BAYI
14 Februari 2020

Minum Antibiotik Saat Menyusui, Berdampakkah Pada Si Kecil?

Antibiotik bisa masuk ke dalam ASI
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selama masa menyusui, berbagai situasi dapat muncul yang kemudian mengharuskan Moms untuk minum antibiotik tertentu.

Tetapi, apakah aman minum antibiotik saat menyusui? Pasalnya, seperti yang Moms ketahui, semua yang Moms konsumsi nantinya akan diteruskan kepada Si Kecil melalui ASI.

Penggunaan Antibiotik dan Menyusui

Minum Antibiotik Saat Menyusui, Berdampakkah Pada Si Kecil? 1

Foto: womanandhome.com

Mengutip American Academy of Pediatrics (AAP), antibiotik adalah salah satu obat yang paling umum diresepkan pada ibu menyusui dan secara keseluruhan dapat masuk ke ASI dalam kadar tertentu.

Umumnya, jika antibiotik diresepkan atau diberikan langsung ke bayi baru lahir atau prematur, maka dapat dikatakan bahwa antiobiotik itu aman untuk diminum selama menyusui.

Baca Juga: Apa Obat Antibiotik yang Aman untuk Ibu Hamil?

Efek Samping Yang Mungkin Terjadi Pada Bayi ASI

Minum Antibiotik Saat Menyusui, Berdampakkah Pada Si Kecil? 2

Foto: abottfamily.com.sg

“Efek samping potensial pada bayi ASI yang ibunya mengonsumsi antibiotik seperti penisilin, sefalosporin, maklorida, dan aminoglikosida adalah perubahan flora dalam usus mereka. Hal ini dapat menyebabkan feses bayi menjadi lunak hingga diare pada bayi, tetapi efek samping ini bersifat sementara,” kata Dr. Judith Reichman, seorang obstetri dan ginekolog di Baverly Hills, California, seperti dikutip dari Today.com.

Sementara sebuah studi yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) menemukan bahwa selain perubahan flora dalam usus, bayi ASI yang ibunya minum antibiotik saat menyusui mungkin mengalami efek langsung, yang mungkin terkait atau tidak dengan dosis tertentu.

Baca Juga: Resistensi Antibiotik, Risiko Jika Tidak Menghabiskan Obat Antibiotik

Efek lainnya yang juga disebutkan dalam penelitian tersebut termasuk terjadinya perubahan dan gangguan terhadap kultur mikrobiologis, yang mengakibatkan bayi mengalami sepsis (peradangan serius di seluruh tubuh akibat infeksi).

Terutama jika Moms mengonsumsi antibiotik secara sembarangan dan tanpa resep dokter.

Tidak Semua Antibiotik Aman Untuk Ibu Menyusui

Minum Antibiotik Saat Menyusui, Berdampakkah Pada Si Kecil? 3

Foto: cedars-sinai.org

Meskipun telah disebutkan di atas bahwa kebanyakan antibiotik aman diminum saat menyusui, ada jenis antibiotik tertentu yang harus dihindari oleh ibu menyusui.

“Salah satu jenis antibiotik yang biasanya dihindari selama menyusui adalah Kuinolon (Quinolone), karena beberapa bukti telah dikaitkan dengan kerusakan tendon ketika diberikan kepada orang dewasa,” tulis Carl Weiner, M.D., Profesor Obstetri dan Ginekologi di University of Kansas School of Medicine, dalam sebuah artikel kesehatan yang diterbitkan oleh Baby Center.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu Kapan Anak Butuh Antibiotik, Begini Caranya

Dr. Carl Weiner menambahkan bahwa beberapa antibiotik, seperti yang ada di kelas tetrasiklin (tetracycline), dianggap tidak aman selama kehamilan karena dapat secara permanen merusak gigi janin yang sedang berkembang. Tapi kuncup gigi sudah terbentuk pada saat bayi lahir, jadi tetrasiklin tidak lagi dianggap berbahaya.

Mintalah bantuan dokter untuk memilih antibiotik yang aman diminum saat menyusui. Jangan lupa, tanyakan pula mengenai risiko dan manfaat dari setiap antibiotik yang diresepkan. Bagaimanapun, antibiotik bukanlah obat yang dapat dikonsumsi sembarangan, terutama jika Moms ingin minum antibiotik saat menyusui.

Artikel Terkait