KEHAMILAN
19 Desember 2019

8 Cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome saat Hamil

Pijatan dan peregangan dapat meringankan gejala carpal tunnel syndrome
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ibu hamil yang mengalami carpal tunnel syndrome cenderung sulit tidur nyenyak. Selain itu, carpal tunnel syndrome saat hamil juga menganggu aktivitas sehari-hari karena mudah merasa lelah, tidak nyaman, dan rasa sakit pada tangan atau jari.

Nah, untuk mengatasi gejala carpal tunnel syndrome, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan yang aman dan tentu saja tidak membahayakan kesehatan janin.

Cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome saat Hamil

Apa saja cara meringankan carpal tunnel syndrome saat hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS), Salah Satu Risiko Komplikasi pada Kehamilan Kembar

1. Kurangi Asupan Natrium

cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome

Foto: babycenter.com

Cara meringankan carpal tunnel syndrome saat hamil yang pertama adalah mengurangi asupan garam. Sodium cepat diserap oleh sel dan turut membawa air yang dapat menyebabkan retensi air. Kurangi jumlah asupan garam dan tingkatkan konsumsi air minum.

”Minimalkan asupan garam dan minum banyak air untuk mengurangi retensi cairan dan cobalah mandi air dingin,” ujar Angela Growse, fisioterapis di Rebirth Wellness Centre di London.

2. Kenakan Penyangga Tangan saat Tidur

cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome

Foto: farmaku.com

Cara meringankan carpal tunnel syndrome saat hamil yang selanjutnya adalah kenakan penyangga tangan saat tidur. Saat tidur Moms tidak menyadari bagaimana posisi tangan. Bisa jadi terlipat, tertindih bagian tubuh lain, atau terpelintir sehingga saat bangun mengalami rasa sakit.

Penyangga tangan dapat menjaga tangan dalam posisi netral sehingga tidak akan menekan terowongan karpal.

”Pada kasus yang parah, gunakan penahan pergelangan tangan dan lakukan fisioterapi jika diperlukan,” kata Growse.

3. Hindari Gerakan Berulang

cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome

Foto: todaysparent.com

Cara meringankan carpal tunnel syndrome saat hamil yang selanjutnya adalah hindari gerakan berulang. Sebaiknya Moms menghindari melakukan gerakan yang berulang, khususnya ketika melakukan kegiatan sehari-hari dengan tidak hanya mengandalkan pergelangan tangan.

4. Berlatihlah Postur yang Baik

cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome

Foto: parenting.firstcry.com

Cara meringankan carpal tunnel syndrome saat hamil yang selanjutnya adalah berlatih postur yang baik. Kebiasaan duduk dan berdiri Moms bisa jadi tidak sesuai dengan postur yang tepat. Pastikan leher dan bahu tidak melengkung yang dapat menyebabkan tekanan tambahan pada saraf median.

”Berlatih postur tubuh yang baik (sebaik mungkin),” jelas Growse.

Baca Juga: Waspada! Bahaya Slapped Cheek Syndrome Pada Ibu Hamil

5. Pijat

cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome

Foto: sochi.edu

Cara meringankan carpal tunnel syndrome saat hamil yang selanjutnya adalah pijat. Melakukan pijat, baik itu sendiri, oleh pasangan, ataupun terapis pijat profesional dapat membantu meredakan carpal tunnel syndrome.

Mulai pijatan dari lipatan dalam siku, kemudian menuju ke pergelangan tangan. Gunakan ibu jari dan berikan tekanan kuat, lekukan gerakan melingkar di sekitar pergelangan tangan.

6. Peregangan

cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome

Foto: healthlinkbc.ca

Cara meringankan carpal tunnel syndrome saat hamil yang selanjutnya adalah peregangan. Peregangan adalah cara yang tepat untuk menghilangkan rasa sakit carpal tunnel syndrome.

Jika Moms memiliki profesi yang mengharuskan melakukan gerakan berulang, sebaiknya lakukan peregangan satu kali dalam satu jam. Growse merekomendasikan peregangan untuk meredakan rasa sakit carpal tunnel syndrome:

  • Letakkan tangan kanan di depan dengan telapak tangan menghadap ke luar, seolah-olah mengarahkan lalu lintas untuk berhenti. Tangan kiri menarik jari-jari dengan lembut, kemudian turunkan punggung tangan ke arah belakang pergelangan tangan. Lakukan bergantikan pada tangan kiri.
  • Tempatkan tangan pada posisi doa setinggi dada. Pertahankan kedua telapak tangan, siku ke luar, geser tangan ke depan dan belakang di dada. Bergeraklah dengan lembut dan berhenti jika ada rasa sakit.

7. Terapi Es

cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome

Foto: thehealthy.com

Cara meringankan carpal tunnel syndrom saat hamil yang selanjutnya adalah terapi es. Oleskan es yang dibungkus handuk ke pergelangan tangan selama sekitar 10 menit. Lakukan beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi pembengkakan.

Moms juga dapat mencoba "mandi kontras", yakni rendam pergelangan tangan dalam air dingin selama sekitar satu menit, kemudian dalam air hangat selama satu menit lagi. Lakukan bergantian selama lima hingga enam menit. Ulangi sesering mungkin.

8. Berlatih Yoga

cara Meringankan Carpal Tunnel Syndrome

Foto: organicauthority.com

Cara meringankan carpal tunnel syndrome saat hamil yang selanjutnya adalah yoga. Hasil dari studi yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menemukan bahwa berlatih yoga dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekuatan cengkeraman pada penderita carpal tunnel syndrome.

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga Ibu Hamil untuk Redakan Nyeri Kehamilan

Itulah beberapa cara meringankan carpal tunnel syndrome. Bagi Moms yang menderita carpal tunnel syndrome sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang mengandung banyak natrium karena dapat meningkatkan pembengkakan dan peradangan.

Selain itu, olahraga teratur dan peregangan merupakan cara terbaik untuk meringankan rasa sakit kronis dan ketidaknyamanan dari gejala carpal tunnel syndrome.

(SWN)

Artikel Terkait