BAYI
27 Juni 2020

5 Tips Sukses Menyusui Bayi Kembar, Yuk Lakukan!

Hindari masalah menyusui bayi kembar dengan mencoba tips ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms baru saja melahirkan dua manusia baru. Langkah dan persiapan dasar untuk menyusui sebenarnya sama untuk Moms yang memiliki bayi kembar atau tidak. Bedanya, Moms harus menyusui dua bayi dengan serangkaian pertanyaan dan rinciannya sendiri.

"Tidak ada yang tahu bagaimana cara menyusui bayi kembar dalam semalam. Persiapan adalah kunci," kata Natalie Diaz, ibu dari anak kembar dan pendiri Twiniversity yang juga konsultan laktasi.

Bayi kembar Moms nantinya akan memiliki jadwal dan kemampuan menyusui yang beda. Seperti kebanyakan bayi kembar yang biasanya lahir prematur, mereka akan membutuhkan bantuan tambahan untuk belajar menyusui dan mendapatkan tambahan berat badan yang sehat dan ideal.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar?

Tips Menyusui Bayi Kembar

Cobalah tips menyusui untuk bayi kembar ini agar Si Kecil tumbuh dengan optimal.

1. Mulai Menyusui Segera setelah Melahirkan

Tips Menyusui Bayi Kembar -1.jpg

Foto: Abc.net.au

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi Moms yang memiliki bayi kembar adalah pasokan susu. Untuk itu, payudara membutuhkan stimulasi untuk menghasilkan ASI dalam jumlah yang tepat.

Jadi jika bisa, mulailah menyusui setelah melahirkan dalam waktu satu jam dan biarkan si kembar baik salah satu atau keduanya menyusu di payudara setiap kali menunjukkan tanda-tanda lapar.

Jika bayi harus berada di NICU. Moms harus memompa ASI yang disediakan oleh rumah sakit untuk membuat stok ASI. Banyak bayi kembar yang lahir prematur, oleh karena itu Moms harus terus belajar agar bayi menyusui dengan tepat agar Si Kecil mendapat seluruh nutrisi yang dibutuhkan.

2. Selalu Dekat dengan Bayi dan Lakukan Tandem Sejak Dini

Tips Menyusui Bayi Kembar -2.jpg

Foto: Twiniversity.com

Sejak berada di rumah sakit hingga di rumah, usahakan untuk selalu berada dengan Si Kecil. Ini adalah tips menyusui bayi kembar selanjutnya agar pasokan ASI tetap terjaga.

Moms bisa dengan mudah mengenali saat Si Kecil menunjukkan tanda lapar, bahkan saat malam hari.

Selain itu, cobalah untuk menyusui secara tandem lebih awal. Menyusui tandem berarti menyusui bayi secara bersamaan dengan satu bayi pada setiap payudara.

Bagi sebagian besar Moms yang baru memiliki bayi kembar akan merasa kesulitan saat melakukannya. Sebab, ini mengharuskan Moms untuk memangku bayi terlebih dahulu dan meminta orang lain untuk memosisikan bayi lainnya di payudara yang berlawanan.

Gunakanlah bantal menyusui yang nyaman untuk Moms dan Si Kecil, yang juga direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) . "Bantal akan menopang bayi sehingga mereka bisa meringkuk di bawah setiap payudara," jelas dia.

Baca Juga: Co-Sleeping dengan Bayi Kembar, Ini Risiko dan Manfaatnya

3. Dapatkan Dukungan Sejak Dini

Tips Menyusui Bayi Kembar -3.jpg

Foto:Twiniversity.com

Dilansir American Academy of Pediatrics (AAP) bayi harus mendapatkan ASI ekslusif hingga berusia 6 bulan. Dan hal ini akan menjadi pekerjaan rumah yang tidak ringan pada Moms yang memiliki bayi kembar.

“Ingatlah bahwa biasanya seorang ibu hanya menyusui satu bayi. Jika memiliki bayi kembar sambil memulihkan diri bisa sangat sulit," kata pakar psikoterapis dan orangtua, Olivia Bergeron, LCSW yang juga pendiri MommyGroove.

Jika Moms ingin benar-benar memberikan ASI ekslusif untuk bayi, dapatkan semua bantuan. Ini bisa saja dari suami atau anggota keluarga lain yang datang untuk membantu di siang hari, atau postpartum doula untuk membantu saat malam hari.

Bila perlu, sewa konsultan laktasi yang memiliki pengalaman dengan bayi kembar. Dukungan ahli dapat benar-benar membuat perbedaan, karena akan memberi semua alat yang dibutuhkan untuk menemukan posisi menyusui yang tepat, untuk membantu membuat ASI yang cukup untuk kedua bayi, dan akhirnya berhasil melalui perjalanan menyusui dengan baik.

4. Beri Waktu untuk Adaptasi

Tips Menyusui Bayi Kembar -4.jpg

Foto: Shutterstock.com

Si kembar adalah dua orang berbeda yang kebetulan dilahirkan pada saat yang bersamaan. Gaya dan kebutuhan menyusui bayi mungkin sangat berbeda, jadi beri waktu adaptasi bagi Moms dengan kebiasaan tersebut.

Pakar yoga dan editor kesehatan Kristin McGee mengatakan, hal pertama yang mungkin disadari Moms adalah waktu menyusui yang berat.

"Anda biasanya menghabiskan sekitar 10 menit menyusui di setiap sisi untuk satu bayi. Jadi, ketika menyusui bayi kembar, Anda menghabiskan 20 menit setiap kali menyusui,” kata dia.

Selain itu, tips menyusui bayi kembar lainnya adalah dengan tetap bersikap lembut terhadap diri sendiri. Tetap rileks dan jangan stress meski mungkin akan ada masalah di awalnya. Dengan dukungan, latihan, dan fleksibilitas, Moms akan belajar apa yang tepat untuk Moms dan para bayi.

Baca Juga; 5 Perlengkapan yang Dibutuhkan Bayi Kembar, Catat!

5. Memompa untuk Lebih Banyak ASI

Tips Menyusui Bayi Kembar -5.jpg

Foto: Healthline.com

Kristin menambahkan, memompa sebenarnya akan membantu tubuh Moms membuat lebih banyak ASI. "Jika Anda masih memiliki lebih banyak susu setelah menyusui, memompa adalah ide yang bagus untuk mengeluarkan semuanya. Dengan begitu, payudara Anda kosong dan akan segera penuh lagi,” kata dia.

Salah satu kondisi yang harus diwaspadai adalah mastitis. Ini adalah kondisi infeksi jaringan payudara yang dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, kemerahan, bahkan demam atau kedinginan.

“Ini biasanya mempengaruhi perempuan di beberapa minggu pertama menyusui. Entah menyusui bayi tunggal atau kembar, ibu baru mana pun bisa terkena mastitis,” jelas dia.

Semoga tips menyusui bayi kembar ini akan membuat Moms lebih tenang ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait