GAYA HIDUP
21 Januari 2020

Meski Menyegarkan, Ini 4 Efek Samping Minum Thai Tea pada Tubuh

Jangan sampai minum secara berlebihan, ya!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Teh susu, thai tea, atau milk tea juga menjadi salah satu minuman manis yang masih banyak dikonsumsi. Terlebih lagi, kini teh susu juga sudah bisa ditambah berbagai topping seperti boba, jeli, dan lain sebagainya.

Meskipun bisa menjadi minuman pelepas dahaga yang menyegarkan, tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak akan memberikan dampak negatif pada tubuh. Ketahui efek samping minum thai tea berikut ini.

Efek Samping Minum Thai Tea

1. Membuat Insomnia

dampak buruk minum thai tea

Foto: Orami Stock Photos

Teh, seperti halnya kopi, yang digunakan untuk menyeduh teh susu juga memiliki kandungan kafein. Ketika tubuh kelebihan kafein, dapat sebabkan gangguan tidur seperti insomnia.

Tidak hanya teh, tetapi thai tea yang mengandung gula juga dapat menyebabkan insomnia lho, Moms.

Pada American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa wanita pascamenopause yang makan makanan tinggi karbohidrat dan gula olahan lebih mungkin menderita insomnia, ketimbang yang melakukan diet lebih sehat.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Mengatasi Insomnia

2. Tubuh Mengalami Dehidrasi

efek samping minum thai tea-dehidrasi

Foto: Orami Stock Photos

Sebaiknya, kurangi porsi ketika hendak memesan thai tea ya, Moms. Karena efek samping minum thai tea terlalu banyak dalam sehari bisa membuat tubuh dehidrasi.

"Konsumsi teh berlebih berarti konsumsi kafein berlebih. Hal ini dapat mengurangi kemampuan penyerapan tubulus (bagian pada ginjal), yang dapat membuat Anda dehidrasi. Saya tidak merekomendasikan minum lebih dari tiga cangkir sehari," jelas Dr. Simran Saini, ahli nutrisi di Rumah Sakit Fortis, New Delhi, mengutip Food NDTV.

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini Supaya Kulit Tidak Berjerawat

3. Menyebabkan Jerawat

efek samping minum thai tea-jerawat

Foto: Orami Stock Photos

Efek samping minum thai tea lainnya adalah kandungan susunya yang dapat menyebabkan kondisi jerawat jika dikonsumsi tidak dalam batas wajar.

Dalam jurnal Nutrients, disebutkan bahwa asupan susu atau produk susu apa pun, terlepas dari jumlah atau frekuensinya, dikaitkan dengan rasio kemungkinan lebih tinggi terbentuknya jerawat pada individu usia 7-30 tahun.

Karena itu, ketimbang minum thai tea, alangkah baiknya memilih camilan lebih sehat dengan makan lebih banyak buah dan sayuran, dan hindari makanan olahan yang kaya gula dan tepung.

Baca Juga: Perut Kembung dan Keras pada Anak, Apakah Akibat Makanan?

4. Perut Menjadi Kembung

efek samping minum thai tea-kembung

Foto: Orami Stock Photos

Bila Moms merasa kembung, coba periksa kembali apa yang telah dikonsumsi. Bisa jadi, karena sering mengonsumsi thai tea. Kafein pada teh dalam thai tea dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang.

Dr. Anju Sood, ahli gizi di Bangalore, menjelaskan, "Kelebihan konsumsi teh dapat menyebabkan dehidrasi yang memerlukan retensi air yang tidak diinginkan. Karena itu, Anda mungkin merasa kembung."

Jika ingin minum thai tea, Moms bisa mengurangi asupan gula, dan tidak perlu menambahkan topping untuk mengurangi asupan kalori. Hal ini dapat mengurangi risiko efek samping minum thai tea.

Artikel Terkait