PROGRAM HAMIL
5 November 2019

Menu Tepat Sarapan untuk Kesuburan. Apa Saja?

Tidak hanya menu sarapan yang tepat, pemilihan waktu dan porsi sarapan juga dapat memengaruhi kesuburan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tentu Moms sudah sering mendengar untuk tidak melewatkan waktu sarapan, karena telah terbukti memberi ragam manfaat bagi tubuh.

Kabar baiknya bagi Moms yang sedang mendambakan kehamilan, rupanya manfaat sarapan untuk kesuburan juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Berikut ini beberapa tips mengenai sarapan untuk kesuburan yang dapat membantu Moms meningkatkan peluang kehamilan.

Sarapan Yang Dihindari

sarapan untuk kesuburan

Foto: thompsonslimited.com

Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari jika menginginkan manfaat sarapan untuk kesuburan. Salah satunya adalah kacang kedelai, biji-bijian yang tinggi gluten, seperti gandum dan beberapa produk rendah lemak.

“Mengonsumsi makanan dan racun yang tertelan, dapat memiliki efek pada telur wanita dan sperma, sampai 90 hari ke depan. Itulah sebabnya mengapa penting untuk mengkonsumsi makanan yang hanya memiliki efek menguntungkan dan menghapus racun setidaknya tiga bulan sebelum merencanakan kehamilan,” ungkap penulis Nature Cures, NAT Hawes, seperti dikutip dari express.co.uk.

Hawes juga merekomendasikan untuk mengurangi asupan gula, termasuk makanan olahraga dan minuman ringan, seperti soda.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sehat yang Meningkatkan Kesuburan dan Bikin Cepat Hamil, Mau Coba?

Jenis Sarapan Untuk Kesuburan

sarapan untuk kesuburan

Foto: steptohealth.com

Bagi penggemar sereal, boleh bergembira karena ini termasuk dalam menu sarapan untuk kesuburan. Dikutip dari romper.com, pilihlah sereal yang kaya akan zat besi dapat menurunkan risiko infertilitas ovulasi, sesuai dengan Academy of Nutrition and Dietetics.

Telur yang kaya akan vitamin D juga perlu masuk dalam daftar sarapan untuk kesuburan Moms. Sebuah penelitian terhadap wanita yang sedang menjalani terapi kesuburan dalam jurnal Human Reproduction di tahun 2018, menemukan bahwa wanita yang memiliki tingkat vitamin D lebih tinggi, mengalami tingkat melahirkan lebih tinggi dibandingkan yang kekurangan vitamin D.

Baca Juga: Makanan Sehat Ini Mampu Meningkatkan Kesuburan

Sarapan untuk kesuburan yang kaya akan vitamin D adalah salmon, selain itu, menu lain yang bisa Moms jadikan sarapan untuk kesuburan adalah yoghurt, pastikan pilih yang penuh lemak.

“Kami menemukan bahwa wanita yang memilih produk susu rendah lemak dalam dietnya, maka semakin banyak masalah untuk dapat hamil. Sedangkan semakin banyak produk susu penuh lemak yang dikonsumsi, semakin kecil kemungkinan wanita mengalami masalah (untuk hamil),” ungkap profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health di Fit Pregnancy, Walter Willett, MD, seperti dikutip dari romper.com.

Waktu dan Porsi Tepat

sarapan untuk kesuburan

Foto: mindbodygreen.com

Tidak hanya jenis menu sarapan untuk kesuburan, pemilihan waktu dan porsi sarapan juga berpengaruh pada kesuburan.

Hal ini terbukti melalui penelitian yang dilakukan oleh Hebrew University of Jerusalem dan Tel Aviv University terhadap wanita yang mengalami Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) dengan periode menstruasi yang tidak teratur.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi sarapan dalam jumlah lebih besar (dibanding waktu makan lainnya di satu hari), mengalami penurunan glukosa dan level insulin hingga 8%.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Sehari-hari yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Kelompok sarapan dalam jumlah besar ini, juga memperlihatkan penurunan kadar testosteron hingga 50%. Wanita di kelompok ini juga berovulasi lebih tinggi saat memilih makan besar saat sarapan.

“(Penelitian ini) jelas menunjukkan bahwa jumlah kalori yang dikonsumsi sangat penting, namun waktu mengonsumsinya bahkan lebih penting,” ungkap salah satu peneliti dari studi ini, Professor Oren Froy, seperti dikutip dari thebump.com.

Artikel Terkait