KESEHATAN
16 September 2019

Merasa Lemas Karena Kurang Zat Besi, Ini 4 Makanan untuk Penderita Anemia

Katanya, makanan bagi si penderita anemia itu enak-enak! Benarkah demikian?
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika Moms merasa lelah, kulit terlihat lebih pucat, detak jantung yang cepat, sesak napas, dan bahkan sakit di bagian dada, mungkin Moms terkena anemia.

Anemia terjadi ketika ada penurunan jumlah sel darah merah yang bersirkulasi dalam tubuh. Ini adalah kelainan darah yang paling umum terjadi.

Bahkan, seperti yang dilansir dari medicalnewstoday.com, anemia memengaruhi sekitar 24,8 persen populasi dunia dan lebih dari 400 jenis anemia telah diidentifikasi.

Anemia dapat disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah kurangnya zat besi, kekurangan folat atau vitamin B, menstruasi berat, bahkan pendarahan di lambung dan usus juga bisa sebabkan anemia.

Jika sudah begini, yang dibutuhkan adalah makanan untuk penderita anemia.

Lisa Moskovitz, RD, CDN dari New York Nutrition Group mengatakan bahwa hanya dengan meningkatkan konsumsi zat besi dalam makanan kita, itu dapat membantu alirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Banyak yang mengatakan jika makanan bagi si penderita anemia itu enak-enak lo! Wah, apa saja ya?

Baca Juga: 5 Jenis Anemia yang Umum Terjadi

1. Sayuran Hijau

1 - makanan untuk penderita anemia.jpg

Foto: rd.com

Sayuran hijau adalah makanan untuk penderita anemia dan salah satu sumber zat besi terbaik, yakni seperti bayam, kubis, dan sawi.

Menurut ahli gizi selebritas Isabel Smith, MS, RD, CDN, sayuran hijau termasuk ke dalam zat besi non-heme, yakni zat besi yang bersumber dari tanaman.

"70% zat besi heme (ditemukan dalam sumber hewan) dapat diserap oleh tubuh sementara hanya sekitar 30% dari bentuk besi non-heme (ditemukan dalam sumber tanaman) dapat diserap oleh tubuh," katanya.

Karena itu, kita mungkin perlu meningkatkan ukuran sajian agar dapat terserap banyak oleh tubuh.

Baca Juga: Waspada Anemia Saat Hamil, Ini 3 Cara Untuk Mengatasinya

2. Daging Merah

2 - makanan untuk penderita anemia.jpg

Foto: william-reed.com

Daging merah termasuk ke dalam zat besi heme, yakni zat besi yang bersumber dari hewani.

Ini bisa mem-booster zat besi dalam tubuh kita, namun Lisa Moskovitz menyarankan agar daging merah "berpasangan" dengan makanan yang kaya akan vitamin C seperti tomat, brokoli, jeruk, atau paprika merah.

Hal tersebut dilakukan agar semakin memperkaya nutrisi dan dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Baca Juga: Anemia Bikin Susah Hamil, Mitos atau Fakta, Ya?

3. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

3 - makanan untuk penderita anemia.jpg

Foto: cookinglight.timeinc.net

Dua makanan ini juga termasuk ke dalam makanan untuk penderita anemia.

Bahkan, kacang dan biji-bijian termasuk ke dalam makanan padat nutrisi yang baik untuk camilan kita.

Menurut Lisa Moskovitz, biji labu dan pistachio adalah pilihan bagus dan kaya zat besi untuk menjadi camilan sehari-hari.

Kacang almond juga merupakan sumber zat besi yang baik.

Kacang almond bagus ketika dimasukkan sebagai bagian dari rencana makan yang sehat, tetapi karena tinggi kalsium, ini mungkin tidak meningkatkan tingkat zat besi Anda sebanyak yang dibutuhkan.

4. Makanan Laut

4 - makanan untuk penderita anemia.jpg

Foto: rd.com

Sama halnya dengan daging merah, makanan laut menyediakan zat besi heme. Tiram, kerang, dan udang adalah sumber zat besi yang baik.

Tak hanya itu, seperti yang dilansir dari healthline.com, beberapa ikan juga tinggi zat besi.

Ikan dengan kandungan zat besi yang tinggi adalah sarden, tuna, salmon, dan halibut.

Bagaimana menurut Moms? Makanan bagi penderita anemia betul-betul enak, bukan?

(SA)

Artikel Terkait