PASCA MELAHIRKAN
26 Agustus 2019

4 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Menyusui juga dapat menurunkan berat badan lho Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Bagi banyak wanita, mencapai berat badan yang sehat dan ideal kembali setelah kehamilan adalah sebuah hal yang wajib hukumnya.

Sayangnya membutuhkan perjuangan cukup keras untuk kembali mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna.

Merawat bayi yang baru lahir, menyesuaikan diri dengan rutinitas baru, dan memulihkan kondisi pasca melahirkan bisa menjadi hal yang sangat membuat stres.

Baca Juga: 5 Gaya Rambut Praktis Setelah Melahirkan

Namun, tidak dipungkiri penting juga untuk kembali ke berat badan yang ideal setelah melahirkan, terutama jika Moms berencana untuk hamil lagi di masa depan.

Nah, untuk itu, berikut ini di bawah akan dijelaskan cara sederhana untuk membantu Moms menurunkan berat badan. Disimak ya Moms.

1. Menyusui

parents.com

Jika Moms menyusui, maka pasti ingin menurunkan berat badan secara perlahan. Penurunan berat badan yang terjadi terlalu cepat dapat membuat kita menghasilkan lebih sedikit susu.

Kehilangan sekitar setengah setengah (670 gram) seminggu seharusnya tidak memengaruhi suplai ASI atau kesehatan tubuh Moms.

Menyusui membuat tubuh membakar kalori yang membantu Moms menurunkan berat badan.

2. Jangan Coba Crash Diet

menurunkan berat badan setelah melahirkan

Crash diet adalah diet sangat rendah kalori yang bertujuan untuk membuat kita menurunkan sejumlah besar berat badan dalam waktu sesingkat mungkin.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet? Pakai Timbangan Saja!

Setelah melahirkan bayi, tubuh membutuhkan nutrisi yang baik untuk menyembuhkan dan memulihkan. Selain itu, jika menyusui, tubuh memerlukan lebih banyak kalori dari biasanya (14Trusted Source, 17, 18Trusted Source).

Diet rendah kalori cenderung mengurangi nutrisi penting dan mungkin akan membuat tubuh mudah merasa lelah.

Ini adalah kebalikan dari apa yang dibutuhkan saat merawat bayi yang baru lahir, dan ketika kurang tidur.

3. Makan Makanan Berserat

menurunkan berat badan setelah melahirkan

Mengonsumsi makanan yang kaya serat telah terbukti membantu menurunkan berat badan.

Sebagai contoh, satu penelitian terhadap 1.114 orang dewasa menemukan bahwa setiap 10 gram serat larut yang dimakan orang per hari menyumbang 3,7% pengurangan lemak perut selama periode lima tahun.

Serat juga dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat pencernaan dan mengurangi kadar hormon kelaparan.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

4. Menghitung Kalori

menurunkan berat badan setelah melahirkan

Menghitung kalori dapat membantu Moms menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Selain itu juga tentunya mengetahui berapa banyak yang dimakan dan tahu area mana yang bermasalah dalam diet kita.

Moms bisa menghitung kalori dengan menyimpan buku harian makanan atau bahkan hanya mengambil gambar makanan sebagai pengingat apa yang telah kita makan.

Namun, bila menghitung kalori ini malah membuat Moms stres, ahli nutrisi dan makanan asal Kanada sekaligus pendiri Abby Langer Nutrition Communications and Consulting, Abby Langer merekomendasikan kita untuk fokus mengonsumsi makanan dengan sadar.

"Fokus pada makanan sehat seperti sayuran, buah, dan protein. Perhatikan cara makan juga, seperti tidak terburu-buru makan dan makanlah sampai merasa puas, jangan sampai kelaparan karena diet. Kalau Anda makan makanan seimbang, tidak perlu repot menghitung kalori," ujar Abby.

Itu dia Moms beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan. Dicoba ya!

Artikel Terkait