GAYA HIDUP
30 Juni 2020

7 Barang yang Harus Disiapkan untuk Menyambut Kelahiran Bayi Kembar

Pastikan semuanya sudah siap saat bayi lahir ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Moms sedang mengandung bayi kembar sekarang? Jika iya, berarti Moms harus mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk kedatangan Si Kecil.

Persiapan bukanlah hal yang bisa dipilih, namun hal yang penting. Moms tidak bisa hanya berharap bahwa semuanya akan berjalan baik seiring berlalunya waktu. Berbeda dengan bayi lainnya, Moms akan memiliki dua kali lipat tuntutan dan tanggung jawab untuk dua bayi kembar yang hadir.

Persiapan yang matang adalah kunci untuk sukses menjadi ibu dari bayi kembar.

Baca Juga: 6 Ide Kado Kelahiran untuk Bayi Kembar

Barang Persiapan untuk Bayi Kembar

Di bawah ini ada beberapa daftar barang yang harus Moms persiapkan untuk menyambut kehadiran si bayi kembar. Apa saja? Yuk, disimak Moms.

1. Stroller Bayi

barang bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Kereta dorong atau stroller adalah barang persiapan untuk si kembar yang penting untuk Moms miliki. Dengan memiliki kerta ini, Moms bisa melakukan segala sesuatunya jauh lebih mudah.

Tanpa kereta dorong Moms akan kesulitan saat memindahkan Si Kecil dari satu tempat ke tempat lainnya, kecuali ada Dads yang membantu. Menemukan kereta dorong terbaik juga tergantung pada bagaimana kita akan menggunakannya (di dalam atau di luar ruangan).

2. Nama Bayi

barang bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Nama apa yang akan Moms berikan untuk Si Kecil? Menentukan nama untuk bayi memerlukan berbagai pertimbangan dan merupakan keputusan yang penting. Bayi kembar Moms akan menggunakan nama tersebut di seumur hidupnya.

Tugas Moms dan Dads tidak hanya harus memilih nama bayi yang sempurna untuk setiap anak, tetapi juga harus mempertimbangkan bagaimana nama-nama itu akan terdengar cantik jika dikombinasikan dengan nama lainnya.

3. Mengatur Kamar Anak

barang bayi kembar

Foto: projectnursery.com

Barang selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk bayi kembar adalah kamar tidur anak. Di mana Si Kecil akan tidur? Apakah mereka akan berbagi ruangan? Ada banyak ide yang bisa dilakukan untuk mendekorasi kamar bayi kembar.

Baca Juga: 5 Panduan Memilih Furnitur yang Aman untuk Kamar Anak

Setidaknya Moms harus menyediakan satu boks bayi di awal kelahiran anak. Saat mereka sudah tumbuh lebih besar, baru belikan tempat tidur terpisah. Beli barang kebutuhan kamar anak sesuai kebutuhan.

4. Pakaian Bayi

barang bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Pakaian anak menjadi salah satu barang penting yang harus dipersiapkan jika berbicara mengenai bayi kembar. Untuk baju bayi, Moms juga harus menyediakannya lebih banyak, karena melahirkan 2 anak dalam waktu bersamaan.

Biasanya ini menjadi hal yang menyenangkan, karena Moms bisa leluasa memilih baju-baju anak yang lucu untuk Si Kecil. Tapi ingat, untuk tidak membeli secara berlebihan ya, Moms.

5. Persediaan Popok

barang bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Barang yang tidak pernah terlepas dari bayi yang harus dipersiapkan adalah popok untuk bayi kembar kita. Saat bayi kembar Moms lahir, maka Moms akan membutuhkan banyak persediaan popok.

Mengutip dari Sage Journals, popok sekali sekarang ini adalah produk berkualitas tinggi dan dievaluasi dengan baik, yang sengaja dirancang untuk menjaga kulit bayi tetap kering.

Apakah Moms memilih popok kain atau popok sekali pakai, tetap harus menyimpan persediaan banyak saat bayi tiba. Belilah beberapa ukuran yang berbeda, sehingga ketika si kembar mulai tumbuh besar, Moms memiliki persediaan yang tepat.

Baca Juga: Kapan Saat Terbaik Beralih dari Popok Bayi Ke Popok Celana?

6. Handuk dan Waslap

barang bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Bayi memang tidak perlu terlalu sering mandi di minggu-minggu awal kelahirannya, tetapi waslap bisa sangat berguna untuk menyeka tubuh bayi.

Moms bisa membeli 2 set waslap sekaligus, juga setidaknya membutuhkan dua handuk mandi, namun memiliki handuk ekstra lebih baik agar Moms tidak lelah mencuci. Pilihlah handuk dengan bulu yang lembut.

7. Kursi Makan Anak

barang bayi kembar

Foto: pinterest.com

Barang persiapan untuk bayi kembar yang juga tidak boleh ketinggalan adalah kursi makan. Sebagian besar orang tua tidak perlu menggunakan kursi ini hingga bayi berusia empat hingga enam bulan, tetapi ketika saatnya tiba, Moms akan membutuhkan dua.

Itu dia Moms beberapa barang yang harus Moms persiapakan sebelum si kembar lahir. Pastikan Moms menyediakan semuanya ya.

Artikel Terkait