KESEHATAN
20 September 2019

Menyakitkan, Tengok Penyebab Sariawan di Gusi dan Cara Mencegahnya

Sering sariawan di gusi. Hati-hati! Cek di artikel ini!
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Sariawan adalah penyakit yang sering menyerang banyak orang. Stomatitis, begitu nama lainnya, kerap menimbulkan rasa tak nyaman saat makan. Karena sariawan merupakan luka kecil dan dangkal yang muncul pada jaringan mulut.

Gusi adalah salah satu lokasi yang kerap terkena sariawan. Terkadang, rasa perih dan nyerinya bisa melebihi sariawan yang muncul di area bibir.

Baca Juga: Ayo Usir Sariawan di Lidah

Penyebab Sariawan di Gusi

sakit gigi - gusi.jpg

Stres

Stres tak hanya menyoal masalah fisik aja. “Dalam beberapa kasus stres yang tak terkendali dengan baik juga dipercaya bisa memicu sariawan. Misalnya, pekerjaan menumpuk yang menimbulkan banyak tekanan pada psikis,” kata Dokter keluarga Daniel Allan, MD., dokter keluarga di Dignity Health, California.

Kurang Nutrisi

Jika tubuh kekurangan asupan nutrisi seperti asam folat, vitamin B12 dan C, serta zat besi, bisa jadi pemicu timbulnya sariawan pada gusi.

Genetik

“Masalah stomatitis juga bisa dipengaruhi secara genetik. Stomatitis ini juga disebut sebagai stomatisis berulang (recurrent stomatitis aphtous). Banyak ahli beranggapan masalah ini bisa diturunkan secara genetika dari orangtua maupun keluarga terdekat. Tapi belum dipastikan,” ungkap Dr Allan.

Cedera Mulut

Cedera pada mulut bisa saja disebabkan karena rongga mulut tergigit secara tidak sengaja atau menyikat gigi terlalu keras. Selain itu, stomatitis pada gusi bisa saja disebabkan oleh kandungan SLS (sodium lauryl sulfate) pada pasta gigi atau obat kumur.

Mengidap Penyakit Tertentu

Ada kalanya sariawan dipicu penyakit tertentu. Semisal herpes, gangguan sistem imunitas, dan radang pada saluran pencernaan.

Baca Juga : Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Bahan Alami

Cara Mencegah Sariawan Gusi

00 ILUSTRASI SARIAWAN - sumber theconversation.jpg

Meski tak tergolong sebagai penyakit yang berbahaya, tak ada salahnya bukan untuk mengetahui cara mencegah penyakit ini. Silakan diterapkan!

- Pilih makanan sehat.

Agar tubuh Anda tidak mengalami defisiensi gizi, perbanyak konsumsi buah, sayur, dan gandum utuh.

- Bersihkan gigi dengan benang gigi.

Sikat gigi saja tidak cukup. Coba gunakan benang gigi setelah makan dan sebelum tidur. Tujuannya untuk mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut.

- Perhatikan makanan yang masuk ke tubuh.

Stomatitis bisa dicegah dengan cara menghindari makanan yang dapat mengiritasi mulut, seperti kacang, keripik, bumbu tertentu, nanas, jeruk bali, jeruk, hingga makanan asin.

- Dokter gigi.

Lakukanlah pemeriksaan rutin ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.

- Jaga Kebersihan Gigi.

Rutin menyikat gigi dua kali sehari agar kebersihan gigi dan mulut tetap terjaga. Akan lebih baik lagi, bila menggunakan sikat gigi yang halus untuk mencegah iritasi pada jaringan yang lembut. Pilih juga obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate

Baca Juga: Mengatasi Sariawan Pada Bayi

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi sariawan di gusi. Jangan lupa praktikkan dan hindari penyebabnya, ya.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait