DI ATAS 5 TAHUN
29 Mei 2020

Coba 4 Menu Sarapan Sehat untuk Anak Ini Yuk Moms!

Beberapa ide ini bisa jadi menu sarapan sehat untuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Intan Aprilia

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting untuk anak.

Jika diibaratkan tubuh Si Kecil adalah mesin mobil, pagi hari adalah waktu dimana tangki bensin ada dalam kondisi kosong setelah tidur semalaman.

Sarapan bisa dianggap sebagai bahan bakar agar mobil siap lagi untuk beroperasi.

Karena perannya yang begitu besar, memilih menu sarapan juga menjadi penting karena Moms harus pastikan perut Si Kecil terisi dengan bahan bakar yang tepat.

“Saat sarapan, ada nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh anak yaitu zat besi. Kurangnya asupan zat besi pada menu sarapan Si Kecil bisa membuatnya kesulitan berkonsentrasi saat belajar sehingga penyerapan materi di sekolah menjadi tidak efektif,” tulis Mary L. Gavin, MD, seorang dokter anak di Nemours duPont Pediatrics Hospital, Amerika Serikat.

Baca Juga: Resep Sandwich Telur untuk Sarapan Sehat Anak, Yuks Buat!

Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Dikutip dari Academy of Nutrition and Dietetics EatRight, anak yang tidak sarapan akan menunjukkan sikap buruk selama di sekolah.

Sikap tersebut bisa jadi muncul karena rasa lapar yang menggangunya. Selain itu, sarapan sehat untuk anak juga akan menghindari Si Kecil terkena obesitas.

Namun, tidak jarang orang tua kebingungan menyiapkan menu sarapan sehat untuk anak.

Selain sulit menentukan variasi makanan, sebagian orang tua mungkin memiliki anak yang pilih-pilih soal makanan.

Hal ini menjadikan orang tua sulit menemukan menu yang tepat.

Untuk itu, berikut ini adalah ide menu yang bisa Moms terapkan untuk menentukan sarapan sehat untuk anak.

1. Sereal dan Susu

Moms Bingung Siapkan Menu Sarapan Si Kecil Coba cara ini 1.jpeg

Foto: huffingtonpost.com

Sereal adalah pilihan menu sarapan simpel yang sangat memudahkan Moms.

Apalagi, zaman sekarang sereal memiliki berbagai macam jenis dan juga rasa yang enak.

Ini bisa menjadi pilihan yang sangat menyenangkan untuk Si Kecil. Selain itu, ternyata sereal juga memiliki kandungan gizi yang baik, lho!

Sereal untuk sarapan memiliki kandungan karbohidrat dan zat besi yang mencukupi kebutuhan energi Si Kecil selama melakukan kegiatan di pagi hari.

Di samping itu, tambahan susu akan melengkapi menu sarapan dengan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulangnya.

Jadi, pilihlah sereal yang mengandung serat, kaya akan kalsium, dan kalau bisa yang rendah gula ya, Moms!

2. Smoothie Bowl

Moms Bingung Siapkan Menu Sarapan Si Kecil Coba cara ini 2.jpg

Foto: healthline.com

Menu sarapan mudah lainnya, Moms juga bisa membuatkan smoothie buah-buahan untuk Si Kecil.

Smoothie dibuat dari campuran buah-buahan segar yang diblender dengan susu atau yogurt dan pisang yang dibekukan.

Buah pisang sendiri kaya akan serat, potassium, karbohidrat, dan vitamin B6. Sedangkan yogurt dan susu memiliki kandungan kalsium yang melengkapi kebutuhan gizi Si Kecil.

Untuk kreasi lainnya, Moms juga bisa membuat smoothie bowl! Moms bisa memberikan campuran bubuk cokelat yang memiliki kandungan lemak baik sebagai sumber energi.

Sebagai topping pelengkap, Moms bisa menambahkan buah-buahan seperti stroberi atau blueberry yang kaya akan vitamin C.

Bisa juga ditambahkan kacang-kacangan seperti kacang almond yang memiliki lemak baik untuk tubuh. Selain sehat, makanan ini tentunya enak dan pasti disukai Si Kecil!

Baca Juga: 3 Resep Smoothie Berenergi untuk Sarapan, Enak dan Bergizi

3. Banana Dog

Moms Bingung Siapkan Menu Sarapan Si Kecil Coba cara ini 3.jpg

Foto: pinimg.com

Hotdog adalah salah satu makanan yang digemari anak-anak. Namun, dibandingkan sosis yang berpengawet, Moms bisa membuat banana dog sebagai pengganti sosis.

Caranya adalah siapkan roti gandum untuk sebagai pengganti rotinya. Lalu, ganti sosis dengan pisang dan ganti saus tomat dengan karamel, selai stroberi, madu, atau selai kacang.

Pisang dan roti gandum merupakan sumber serat yang baik untuk pencernaan anak.

Selain itu, pisang juga mengandung potasium yang baik untuk kesehatan jantung dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Karamel, selai stroberi, dan madu dapat menjadi sumber energi yang dapat membuat Si Kecil beraktivitas dengan baik.

Selai kacang dikenal sebagai sumber lemak baik yang dibutuhkan oleh Si Kecil.

4. Bubur Ayam

Moms Bingung Siapkan Menu Sarapan Si Kecil Coba cara ini 4.jpg

Foto: meredithcorp.io

Sarapan sehat untuk anak lainnya adalah bubur ayam sederhana.

Selain memiliki kandungan karbohidrat, ayam yang menjadi pelengkapnya memiliki kandungan protein yang baik untuk Si Kecil.

Sebagai tambahan, Moms bisa memberikan telur ayam sebagai pelengkap. Telur memiliki kandungan protein dan lemak yang baik untuk Si Kecil.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Syarat Sarapan Sehat untuk Anak!

Menyiapkan sarapan yang sehat memang memberikan tantangan tersendiri. Selain menguji kreativitas, beberapa menu sarapan membutuhkan persiapan yang cukup memakan waktu.

Yang penting, ingat untuk selalu memerhatikan kandungan nutrisi setiap makanan dan jaga kebersihan saat mengolah makanan ya Moms!

Artikel Terkait