KESEHATAN
25 Februari 2020

7 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Alami

Darah tinggi saat ini tak hanya terjadi pada orang
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Pola dan gaya hidup manusia modern saat ini memang membuat kita mudah terserang banyak penyakit.

Salah satu penyakit yang tak hanya mengintai usia tua, tapi juga usia muda yaitu darah tinggi.

Tak sedikit juga penderita darah tinggi juga tak bisa lepas dari obat penurun tekanan darah, sementara gaya dan pola hidup mereka tidak dijaga dengan baik.

Dilansir dari U.S. National Library of Medicine, bila kita tidak mengatasi masalah darah tinggi, jantung akan memompa dengan lebih kencang, sehingga berisiko terkena serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan gagal ginjal.

Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi

Untuk mengatasinya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menurunkan darah tinggi secara alami, bahkan tanpa obat lho.

1. Berjalan dan Berolahraga Secara Teratur

menurunkan darah tinggi dengan cara alami.jpg

Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, aktivitas menyehatkan ini juga bisa membantu membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah, sehingga mampu menurunkan tekanan pada arteri.

Menurut National Walkers 'Health Study, melakukan lebih banyak olahraga mengurangi tekanan darah lebih jauh.

Faktanya, 150 menit olahraga sedang, seperti berjalan, atau 75 menit olahraga berat, seperti berlari, setiap minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung kita. Maka, lebih banyak olahraga membantu menurunkan tekanan darah lebih jauh.

Baca Juga: 7 Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Kalium

Kalium merupakan mineral penting yang membantu tubuh kita menyingkirkan natrium dan menurunkan darah tinggi.

Usahakan untuk mengurangi makanan instan ataupun junk food dan lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, seperti pisang, alpukat, jeruk, aprikot, lemon, sayuran hijau, tomat, susu, yoghurt, ikan dan kacang-kacangan.

Abbas Kananai seorang ahli farmasi Chemist Click, menjelaskan bahwa pola makan yang disertai asupan kalium tinggi bisa membantu mengeluarkan kandungan sodium berlebih dalam tubuh.

Perlu kita ketahui, terlalu banyak sodium juga memiliki dampak negatif bagi tekanan darah kita.

3. Kurangi Asupan Natrium

menurunkan darah tinggi dengan cara alami 2.jpg

Meskipun beberapa penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa hubungan antara natrium dan tekanan darah tinggi kurang jelas.

Tapi, asupan natrium berlebih masih dipercaya bisa menaikkan tekanan darah.

Dalam banyak penelitian terdahulu, garam tak hanya dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, tapi juga serangan jantung dan stroke.

Terlepas dari berpengaruh atau tidaknya, jika kita memiliki tekanan darah tinggi, alngkah baiknya mengurangi asupan natrium dan cermati perbedaan saat dan sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung pada Anak

4. Kurangi Alkohol

Dilansir dari Cleveland Clinic, minum alkohol bisa meningkatkan tekanan darah.

Apalagi faktanya, alkohol terkait dengan 16% kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia.

Pada dasarnya, minum alkohol dalam jumlah berapa pun dapat meningkatkan tekanan darah kita. Batasi minum kita tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dua untuk pria.

5. Kurangi Kafein

menurunkan darah tinggi dengan cara alami 3.jpg

Peneliti dari Duke University Medical Center, Amerika Serikat dalam hasil temuannya, memaparkan bahwa mengonsumsi kafein sebanyak 500 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi bisa menaikan tekanan darah tinggi.

Meskipun, sebenarnya kafein dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek saja dan tidak menyebabkan kenaikan yang bertahan lama.

6. Jus Seledri

Dalam pengobatan tradisional China, seledri diyakini bisa menurunkan darah tinggi dengan alami.

Hal ini dikarenakan seledri memiliki kandungan kalium yang tinggi, antioksidan, dan mineral.

Apalagi, jus seledri juga ternyata memiliki kandungan senyawa 3-N-Butylphthalide (BNP) yang mampu merenggangkan otot-otot dinding arteri sehingga aliran darah mengalir lebih lancar.

Senyawa Phthalides-nya juga mampu mengurangi hormon stres yang bisa mengakibatkan pembuluh darah mengerut.

7. Hindari Stres

menurunkan darah tinggi dengan cara alami 4.jpg

Stres adalah pendorong utama tekanan darah tinggi. Ketika kita mengalami stres berat, tubuh akan berada dalam mode tekanan yang konstan.

Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Hal inilah yang menyebabkan tekanan darah melonjak tinggi.

Ketika kita mengalami stres, beberapa dari kita mungkin juga akan tergiur dengan pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok berlebihan, minum alkohol atau makan makanan yang tidak sehat, yang dapat secara negatif memengaruhi tekanan darah.

Untuk mencegah hal ini lakukan kegiatan positif, seperti membaca, mendengarkan musik, berjalan-jalan atau berbelanja.

Baca Juga: Jangan Salah, Yuk Cari Tahu Kapan Harus Mengonsumsi Obat Kolesterol

Dari cara alami di atas bisa kita simpulkan bahwa pola makan dan gaya hidup memang dua hal yang bisa mengatasi darah tinggi.

Maka, jika Moms dan Dads ingin terhindar atau ingin mengatasi darah tinggi alami tanpa obat, mulai saat ini terapkan pola makan dan gaya hidup sehat yang tepat ya. Selamat mencoba!

(PSF/ERW)

Artikel Terkait