KESEHATAN
12 Desember 2019

5 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Daun Afrika bisa mengobati penyakit peradangan seperti demam karena infeksi tertentu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daun Afrika, atau dikenal sebagai Vernonia amygdalina (VA) adalah obat herbal yang memiliki ragam manfaat kesehatan.

Daun Afrika merupakan daun dari pohon kecil yang dapat mencapai ketinggian 10 meter dengan diameter batang mencapai 40 cm.

Mengutip Glob in Med, daun Afrika telah digunakan sebagai ramuan tradisional yang dapat mengatasi beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, hipertensi, dan hiperkolesterolemia.

Baca Juga: 7 Manfaat Mangga untuk Kesehatan

Cara Mengekstrak Daun Afrika

Untuk bisa menggunakan daun Afrika sebagai obat herbal, Moms perlu mengekstraknya terlebih dahulu, dengan cara sebagai berikut:

  1. Daun yang matang perlu dicuci secara menyeluruh hingga bersih
  2. Masukkan ke blender atau juicer dengan air biasa. Blender hingga tergiling rata.
  3. Kemudian, menggunakan saringan ketat atau kain tipis, saring ekstraknya.
  4. Ekstrak daun Afrika pun siap untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Daun Afrika untuk kesehatan

Dalam Indonesian Journal of Tropical and Infectious Disease, disebutkan daun VA digunakan sebagi terapi antimikroba karena berbagai kandungan yang berperan penting dalam mengubah sistem imun pada infeksi bakteri.

Mengutip dari HealthGuide.ng, berikut ini manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Obat Diabetes

Tanda Diabetes

Manfaat daun afrika untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai obat diabetes. Daun Afrika membantu menurunkan gula darah dengan merangsang penggunaan glukosa dalam tubuh, dan mencegah produksi glukosa melalui proses yang disebut "glukoneogenesis."

Daun Afrika juga bermanfaat karena membantu mengurangi kerusakan ginjal dan dapat mengembalikan fungsi ginjal pada penderita diabetes.

2. Mengurangi Sakit Perut

Haid Buruk dan Sakit Perut

Manfaat daun afrika untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi sakit perut. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit perut, termasuk gangguan pencernaan setelah makan, kram menstruasi, intoleransi laktosa, hernia perut, atau pankreatitis.

Daun Afrika mengandung khasiat tertentu yang membantu meredakan sakit perut. Daun ini bahkan sering digunakan di Nigeria sebagai obat kuat dan efektif meredakan sakit perut.

Untuk mengobati sakit perut, cukup dengan mengunyah batangnya yang lembut, kemudian ditelan. Bisa juga dengan mengekstraknya, dan menambahkan sejumput garam.

3. Melawan Pneumonia

pneumonia6.jpg

Manfaat daun afrika untuk kesehatan yang pertama adalah melawan pneumonia. Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas, demam, menggigil, batuk berdahak, dan lainnya. Infeksi ini sering disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.

Daun Afrika mengandung beberapa sifat ampuh yang dapat membantu memerangi kondisi pneumonia dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cukup buat ekstrak daun Afrika segar, dan simpan di tempat dingin. Minum satu gelas penuh sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga: Kenali dan Cegah Pneumonia Pada Anak

4. Mengobati Kanker Prostat

prostat1.jpg

Manfaat daun afrika untuk kesehatan yang pertama adalah mengobati kanker prostat. Kanker prostat sering disertai dengan buang air kecil yang menyiksa. Ini merupakan jenis kanker yang sebagian besar terjadi di antara pria berusia 40 tahun ke atas.

Daun Afrika sangat efektif untuk mengatasi penyakit kanker prostat. Cukup mengonsumsi daun pahit, dapat meningkatkan aliran urin, sekaligus mengurangi rasa sakit.

Rutin minum satu gelas penuh empat kali sehari. Setelah meminum ekstrak daun Afrika mungkin akan sering buang air kecil, ini adalah bagian dari proses pembersihan.

5. Mengobati Peradangan

demam saat hamil-1.jpg

Manfaat daun afrika untuk kesehatan yang pertama adalah mengobati peradangan. Daun Afrika digunakan untuk mengobati penyakit radang seperti demam karena malaria, hepatitis, dan infeksi parasit kulit seperti kudis.

Akar daun Afrika bisa digunakan untuk mengobati penyakit menular seksual, sedangkan kulit batangnya bisa meredakan demam karena infeksi pada tubuh.

Selain itu, dengan mengoleskan ekstrak daun Afrika pada luka terbuka, dapat membantu menyembuhkan luka dengan sangat cepat.

Itu dia, beberapa manfaat daun Afrika untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

Artikel Terkait