PROGRAM HAMIL
10 Juli 2020

Menstruasi Normal dan Teratur, Kenapa Tidak Kunjung Hamil?

Ini alasannya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Masalah kesuburan dan sulit hamil sering kali dikaitkan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur mapun abnormal.

Lalu, mengapa ada beberapa wanita tidak hamil padahal menstruasi normal?

Penyebab Gagal Program Hamil Meskipun Menstruasi Teratur

Jika Moms memiliki siklus menstruasi yang teratur dan perdarahan yang normal tetapi tidak kunjung hamil, mungkin penyebabnya adalah salah satu hal yang ada di bawah ini.

Baca Juga: Apa Pengaruh Stres Terhadap Siklus Menstruasi?

1. Terlalu Terpaku Pada Waktu

Menstruasi Normal dan Teratur, Kenapa Tidak Kunjung Hamil? 1

Foto: freepik.com

Alasan pertama mengapa wanita yang menstruasi normal dan teratur tidak kunjung hamil, adalah karena Moms terlalu terpaku dengan waktu. Padahal, tidak kunjung hamil dalam kurun waktu tertentu tidak selalu berarti bahwa Moms ataupun Dads memiliki masalah kesuburan.

“Kehamilan benar-benar tidak dapat diprediksi. Bahkan pasangan yang normal dan sehat membutuhkan waktu hingga setahun untuk hamil,” kata Glade B. Curtis, M.D., OB-GYN di Salt Lake City, UT, seperti dikutip dari Parents.

Sebagaimana diketahui, sekitar 80% pasangan baru berhasil mencapai kehamilan setelah mencoba setidaknya selama enam bulan. Sementara sekitar 90% pasangan berhasil setelah 12 bulan mencoba.

2. Tidak Berovulasi (Anovulasi)

Menstruasi Normal dan Teratur, Kenapa Tidak Kunjung Hamil? 2

Foto: freepik.com

Seperti namanya, anovulasi adalah istilah yang digunakan ketika seorang wanita tidak mengalami ovulasi.

Healthline menjelaskan bahwa seorang wanita, terutama pada usia subur, biasanya sesekali mengalami anovulasi. Bahkan sebagian besar wanita tidak menyadarinya. Hal ini dikarenakan ketika seorang wanita mengalami anovulasi, dia mungkin masih menganggap apa yang mereka alami sebagai menstruasi normal.

Padahal, dalam siklus normal produksi progesteron dirangsang oleh pelepasan sel telur. Hormon inilah yang membantu terjadinya menstruasi yang teratur. Sementara selama siklus anovulasi, tingkat progesteron yang tidak memadai dapat menyebabkan perdarahan hebat. Perdarahan inilah yang sering disalahartikan sebagai menstruasi.

3. Adanya Infertilitas Faktor Pria

Menstruasi Normal dan Teratur, Kenapa Tidak Kunjung Hamil? 3

Foto: pexels.com

Tidak hamil padahal menstruasi normal kemungkinan juga disebabkan dari faktor Dads, bukan Moms.

Di mana menurut sebuah penelitian dalam British Journal of Nursing, sekitar 20% hingga 30% pasangan yang sulit hamil disebabkan oleh infertilitas faktor pria. Sementara 40% lainnya berasal dari kedua belah pihak.

Hal lain yang penting untuk Moms ketahui adalah bahwa infertilitas pada pria sering kali tidak menunjukkan gejala, tanpa analisis semen. Oleh karena itu, pastikan untuk mengajak Dads ketika berkonsultasi ke dokter mengenai program hamil.

4. Saluran Tuba Tersumbat

Menstruasi Normal dan Teratur, Kenapa Tidak Kunjung Hamil? 4

Foto: freepik.com

Menurut Medical News Today, saluran tuba yang tersumbat sering kali tidak menunjukkan gejala, selain kesulitan untuk hamil.

Saluran tuba yang tersumbat juga dapat menyebabkan beberapa wanita mengalami gejala nyeri pada panggul atau perut. Bahkan nyeri ini dapat terjadi secara teratur seperti ketika Moms mengalami PMS, atau konstan.

Bukan hanya itu, saluran tuba yang tersumbat terkadang juga menyebabkan wanita mengalami menstruasi dengan perdarahan yang lebih hebat atau spotting di antara dua siklus menstruasi.

Baca Juga: Ini 4 Siklus Menstruasi yang Belum Banyak Diketahui Wanita

5. Tidak Benar-benar Memahami Siklus Menstruasi

Menstruasi Normal dan Teratur, Kenapa Tidak Kunjung Hamil? 5

Foto: freepik.com

“Banyak wanita tidak memahami siklus menstruasi mereka sendiri. Sebagian besar dari kita diberitahu bahwa siklus menstruasi adalah 28 hari, tetapi setiap wanita berbeda dan panjang siklusnya bervariasi,” kata Megan Karnis, direktur medis The ONE Fertility Clinic di Burlington, Ontario, kepada Today’s Parent.

Menurutnya, memahami siklus menstruasi dan ovulasi adalah hal yang sangat penting saat mencoba hamil. “Pemilihan waktu (berhubungan seksual) adalah hal yang terpenting.”

Selain itu, memahami tentang kehidupan sperma seperti seberapa lama mampu bertahan di dalam leher rahim dan faktor apa saja yang dapat mendukungnya, juga tidak kalah penting saat menjalani program hamil.

Jadi Moms, itulah berbagai penyebab atau alasan mengapa seorang wanita tidak hamil padahal menstruasi normal.

Artikel Terkait