PASCA MELAHIRKAN
27 September 2020

Rekomendasi 15 Merk Cream yang Aman untuk Ibu Menyusui

Kulit Moms tetap cantik dan terawat sehat selama menyusui
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms ingin tetap menggunakan krim wajah selama menyusui? Kenapa tidak! Namun, tentu banyak ibu yang khawatir soal adanya kemungkinan bahan kimia atau obat-obatan terserap ke dalam aliran darah ibu dan dieksresi ke dalam ASI.

Karena itu, Moms mungkin ingin mencari tahu apa saja merk cream yang aman untuk ibu menyusui dan juga dengan harga yang terjangkau.

Sebenarnya belum banyak penelitian yang jelas tentang efek bahan tertentu pada ASI maupun soal keamanan kosmetik selama menyusui.

Tetapi hal ini tidak mustahil terjadi, mengingat produk skincare memang sengaja dibuat agar bisa terserap ke dalam kulit, sehingga dokter cenderung berhati-hati saat merekomendasikan produk yang boleh dan tidak digunakan selama menyusui.

Hal ini disampaikan Dr. John Thoppil, presiden terpilih dari Texas Association of Obstetricians and Gynecologists dan seorang Assistant Professor di Texas A&M University’s College of Medicine.

"Umumnya, dokter biasanya memberi tahu pasiennya untuk menghindari bahan-bahan yang ada di daftar berbahaya. Kami juga menyarankan untuk menghindari produk vitamin A (retinoid atau retinol)," jelasnya, mengutip The Every Mom.

Baca Juga: Serum atau Krim Wajah, Mana yang Bekerja Lebih Efektif?

15 Merk Cream yang Aman untuk Ibu Menyusui dengan Harga Terjangkau

Dibandingkan terserap dalam ASI, bayi lebih rentan terpapar zat kimia dalam produk krim wajah lewat kontak langsung dengan sang ibu.

Ini karena bayi yang baru lahir belum memiliki perlindungan kulit, sehingga rentan sekali iritasi di beberapa minggu pertama kehidupannya. Saat kulit bayi bersentuhan dengan kulit Moms yang memakai skincare, reaksi alergi dan iritasi mungkin saja terjadi.

Karenanya, penting sekali memerhatikan apa saja kandungan skincare yang Moms gunakan selama hamil dan menyusui.

Pastikan memilih merk cream yang aman untuk ibu menyusui dengan tidak ada bahan berbahaya seperti asam salisilat, retinoid, phthalates, oksibenzon, AHA, steroid, hidroquinon, formaldehyde, merkuri, dan paraben.

Moms tak perlu pusing, berikut ini rekomendasi daftar merk krim wajah yang aman untuk ibu menyusui.

1. Safi Rejuvenate and Brighten Radiant Day Emulsion SPF 25

1696f98b2c53d34b456be6b453f71869.jpg

Merk skincare asal Malaysia ini mengklaim produknya bisa digunakan ibu hamil dan menyusui karena terdiri dari bahan-bahan alami yang aman, serta bebas dari kandungan gelatin maupun alkohol.

Salah satunya adalah Safi Rejuvenate and Brighten Radiant Day Emulsion yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Moms tidak perlu lagi menggunakan sunscreen karena krim wajah ini sudah mengandung SPF 25. Produk ini memiliki kisaran harga Rp103.000.

2. Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer

Untitled.png

Mama’s Choice sudah dikenal sebagai salah satu merk yang produknya diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui.

Jadi, Moms tidak perlu ragu soal keamanannya, termasuk dalam menggunakan Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer sebagai merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Rice extract yang terkandung di dalamnya mampu melembabkan kulit wajah dengan lebih maksimal. Ditambah lagi dengan kandungan hyaluronic acid yang juga berfungsi mengoptimalkan kelembaban kulit serta mencegah tanda penuaan dini muncul lebih cepat.

Selain pelembap, Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer juga mengandung mineral sunscreen dengan SPF 24 PA++ yang berfungsi menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus.

Lalu yang tidak kalah penting, krim ini cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit kering dan sensitif. Moms bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp99.000 saja.

3. Wardah Renew You Day Cream

instagram.com-wardahbeauty.jpg

Lekat dengan imej kosmetik yang halal, Wardah tentunya dibuat dengan bahan-bahan yang aman dan teruji bebas dari kandungan berbahaya. Wardah juga mengeluarkan merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Hadir dengan nuansa serba ungu yang elegan, Wardah Renew You Day Cream cocok digunakan sehari-hari. Karena mengandung SPF 30, jadi tak perlu lagi tambahan sunscreen kalau mau ke luar rumah.

Meskipun teksturnya pekat dan creamy, tapi formulanya mudah meresap ke kulit dan terasa ringan. Selain itu, wanginya juga menenangkan dan tak terlalu menyengat.

Selain krim siang, Wardah Renew You hadir dengan krim malam serta serum yang juga aman digunakan bagi ibu menyusui. Takut tidak cocok? Moms bisa mencoba kemasan ukuran 17ml terlebih dahulu yang harganya tentu lebih terjangkau, yaitu Rp40.000 untuk 17mL.

Baca Juga: Selain Kosmetik, Produk Perawatan Tubuh Juga Bisa Bikin Susah Hamil

4. Sensatia Botanicals Amber Rose Facial Dream Cream

shopee.co.id.jpg

Merk skincare asal Bali ini terbuat dari bahan natural dan vegan. Produknya juga 100 persen cruelty-free alias tak menggunakan hewan sebagai uji coba. Cocok sebagai rekomendasi merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Salah satu yang bisa Moms coba adalah Amber Rose Facial Dream Cream yang menggunakan bahan utama olive squalane, biji jojoba, dan minyak kelopak mawar.

Ketiganya dikenal sebagai pelembap alami yang kaya akan vitamin terutama A dan E, serta bermanfaat untuk menangkal munculnya tanda penuaan dini. Produk ini memiliki kisaran harga: Rp 268.000 untuk kemasan 65 gram.

5. Cetaphil Dermacontrol SPF 30 Facial Moisturizer

promoisturizer.jpg

Moms pasti sudah hapal kalau seluruh produk skincare Cetaphil memang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Termasuk Cetaphil Dermacontrol SPF 30 Facial Moisturizer yang tidak mengandung parfum alias tidak berbau.

Selain menjadi merk cream yang aman untuk ibu menyusui, Moms juga tak perlu sunscreen lagi, karena sudah ada SPF 30 di dalamnya. Ditambah, krim ini mengandung zinc yang berfungsi mengendalikan minyak berlebih.

Produk ini memiliki kisaran harga Rp300.000 untuk 236 mL.

6. Sebamed Moisturizing Face Cream

asteronline.com.jpg

Mirip dengan Cetaphil, rangkaian produk Sebamed juga diformulasikan untuk kulit sensitif sehingga aman bagi ibu hamil, menyusui, dan juga bayi.

Dengan tekstur yang cukup ringan, Sebamed Moisturizing Face Cream menjadi merk cream yang aman untuk ibu menyusui yang mampu membuat wajah terasa lembab dan kenyal tanpa memicu timbulnya jerawat.

Moms bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp197.000 untuk 75 mL.

Baca Juga: Kurangi Produksi Sampah, Ini Rekomendasi Online Shop yang Jual Alat Makan Ramah Lingkungan

7. Clinique Moisture Surge Intense Skin Fortifying Hydrator

clinique-moisture-surge-intense-skin-fortifying-hydrator-50ml.jpg

Ini dia produk yang kecil-kecil cabai rawit. Produk berbentuk gel milik Clinique ini katanya bisa melindungi kelembaban kulit hingga 72 jam, sehingga cocok banget buat Moms yang punya kulit kering.

Meski fungsinya cukup bisa diandalkan, jangan khawatir soal kandungan di dalamnya yang bebas kandungan paraben maupun pewangi. Tak heran produk ini juga termasuk merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Moms bisa membeli produk ini dengan kisaran harga Rp165.000 untuk 15 mL.

8. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cream

e26cb4327519cd6bd0d96b3b61b81a22.jpg

Hada Labo merupakan merk skincare yang berasal dari negeri Sakura, Jepang. Mereka punya beberapa series skincare, salah satunya Hada Labo Gokujyun yang menjadi merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Moms bisa coba krim pelembap wajah dari series ini yang diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui karena bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Selain itu, krim ini tak berbau alias tak mengandung parfum, jadi cocok buat Moms yang kulitnya sensitif terhadap pewangi sintetik.

Meski begitu, fungsi dari krim wajah satu ini bisa diadu. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cream dipercaya dapat membantu melembabkan dan menjaga elastisitas kulit karena mengandung hyaluronic acid dan improved hyaluronic acid.

Dua kandungan ini akan diserap kulit hingga ke lapisan epidermis sehingga mampu memperbaiki jaringan kulit. Moms dapat membelinya dengan kisaran harga Rp61.800 untuk 40gr.

9. The Body Shop Seaweed Oil Control Lotion SPF 15

51oEm0X3VVL._SL1287_.jpg

Sejak awal, The Body Shop hadir sebagai merk kosmetik dan skincare yang berasal dari bahan-bahan natural dari alam. Karenanya, cocok digunakan untuk ibu hamil dan mereka yang memiliki kulit sensitif.

Sebagai merk cream yang aman untuk ibu menyusui, The Body Shop Seaweed Oil Control Lotion ini sudah dilengkapi SPF 15. Meskipun tidak terlalu tinggi dibandingkan produk-produk sebelumnya, namun tetap berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV.

Moms yang punya kulit wajah kombinasi cenderung berminyak, krim wajah ini bisa menjadi alternatif karena tak oily dan lengket di kulit.

Apa yang paling penting, krim wajah dengan aroma mild yang menenangkan ini tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Dapatkan produk ini dengan kisaran harga Rp235.000.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

10. Laneige Water Bank Gel Cream

makeupbeautyhouse.com.png

Seperti namanya, Laneige Water Bank Gel Cream memiliki bahan dasar air sehingga teksturnya ringan dan pastinya tidak lengket, dan juga menjadi merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Untuk itu, produk ini aman digunakan ibu hamil dan menyusui terutama yang memiliki masalah dengan jerawat dan wajah berminyak.

Kalau dilihat dari beratnya, rasanya akan cukup mahal bagi sebagian orang. Namun pemakaian Laneige Water Bank Gel Cream bisa bertahan lebih dari satu bulan, karena daya sebarnya yang oke sehingga gak perlu mengoleskan terlalu banyak krim ke wajah.

Moms bisa mendapatkan produk ini dengan kisaran harga Rp365.000 untuk ukuran 50mL.

11. Burt’s Bees Intense Hydration Day Lotion

burts-bees-intense-hydration-day-lotion.jpg

Merk satu ini memang terkenal dengan produk lip balmnya. Namun Burt’s Bees juga punya serangkaian produk skincare yang cocok digunakan ibu hamil dan menyusui seperti krim wajah hingga krim stretch mark.

Terbuat dari bahan alami seperti royal jelly, Burt’s Bees Intense Hydration Day Lotion jadi merk cream yang aman untuk ibu menyusui yang aman digunakan dan bersahabat.

Selain itu, kandungan clary sage juga berfungsi menyamarkan kerutan wajah dan mampu meremajakan kulit Moms. Moms bisa membeli produk ini dengan kisaran harga Rp250.000.

12. L'Occitane Aqua Réotier Ultra Thirst-Quenching Gel

32ce939da71c6605bfe09febf55dea61.jpg

Karena bentuknya gel, L'Occitane Aqua Réotier Ultra Thirst-Quenching Gel terasa sangat ringan di wajah dengan fungsi melembabkan kulit yang optimal. Tidak heran produk ini menjadi merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Produk satu ini disertai hyaluronic acid dan kalsium yang ampuh mengembalikan kelembaban alami kulit. Selain itu, cocok untuk hampir semua jenis kulit mulai dari normal, kombinasi, hingga kering.

Namun, pelembap satu ini belum dilengkapi SPF, sehingga Moms perlu menggunakan sunscreen tambahan jika akan melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung. Moms bisa mendapatkan produk ini dengan kisaran harga Rp565.000.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui

13. Sukin Rose Hip Hydrating Day Cream

httpswww.sociolla.com.jpg

Karena menggunakan 100 persen bahan organik yang vegan, tentu saja Sukin Rose Hip Hydrating Day Cream bebas alkohol, SLS, paraben, maupun zat kimia lainnya yang berbahaya bagi ibu hamil.

Sebagai merk cream yang aman untuk ibu menyusui, pelembap wajah berbentuk krim ini tekturnya boleh jadi cukup thick, namun ketika digunakan tetap terasa ringan dan melembabkan.

Namun Moms perlu waktu untuk meratakannya di wajah agar tidak meninggalkan white cast alias jejak putih yang bisa bikin warna kulit kita kelihatan tidak rata.

Produk ini hanya berfungsi sebagai pelembap, jadi Moms tetap perlu memakai sunscreen lagi agar perlindungan kulit maksimal. Dapatkan produk ini dengan kisaran harga Rp 312.000.

14. Aquaphor Healing Ointment

meijer.com.png

Tak hanya jerawat dan bruntusan, ibu-ibu yang sedang mengandung dan menyusui juga sering mengeluhkan kulitnya yang mendadak jadi kasar saat hamil.

Krim wajah dari Aquaphor ini mungkin bisa jadi pilihan sebagai merk cream yang aman untuk ibu menyusui untuk meringankan keluhan.

Tidak cuma wajah, Aquaphor Healing Ointment juga bisa diaplikasikan ke bagian tubuh lain yang kering seperti bibir, siku, lutut, hingga luka gores dan luka bakar.

Selain untuk Moms, krim ini juga aman diaplikasikan ke bayi untuk mengatasi ruam kemerahan di kulit akibat alergi atau popok. Jadi sudah tentu aman digunakan selama menyusui atau saat Moms kontak langsung dengan bayi.

Kisaran harga dari produk ini yaitu Rp403.000 untuk ukuran 396gr.

15. Bio Oil

lazada.co.id.jpg

Produk yang satu ini memang tak berbentuk krim, namun Bio Oil bisa banget jadi sahabat ibu hamil dan menyusui yang punya keluhan terhadap kulitnya. Bio Oil menjadi merk cream yang aman untuk ibu menyusui.

Tidak cuma berfungsi untuk melembapkan wajah, minyak ini juga dapat digunakan di bagian perut untuk menghalau dan mengurangi stretch mark serta menipiskan bekas luka.

Moms cuma perlu mengoleskan Bio Oil dua kali sehari setelah mandi pada bagian-bagian yang diperlukan. Moms bisa membeli produk ini dengan kisaran harga Rp50.000-Rp125.000 (60mL-125mL).

Itu tadi 15 merk cream yang aman untuk ibu menyusui. Meskipun seluruh produk di atas aman digunakan, namun reaksinya bisa berbeda pada kulit satu orang dengan yang lainnya.

Jadi, Moms perlu memerhatikan jenis krim apa yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhannya sebelum membeli, ya!

Artikel Terkait