KESEHATAN
19 Maret 2019

Menurut Sains, 7 Gejala Fisik Ini Dapat Menandakan Adanya Masalah Kesuburan

Tidak hanya berhubungan dengan menstruasi, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kebanyakan pasangan hamil dalam waktu tiga bulan setelah mereka mulai mencoba. Meski demikian, besarnya peluang tentu tergantung pada kondisi pribadi Moms dan Dads. Misalnya, usia Moms dan Dads, apakah Moms atau Dads perokok, dan sebagainya.

Bila setelah beberapa bulan mencoba hamil Moms belum memperlihatkan tanda-tanda kehamilan, ada baiknya Moms mencari tahu bila ada masalah kesuburan. Caranya cukup mudah karena tanda masalah kesuburan sebenarnya bisa diketahui dari sejumlah gejala fisik.

Berikut 7 tanda fisik tidak subur menurut sains:

1. Nyeri Hebat Saat Menstruasi

Jangan remehkan nyeri hebat saat menstruasi, Moms. Menurut Theresa Pittman, NP, MSN, Kepala Petugas Klinik di Opionato mengatakan, hal itu bisa menjadi salah satu tanda masalah kesuburan.

Pittman menerangkan bahwa nyeri hebat saat menstruasi dapat mengindikasikan endometriosis, yaitu kondisi saat jaringan rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim.

2. Menstruasi Berlebihan

Menstruasi berlebihan adalah saat darah yang keluar pada saat datang bulan jumlahnya terlampau banyak.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut menorraghia, dan bisa menjadi salah satu pertanda penyakit fibroid rahim atau tumor jinak di rahim yang dapat membuat Moms susah hamil.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 3 Jenis Makanan yang Dapat Mengancam Kesuburan

husband wife no communication

3. Nyeri Saat Berhubungan Intim

Moms yang mengalami nyeri hebat saat menstruasi dan juga nyeri saat berhubungan intim patut waspada.

Menurut Pittman, kondisi ini juga bisa menjadi salah satu gejala fibroid atau endometriosis.

4. Menstruasi Tidak Teratur dan Jerawat Berlebih

Apakah siklus menstruasi Moms tidak teratur dan Moms memiliki jerawat berlebih? Pittman mengatakan kondisi fisik ini dapat menandakan adanya masalah polycystic ovary syndrome (PCOS) yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

PCOS menyebabkan sel telur tidak matang dan tidak dilepaskan saat ovulasi sehingga Moms susah hamil.

5. Nyeri Panggul Kronis

Ini juga bisa menjadi salah satu tanda fisik tidak subur, Moms. Nyeri panggul kronis bisa timbul akibat adanya endometriosis, riwayat penyakit radang panggul (PID), atau riwayat infeksi klamidia dan gonore.

Segera periksakan ke dokter bila Moms mengalami gejala ini.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sehat yang Meningkatkan Kesuburan dan Bikin Cepat Hamil, Mau Coba?

vitality beach sunrise woman

6. Keputihan

Keputihan bisa menjadi pertanda infeksi pada salah satu organ reproduksi sebagaimana disebut di atas. Segala jenis radang panggul dapat menghambat proses pembuahan sel telur oleh sperma di tuba falopi.

Selain itu, menurut Pittman, radang panggul juga dapat menyebabkan kehamilan ektopik, yaitu kehamilan yang berkembang di luar rahim.

7. Keluar Cairan Putih dari Puting Susu

Moms perlu mewaspadai kejadian ini. Menurut Mark P. Trolice, MD, ahli endokrinologi reproduksi bersertifikat dan spesialis infertilitas, keluarnya cairan putih dari puting susu bisa menandakan peningkatan hormon hipofisis yang disebut prolaktin.

Hal ini dapat menyebabkan infertilitas dan keguguran.

(AN)

Artikel Terkait