BAYI
21 Februari 2020

5 Cara Meredakan Hidung Tersumbat pada Bayi, Mudah!

mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Hidung tersumbat pada bayi memang bisa membuat panik, ya, Moms. Bayi yang mengalami hidung tersumbat akan rewel karena merasakan ketidaknyamanan pada saluran pernapasannya.

Ketidaknyamanan bayi ini akan merambat pada saat bayi menyusui dan juga saat bayi akan tidur. Meskipun bisa mengkhawatirkan, hidung tersumbat pada bayi bisa disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh bayi yang masih berkembang.

Selain itu, dikutip dari National Health Service, anak-anak akan jauh lebih sering mengalami pilek dibandikan orang dewasa, dan gejala-gejalanya meliputi hidung tersumbat atau pilek, bersin atau suhu tinggi.

Baca Juga: 6 Obat Alami Hidung Tersumbat Ini Bisa Jadi Pilihan

Meredakan Hidung Tersumbat pada Bayi

Ketika hidung tersumbat, bayi tidak bisa bernapas dengan baik. Hal ini tidak semata-mata hanya disebabkan oleha adanya penumpukan cairan hidung atau ingus di dalam hidung bayi.

Selain penumpukan ingus, pembengkakan bagian hidung, pembuluh darah, dan jaringan hidung yang berdekatan dengan hidung juga membuat bayi tidak bisa bernapas dengan baik.

Kondisi hidung seperti inilah yang membuat bayi menjadi sangat rewel. Pasalnya, bayi tidak tahu apa yang harus dilakukan, tapi hidungnya terasa tidak nyaman.

Tapi, Moms jangan khawatir. Ada kok cara meredakan hidung terseumbat pada bayi yang bisa Moms lakukan. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Larutan Garam

salt freepik.jpg

foto: freepik.com

Sudah sejak lama, larutan garam merupakan andalan Moms untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi di rumah. Bahannya cukup mudah, yaitu garam dan air. Untuk membuat larutan garam, cukuplah mudah.

Moms hanya perlu melarutkan setengah sendok garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian aduk sampai garam larut.

Untuk langkah selanjutnya, Moms meletakkan larutan garam yang sudah siap ke dalam alat semprotan atau pipet. Setelah itu, teteskan larutan garam ke bayi sebanyak dua kali dengan menggunakan alat semprotan atau pipet. Moms bisa melakukan cara ini minimal 3 kali sehari.

Larutan garam dijadikan resep untuk meredakan hidung tersumbat sudah sejak lama. Manfaat larutan garam untuk bayi yang mengalami hidung tersumbat adalah untuk mencairkan lendir pada hidung bayi dan mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung.

2. Menghilangkan Ingus Bayi

tissue.jpg

Foto: freepik.com

Moms bisa membantu meredakan hidung tersumbatnya dengan membuang ingus, karena bayi tidak bisa membersihkan hidungnya sendiri. Ingus yang keluar sehingga menempel di hidung bayi sangat membuat bayi tidak nyaman. Jadi, tugas Moms yang harus melakukan.

Moms bisa membersihkan ingus bayi dengan beberapa cara. Untuk menghilangkan lender ingus, Moms bisa menggunakan aspirator (alat isap cairan hidung) atau infant nasal bulb (sejenis pipet kecil). Lakukan dengan pelan-pelan ya Moms agar bayi tidak merasa ada yang aneh ketika kita menghisap ingusnya keluar.

Ingus yang sudah kering dan berkerak dapat menghalangi udara yang masuk ke hidung bayi. Moms bisa membantu membersihkannya dengan kapas dan air hangat. Lakukan juga dengan pelan-pelan ya moms, agar bayi tidak merasa ada sesuatu yang ditarik dari hidungnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

3. Gunakan Humidifier atau Uap Air Hangat

warm bath.jpg

Foto: freepik.com

Udara kering menjadi salah satu penyebab hidung menjadi tersumbat dan sulit bernapas. Untuk itu, Moms perlu meningkatkan kelembapan udara di sekitar bayi untuk membantu meredakan hidung tersumbat pada bayi. Hal ini bisa dilakukan dengan penguapan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penguapan. Pemakaian humidifier dapat meringankan hidung tersumbat, karena alat tersebut dapat meningkatkan kelembapan udara di sekitar. Bagi Moms yang memiliki fasilitas air panas di kamar mandi, hal ini bisa dimanfaatkan.

Bawa bayi ke kamar mandi, dan nyalakan air panas. Uap dari air panas akan melembapkan udara kamar mandi sehingga udara yang dihirup bayi tidak kering.

Atau jika tidak ada humidifier ataupun fasilitas air panas di kamar mandi, Moms bisa menyiapkan sebaskom air hangat. Dekatkan bayi pada air hangat agar bayi bisa menghirup udara di sekitar baskom.

4. Jagalah Asupan Kebutuhan Cairan Bayi

freepik16.jpg

Foto: freepik.com

Pada saat pilek sehingga hidung tersumbat, bayi akan kehilangan banyak cairan tubuh. Maka, sangat penting bagi Moms untuk terus memenuhi kebutuhan cairan bayi karena memberikan cairan yang cukup dapat mengurangi produksi ingus pada bayi.

Makanan seperti sup, dapat Moms berikan pada bayi untuk membantu meredakan hidung tersumbat pada bayi.

Namun jika bayi belum cukup usia untuk asupan makanan tambahan, Moms bisa berikan ASI atau susu formula seperti biasa.

Baca Juga: Ketahui 5 Obat Alami untuk Bayi Pilek

5. Jaga Posisi Bayi tetap Tegak

Photo by The Honest Company on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/The Honest Company

Saat Moms memposisikan bayi untuk duduk tegak, gaya gravitasi akan membantu mengeluarkan ingus yang menyumbat hidung. Hal ini bisa membantu meredakan hidung tersumbat pada bayi.

Memposisikan bayi duduk tegak bisa dengan menggendong. Selain itu, Moms bisa memakai gendongan untuk membantu memposisikan tegak.

Itulah beberapa cara efektif untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi. Mudah sekali kan? Selamat mencoba!

Artikel Terkait