FASHION & BEAUTY
4 Januari 2019

Meskipun Banyak Manfaatnya, Bolehkah Sheet Mask Dipakai Setiap Hari?

Salah satu manfaat sheet mask adalah meningkatkan kelembapan kulit
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Perawatan wajah kini sudah makin bervariasi dan mudah, termasuk juga dalam menggunakan masker.

Kalau dulu mungkin Moms harus meluangkan waktu lebih untuk meracik masker dari bubuk, kini ada masker yang kerap disebut dengan ‘sheet mask’ yang mudah dan praktis.

Meski memiliki banyak manfaat, namun apakah masker ini aman bila digunakan setiap hari? kita simak ulasannya yuk, Moms:

Manfaat Sheet Mask

shutterstock 796425958

Sebagai bentuk perawatan wajah, tentu sheet mask memiliki banyak manfaat untuk wajah. Manfaat sheet mask ini sebenarnya tergantung pada jenis yang digunakan.

Salah satu manfaat sheet mask yang mengandung moisturizer adalah meningkatkan kelembapan kulit, khususnya bagi Moms yang memiliki kulit kering.

Selain moisturizer, ada pula sheet mask yang memiliki manfaat untuk hydrating, dimana masker ini mampu meningkatkan kadar air dalam kulit dan mengandung aloe vera.

Bagi Moms yang mengalami penurunan kadar minyak pada wajah, sheet mask yang berjenis nourishing akan dapat membantu bahkan lebih baik dari yang mengandung moisturizer. 

Lain lagi halnya dengan yang memiliki wajah kusam dan lelah, pilihlah sheet mask yang berjenis revitalizing, dimana sheet mask ini memiliki manfaat untuk menyejukkan dan mencerahkan wajah secara optimal.

Baca Juga : 7 Sheet Mask Korea di Bawah 30 Ribu untuk Atasi Wajah Kering

Pilihan lainnya adalah sheet mask yang memiliki manfaat brightening atau mencerahkan kulit wajah. Tak hanya mencerahkan, sheet mask ini mampu menghilangkan noda hitam di wajah,lho.

Selanjutnya ada yang jenisnya purifying, dimana jenis sheet mask ini memiliki fungsi mengangkat kotoran dari wajah. Sheet mask jenis ini cocok digunakan bagi Moms yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Terakhir, bagi yang merasa kulit sudah mulai kendur cobalah yang berjenis firming. Masker ini dapat membuat wajah terasa kencang.

Meski demikian, jangan menggunakan sheet mask firming terlalu lama karena serum yang sudah menempel di wajah bisa terserap kembali ke dalam sheet mask.

Baca Juga : Weekly Routine Merawat Kecantikan Wajah

Bolehkah Sheet Mask Digunakan Tiap Hari?

shutterstock 686282074

Penggunaan sheet mask memang umumnya dilakukan setiap hari, khususnya pada para perempuan Korea.

Namun demikian, jenis kulit setiap perempuan tentulah berbeda. Amannya, penggunaan sheet mask ini tidak dilakukan setiap hari. Mengapa?

Karena di dalam sheet mask umumnya mengandung pewangi dan pengawet. Terutama bagi Moms yang memiliki kulit sensitif, maka wewangian yang terkandung di dalam sheet mask malah akan membuat kulit iritasi.

Bukan berarti Moms jadi tak bisa menggunakan sheet mask, boleh saja asalkan tak berlebihan seperti 2-3 kali dalam seminggu.

Namun kembali lagi semua tergantung pada jenis kulit masing-masing, jika dirasa aman untuk digunakan setiap hari ya sah saja bila ingin menggunakannya.

(MDP)

Artikel Terkait