RUPA-RUPA
10 Oktober 2020

Mimpi Istri Menikah Lagi, Apa Artinya?

Istri menikah lagi dalam mimpi, apa memang ada artinya atau hanya bunga tidur?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Mimpi adalah bunga tidur yang seringkali terlupakan saat terbangun.

Tetapi, ketika mimpi tersebut cukup memancing emosi, seperti perasaan sedih, kaget, takut, ataupun senang, mimpi tersebut biasanya membekas di ingatan bahkan setelah bangun.

Salah satu mimpi yang bisa membuat gelisah adalah mimpi istri menikah lagi. Apakah Dads pernah mengalaminya?

Mimpi Istri Menikah Lagi

Sebelum membahas hal ini, mari sedikit memahami mengapa manusia bermimpi.

Dalam wawancaranya dengan The Verge, Alice Robb menuturkan salah satu teori evolusi psikologi yang cukup populer, dipercaya bahwa mimpi memiliki fungsi agar manusia dapat bertahan hidup dengan memberikan simulasi.

Mimpi memberikan Dads kesempatan untuk berlatih ketika merasa stres di kehidupan nyata.

Mari kita cari tahu apa arti di balik mimpi istri menikah lagi.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Teman Meninggal, Ternyata Tidak Selalu Menyedihkan

1. Latihan Psikologis

Mimpi istri menikah lagi mungkin adalah simulasi

Foto: freepik.com

Mengacu pada teori manusia bermimpi sebagai simulasi, hal ini tentu dapat menjelaskan mengapa sebagian besar mimpi merupakan hal yang negatif.

Misalnya saja, mimpi istri menikah lagi, tentunya Dads tidak ingin hal ini benar terjadi di kehidupan nyata, bukan?

Mimpi istri menikah lagi mungkin saja muncul sebagai simulasi agar Dads dapat merasa siap menghadapi hal yang tidak terduga.

Mimpi buruk ini dapat memberikan Dads gagasan, agar ketika terbangun, Dads siap untuk menghadapi hal buruk yang terjadi dalam mimpi, dan mencegah hal ini terjadi sungguhan di kemudian hari.

2. Sedang Mengeluarkan Emosi

Mimpi untuk mengeluarkan emosi yang menumpuk

Foto: freepik.com

Mimpi membantu kita memproses emosi yang terpendam dengan membangun memori yang terkait. Dalam konteks ini, Dads mimpi istri menikah lagi, apa artinya?

Manusia akan bermimpi saat memasuki fase tidur REM (rapid eye movement). Saat fase ini, mata manusia yang sedang terpejam akan terlihat bergerak-gerak secara aktif.

Dalam A Role for REM Sleep in Recalibrating the Sensitivity of the Human Brain to Specific Emotions menemukan kurangnya waktu fase tidur REM pada malam hari, dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memahami emosi yang kompleks yang muncul sehari-hari, sebuah kecerdasan esensial yang diperlukan manusia untuk fungsi sosial.

Apa yang kita lihat dan alami di dalam mimpi, memang tidak nyata, namun emosi yang muncul dari peristiwa dalam mimpi adalah nyata.

Cerita dalam mimpi, seperti mimpi istri menikah lagi, pada dasarnya mencoba untuk mengeluarkan emosi dari pengalaman tertentu dengan menciptakan sebuah memori.

Mimpi istri menikah lagi tentunya akan membuat Dads merasa terkejut, sedih, marah, kecewa, dan emosi negatif lainnya keluar saat itu. Setelah dikeluarkan dalam mimpi, diharapkan emosi ini tidak lagi aktif.

Mekanisme ini memenuhi sebuah peranan penting, karena bila emosi tidak diproses, terutama emosi negatif, dapat meningkatkan kecemasan dan kekhawatiran personal.

Baca Juga: Ini Arti Mimpi Terbang, Lebih dari Ingin Merasa Bebas

3. Ada Pihak Ketiga yang Mungkin Mengganggu

Bermain gadget sebelum tidur dapat mengurangi keintiman dan memicu mimpi istri menikah lagi

Foto: freepik.com

Mimpi istri menikah lagi mungkin dapat menjadi pertanda bahwa Dads benar-benar merasakan cinta yang kuat dan takut kehilangan Moms.

Ditandai dengan mimpi istri menikah lagi, menunjukkan bahwa hubungan Moms dan Dads mungkin sedang diselingi pihak ketiga.

Hal ini tidak berarti ada orang lain dalam hubungan pernikahan, juga tidak berarti bahwa pasangan sedang mendapatkan kesenangan di tempat lain.

Alam bawah sadar Dads akan memperingatkan bahwa ada sesuatu yang mengganggu hubungan dan mengurangi waktu kebersamaan kalian.

Misalnya saja, terlalu banyak kerja lembur, tidak acuh sebelum tidur karena asyik berselancar di media sosial, atau lain-lain.

Ambillah waktu sejenak berdua, untuk berpikir dengan tenang dan berdiskusi bersama pasangan untuk sama-sama mencari sumber masalah utamanya, sekaligus meningkatkan jumlah quality time.

4. Takut Ditinggalkan Pasangan

Mimpi istri menikah lagi mencerminkan ketakutan

Foto: freepik.com

Tidak seperti mimpi dikejar-kejar monster atau orang gila, mimpi istri menikah lagi adalah kejadian yang dapat benar-benar terjadi. Inilah yang menjadikan mimpi ini membekas dan begitu menakutkan.

Jika dalam mimpi Dads merasa takut, mimpi ini dapat menjadi tanda bahwa Dads sedang merasa kurang memiliki kekuatan dalam hubungan, terutama jika tema mimpi seperti ini terjadi beberapa kali.

Dads dapat mencoba berkomunikasi dengan Moms untuk berdiskusi soal pengambilan keputusan untuk mencegah mimpi ini terjadi kembali.

Namun, jika mimpi istri menikah lagi membuat Dads merasa sedih, mungkin Dads sedang merasa takut ditinggalkan oleh Moms.

Jika hal ini cukup mengganggu pikiran, cobalah untuk mengkaji ulang alasan mengapa Dads merasa Moms akan meninggalkan hubungan.

Cobalah juga untuk menceritakan mimpi kepada Moms untuk mengetahui apakah Moms memiliki ketakutan yang sama.

Baca Juga: Ini Nih 8 Mimpi yang Jadi Pertanda Akan dapat Rezeki Melimpah

5. Merasa Hubungan Tidak Aman

Stres dapat memicu mimpi istri menikah lagi

Foto: freepik.com

Kemungkinan lain dari arti mimpi istri menikah lagi, yaitu Dads sedang merasa kurang pantas bersanding dengan Moms atau tidak dapat memenuhi kebutuhannya.

Misalnya saja, Dads baru didiagnosis ketidaksuburan, pemotongan gaji oleh kantor, dan lain sebagainya.

Perasaan Dads yang sedang merasa tidak dalam posisi yang aman ini dapat memicu ketakutan bahwa Moms tidak dapat menerima Dads apa adanya.

Dads mungkin juga merasa takut bahwa pasangan berharap Dads dapat berubah dari segi fisik atau psikologis.

Rasa rendah diri ini membuat Dads berpikir bahwa Dads tidak pantas dan membuat Moms menikah lagi dengan orang lain.

Sebaiknya ketika rasa percaya diri Dads sedang runtuh, atau ada masalah yang membuat Dads takut Moms berubah perasaannya, cobalah untuk mengutarakan perasaan dan kekhawatiran ini.

Emosi negatif seperti ini dapat memicu konflik sungguhan apabila dipendam terus-menerus. Yakinlah, bahwa mimpi istri menikah lagi tidak perlu terjadi dalam dunia nyata.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Mengatasi Mimpi Buruk

Menulis jurnal mimpi salah satu cara mengurangi mimpi buruk

Foto: freepik.com

Mimpi buruk seperti mimpi istri menikah lagi, dapat memunculkan perasaan kecemasan terus menerus.

Perasaan cemas membuat tubuh merasa stres dan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Cara mengatasi ketakutan dan kecemasan yang efektif adalah dengan membicarakannya agar membuat perasaan lebih lega.

Membicarakan tentang mimpi buruk dengan pasangan juga dapat membuka jalan untuk berdiskusi tentang ketakutan, kekhawatiran, serta kebutuhan fisik dan emosional yang sebelumnya tertutup atau tidak diketahui karena terkubur di alam bawah sadar.

Jika mimpi buruk masih berlanjut, cobalah untuk membuat jurnal atau catatan mimpi segera setelah bangun dan sebelum tidur.

Caranya, catatlah mimpi segera dan sebanyak-banyaknya detail yang teringat. Kemudian, cobalah untuk menulis kembali seperti apa mimpi itu seharusnya berjalan. Cara ini mungkin perlu beberapa kali pengulangan hingga akhirnya dapat bekerja.

Sebelum tidur, Dads juga dapat mencoba menulis kembali apa yang Dads cintai dari Moms atau hal apa saja yang membuat Dads bersyukur. Cara ini dapat mengurangi perasaan tidak aman yang memicu mimpi buruk.

Baca Juga: Insomnia Tingkatkan Risiko Gagal Jantung, Benarkah?

Apabila mimpi buruk membuat kualitas tidur Dads terganggu, bahkan mengalami gangguan tidur seperti insomnia, sebaiknya Dads berkonsultasi dengan ahli.

Kualitas tidur yang buruk dapat berakibat mengganggu kesehatan dan fungsi organ jika dibiarkan begitu saja.

Artikel Terkait