TRIMESTER 2
24 Juni 2020

4 Cara Merawat Kulit Berminyak Saat Hamil dengan Aman

Coba lakukan tips ini di rumah ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Dengan semua perubahan suasana hati, perubahan bentuk tubuh, dan mengidam makanan tertentu saat hamil, hal terakhir yang mungkin Moms khawatirkan adalah kondisi kulit, terutama kulit wajah.

Sayangnya, perubahan hormon yang menyebabkan masalah-masalah tersebut, juga mempengaruhi kondisi kulit Moms, dan mendorongnya berbagai macam masalah kulit muncul ke permukaan.

Selama beberapa bulan bisa berminyak, kemudian kering, dan selanjutnya mengelupas. Sangat sulit untuk memprediksikan kondisi kulit kita saat hamil.

Bahkan mungkin muncul jerawat selama kehamilan akibat kondisi kulit berminyak. Apa perawatan yang tepat untuk kulit berminyak selama hamil?

Baca Juga: 4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

Penyebab Kulit Berminyak Saat Hamil

kulit berminyak saat hamil

Selama trimester pertama kehamilan, banyak wanita akan mengalami peningkatan jerawat di wajahnya, terutama bila kulit wajah Moms termasuk rentan terhadap jerawat sebelum hamil.

Selama masa-masa kehamilan, tentu akan terjadi perubahan besar dalam hormon pada tubuh ibu hamil.

“Ibaratnya seperti mengalami masa PMS selama 9 bulan,” kata Amy Newburger, dokter kulit di Westchester, New York.

Dilansir dari jurnal yang diterbitkan oleh The College of Family Physycians of Canada, tingkat androgen Moms (hormon yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan organ reproduksi atau organ seksual pria, dan hormon yang menyebabkan jerawat pramenstruasi) meningkat selama trimester pertama kehamilan.

Peningkatan hormon inilah yang menyebabkan kulit wajah berminyak selama hamil.

Mengatasi Kulit Berminyak Selama Hamil

Ketika mengalami kulit berminyak selama hamil yang menimbulkan jerawat, mengatasinya mungkin sedikit susah.

"Banyak resep dan obat bebas tanpa resep yang membuat janin berisiko tinggi dalam mengembangkan cacat lahir," kata Dr. Sean Burnet dari Klinik Spesialis Australia.

Inilah sebabnya mengapa Moms harus sangat berhati-hati ketika berhadapan dengan masalah kulit ini dan menghindari segala jenis obat jerawat yang diresepkan atau perawatan tempat yang dijual bebas.

Solusinya, gunakan pengobatan rumahan yang aman dan tidak mengganggu janin.

Baca Juga: 4 Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

1. Merawat Kebersihan Wajah

kulit berminyak saat hamil

Hal paling dasar untuk mengatasi kulit berminyak saat hamil yang menyebabkan jerawat adalah menjaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah 2-3 kali per hari.

Cara ini akan membantu menghilangkan sebum dan membuat kulit tetap bersih.

Gunakan air hangat dan pembersih wajah bebas sabun, alkohol, serta non-abrasif. Kombinasikan dengan waslap untuk pengelupasan kulit secara lembut.

Ingat untuk jangan mencuci wajah lebih sering dari yang disarankan ya. Karena kulit malah jadi akan terlalu kering, sehingga memicu kulit mengeluarkan lebih banyak minyak sebagai bentuk perlindungan.

2. Pola Makan Sehat

kulit berminyak saat hamil

Pastikan Moms mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Hindari banyak konsumsi gula dan lemak jenuh.

Selain itu, jaga kadar garam dalam tubuh Moms. Hal ini mungkin tidak hanya akan membantu kita dalam mempertahankan kulit wajah yang sehat dan bebas minyak, tetapi juga akan mendukung keseimbangan berat badan Moms selama hamil

Baca Juga: 4 Kebiasaan Makan Saat Hamil yang Ternyata Berisiko Untuk Kesehatan Janin

3. Minum Banyak Air Putih

kulit berminyak saat hamil

Sudah jelas, jangan lupa untuk selalu menghidrasi tubuh dengan minum air putih. Kehamilan adalah saat di mana kita harus memberikan perhatian khusus pada hal ini karena Moms tidak hanya bertanggung jawab untuk diri sendiri sekarang.

Sementara itu, air juga menjaga organ tubuh dan sistem pencernaan bekerja secara optimal. Racun dalam tubuh akan keluar, yang akan menyebabkan kulit berminyak saat hamil dan jerawat.

4. Makanan yang Mengandung Vitamin B2

kulit berminyak saat hamil

Mengatasi kulit berminyak saat hamil selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi banyak makanan yang kaya akan vitamin B2, karena kekurangan vitamin ini akan memperburuk masalah kulit berminyak.

Moms akan menemukan vitamin B2 dalam sayuran seperti bayam, buah bit, dan asparagus. Ada juga dalam kacang, yogurt, dan almond.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, masalah kulit berminyak saat hamil akan teratasi dengan aman.

Artikel Terkait