KESEHATAN
7 Juli 2020

Minum Kopi Bisa Memperburuk Nyeri Haid, Benarkah?

Minum kopi disebut-sebut bisa memperparah nyeri haid. Benarkah demikian?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Kopi menjadi minuman yang saat ini semakin populer di kalangan masyarakat. Maraknya bisnis kopi susu kekinian membuat Moms bisa saja menjadi salah satu penggemar kopi.

Harvard Health Publishing mencatat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan minum kopi, seperti menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit parkinson, dan sirosis.

Hal tersebut bisa didapatkan ketika minum kopi dalam batasan yang wajar, yaitu tiga hingga empat cangkir per hari.

Baca Juga: 4 Cara Meringankan Gejala Nyeri Haid yang Tak Tertahankan

Namun, ketika Moms sedang haid, kopi menjadi minum yang kerap dihindari. Kopi disebut mampu memperburuk nyeri saat haid. Benarkah demikian? Ini ulasannya.

Dampak Minum Kopi saat Haid

Dietary Guidelines Advisory Committee pada tahun 2015 memang sudah menyebutkan bahwa minum kopi secara moderat dapat dimasukkan ke dalam pola makan sehat. Namun, faktanya, saat sedang haid sebaiknya Moms menghindari minum kopi.

Kandungan utama dalam kopi adalah kafein yang nyatanya bisa memperburuk nyeri saat haid. Mengapa demikian? Simak beberapa alasannya berikut ini:

1. Kopi Mengganggu Pencernaan saat Haid

minum kopi saat haid-1.jpg

Foto: freepik.com

Tak dapat dipungkiri, salah satu nyeri yang dialami saat haid adalah sistem pencernaan yang terganggu.

Hal ini disebabkan oleh hormon prostaglandin yang dikeluarkan selama proses menstruasi yang akhirnya membuat usus dapat berkontraksi. Untuk itu, Moms kerap mengalami gangguan sistem pencernaan saat haid.

"Pergerakan usus dapat berubah dengan kadar hormon yang berbeda. Hal ini yang menyebabkan wanita mengalami kram perut hingga diare atau sembeli pada tiga hari pertama haid," kata Francisco J. Marrero, MD, ahli gastroenterologi di Louisiana.

Jika Moms terlalu banyak minum kopi saat haid, maka hal ini bisa memperparah gangguan pencernaan yang sudah terjadi.

Kafein adalah stimulan yang dapat mempercepat proses tubuh seperti pencernaan. Untuk itu, kafein justru dapat memperburuk kram perut atau diare yang terjadi saat menstruasi.

Baca Juga: 4 Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid

2. Perut Kembung

minum kopi saat haid-2.jpg

Foto: freepik.com

Hal yang juga terjadi saat haid adalah Moms merasa perut kembung. Minum kopi bisa memperburuk gejala tersebut, terlepas dari jenis kopi yang Moms minum.

“Kopi dalam bentuk apa pun dapat menyebabkan eksitasi berlebihan pada saluran pencernaan dan menstimulasi kejang pada usus yang akhirnya membuat perut terlihat kembung,” ungkap Dr. Roger Gebhard, ahli gastroenterologi.

Jika Moms minum kopi dan dicampur dengan gula atau sirup, maka hal ini semakin memperburuk perut kembung yang dialami.

3. Membuat Tubuh Kelelahan

minum kopi saat haid-3.jpg

Foto: freepik.com

Hal ini memang bisa menjadi perdebatan, namun American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) sudah merekomendasikan, apabila Moms kerap mengalami PMS maka sebaiknya menghindari mengonsumsi kafein, salah satunya adalah kopi.

Asupan kafein disebut mampu memperburuk gejala yang ditimbulkan saat PMS, seperti perubahan suasana hati yang begitu cepat, sering merasa cemas dan khawatir, serta tubuh kelelahan.

Disebutkan bahwa minum kopi saat haid dapat membuat tubuh lebih mudah terasa lelah dan mood yang buruk.

Baca Juga: Nyeri Haid, Lakukan 4 Olahraga Ini

Itulah beberapa alasan sebaiknya Moms menghindari minum kopi saat haid. Semua karena kandungan yang terdapat dalam kopi.

Ingat, Moms, kafein tidak hanya terdapat dalam secangkir kopi melainkan juga teh, cokelat, dan minuman soda.

Jika kram perut saat menstruasi terasa begitu mengganggu, Moms bisa minum air putih hangat untuk meredakannya atau minum green tea yang mengandung lebih sedikit kafein.

Artikel Terkait