BAYI
8 Juni 2020

4 Cara Merawat Bayi Bintitan, Tidak Sembarangan ya Moms!

Bintitan bisa jadi sangat menyakitkan, jadi harus dirawat dengan sangat hati-hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Indah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bintitan atau hordeolum adalah suatu kondisi di mana terjadinya pembengkakan kecil mirip bisul di kelopak mata baik bagian atas maupun bawah dan terdapat nanah di dalam bengkak tersebut.

Bintitan cukup umum menyerang anak-anak karena penyebab utamanya adalah bakteri Staphylococcus. Bakteri ini sebenarnya umum terdapat pada kulit manusia, namun karena terjadinya penyumbatan minyak maka menyebabkan peradangan yang cukup menyakitkan.

Biasanya bakteri ini bisa menempel pada mata karena anak tidak mencuci tangannya dengan baik.

Jika anak terkena bintitan, Moms tidak perlu panik dan terlalu khawatir karena bintitan bisa disembuhkan. Apakah perlu ke dokter? Umumnya bintitan akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu satu minggu.

Namun jika bintitan bayi tidak membaik dalam kurun waktu tersebut, Moms bisa membawa anak mom ke dokter dan dokter akan meresepkan salep antibiotik.

Baca Juga: 3 Masalah Pada Mata Bayi yang Harus Moms Tahu

Cara Merawat Bayi Bintitan

Apakah Blefaritis Membahayakan Mata Bayi -2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika anak terkena bintitan, hal pertama yang harus Mom lakukan adalah melarang anak untuk tidak mengucek atau menyentuh mata yang terinfeksi karena bisa membuat sakit dan juga bisa membuat kondisi bisa lebih parah.

Tapi, kalau berhadapan dengan bayi, Moms mungkin akan lebih sulit ya. Bayi kan belum bisa diberi tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jika merasa sakit, bukan tidak mungkin ia akan mengucek matanya dengan lebih sering.

Jika sudah begini, Moms pasti akan bingung sendiri. Satu-satunya cara adalah dengan memastikan tangan Si Kecil selalu bersih. Dan, Moms juga perlu melakukan langkah perawatan bintitan pada bayi di bawah ini.

1. Kompres Area Mata

Kompres area mata yang terkena bintitan dengan air hangat sebanyak 3-4 kali setiap hari selama 15-20 menit. Caranya dengan merendam kain atau waslap di air yang cukup panas tapi tidak akan menyakitkan jika dikompreskan ke mata.

Pada anak yang lebih kecil, mungkin akan sulit untuk mengompres mata anak yang terkena bintitan. Tidak apa-apa dan jangan memaksakan atau Moms bisa mengompresnya sewaktu anak tertidur.

Baca Juga: Kenapa Bayi Sering Mengucek Mata?

2. Berikan Pereda Nyeri

Jika bintitan menyebabkan sakit yang teramat sangat dan membuat anak tidak nyaman, Moms bisa memberikan pereda nyeri jika amat sangat dibutuhkan seperti paracetamol.

3. Gunakan Waslap yang Berbeda

Jika bintitan terjadi pada satu mata saja, jangan gunakan waslah yang sama untuk membersihkan mata yang tidak terkena bintitan karena bisa menular.

4. Pastikan Kebersihan Tangan

Untuk mencegah terjadinya penularan, anak harus rajin mencuci tangan apalagi jika anak menyentuh area bintitan. Begitu juga dengan Moms, selalu cuci tangan setelah mengompres mata anak.

Baca Juga: Mata Bayi Belekan? Cek Cara Mengatasinya!

Nah, itulah cara merawat bayi bintitan. Selalu pastikan kebersihan tangannya ya Moms untuk mencegah infeksi jadi semakin parah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait