklumi saja.

Jangan memaksa ia untuk berbaur dengan saudara yang lainnya. Jika ia sudah merasa nyaman dengan lingkungannya, ia akan bisa berbaur dengan sendirinya.

Baca Juga: Apa Penyebab Anak Moody dan Gampang Ngambek?

5. Tetap Temani Anak

menjaga mood anak, mood anak, jaga mood anak

Cara yang satu ini memang agak merepotkan, tapi terbukti ampuh untuk menjaga mood anak lho Moms. Yakni menemaninya.

Begitu bertemu dengan keluarga besar yang jarang ditemui di hari biasa, Moms biasa akan terlena dan senang untuk mengobrol dengan siapa saja. Walaupun sekedar menyapa awalnya, lama-kelamaan bahan obrolannya pasti bisa menyangkut ke mana saja.

Jika sudah seperti ini, Moms biasa akan lupa dengan Si Kecil. Alhasil anak main sendiri tanpa pengawasan dari orang tua. Padahal buah hati kita juga butuh perhatian, saat merasa tidak diperhatikan maka ia akan mulai rewel.

Itulah beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk menjaga mood Si Kecil tetap baik selama silaturahmi Lebaran. Anak tetap tenang, Moms pun senang.

Artikel Terkait