KESEHATAN
3 Februari 2020

Menyusui Mencegah Kanker, Benarkah?

Konon, menyusui membuat sel-sel payudara lebih tahan terhadap mutasi yang dapat menyebabkan kanker.
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menyusui merupakan kewajiban semua wanita. Walaupun terkadang melelahkan, sebagian besar wanita bisa mendapatkan beberapa manfaat dari menyusui. Misalnya lebih jarang menderita pilek dan penyakit tentunya.

Namun ada yang mengatakan bahwa menyusui mencegah kanker payudara. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menemukan jawaban dari hal satu ini. Apakah benar seperti itu?

Yuk Moms kita lihat sama-sama jawabannya di bawah ini ya.

Baca Juga: Penanganan Mastitis, Payudara Bengkak pada Ibu Menyusui

Hubungan Antara Menyusui dan Kanker Payudara

Apakah menyusui mencegah kanker payudara? Ya, tentu saja, meskipun sulit untuk dibuktikan, namun ada beberapa studi yang memperhatikan hal ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hampir 150.000 wanita yang diterbitkan dalam The Lancet pada tahun 2002 menemukan bahwa untuk setiap 12 bulan menyusui (baik dengan satu anak atau banyak anak), risiko kanker payudara menurun sebesar 4,3 persen, jika dibandingkan dengan wanita yang sama sekali tidak menyusui.

Kemudian penelitian pada tahun 2009 terhadap lebih dari 60.000 wanita yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa wanita dengan riwayat keluarga kanker payudara mengurangi risiko terkena penyakit sebelum menopause hingga hampir 60 persen jika mereka menyusui.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini 3 Perbedaan Tumor Payudara dan Kanker Payudara

"Tampaknya ada bukti yang menunjukkan bahwa menyusui dikaitkan dengan penurunan risiko dari jenis kanker payudara yang sangat agresif," kata Alison Stuebe, asisten profesor kebidanan dan kandungan di University of North Carolina di Chapel Hill.

Kesimpulannya, jika Moms bisa dan ingin menyusui anak, lakukanlah hal itu, terutama jika anggota keluarga kita ada yang pernah menderita kanker payudara.

Mengapa Menyusui Mencegah Kanker Payudara?

Wanita yang menyusui memiliki siklus menstruasi yang lebih sedikit, dan karenanya lebih sedikit terpapar dengan estrogen, yang telah terbukti memicu beberapa jenis kanker payudara. Teori lainnya menyebutkan bahwa menyusui membuat sel-sel payudara lebih tahan terhadap mutasi yang dapat menyebabkan kanker.

Selain itu, ada faktor gaya hidup juga yang sering ikut berperan, seperti ibu menyusui (dan hamil) cenderung berhenti merokok dan minum, lalu makan makanan yang lebih sehat, dan secara umum menjaga diri mereka lebih baik. Perilaku ini dikenal dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Baca Juga: Yuk Kenali Kiat Sukses Menyusui Di Tempat Umum

Berapa Lama Harus Menyusui untuk Mencegah Kanker Payudara?

Belum ada penelitian pasti mengenai hal ini, namun Dr. Alison Stuebe menyarankan para ibu untuk menyusui anak setidaknya selama satu tahun, atau selama yang diinginkan ibu dan bayinya untuk menerima banyak manfaat dari menyusui. The American Academy of Pediatrics juga menyarankan rekomendasi yang sama.

Nah Moms, ternyata memang terbukti ya bahwa menyusui mencegah kanker. Jadi, jangan ragu untuk menyusui Si Kecil ya.

Artikel Terkait