KESEHATAN
17 Oktober 2019

Minum yang Banyak, Ini Khasiat Air Mineral untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Air mineral telah dilengkapi dengan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak manfaatnya, Moms. Cek sendiri!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Air merupakan elemen penting untuk kesehatan yang kebutuhannya pada setiap orang. Penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Misalnya, anak-anak yang berusia 5-13 tahun idealnya minum kisaran 5-8 gelas dalam sehari, sedangkan pria dan wanita dewasa, idealnya minum sekitar 10-15 gelas dalam sehari.

Selain air biasa, air mineral punya banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja ya manfaatnya? Yuk kita lihat, Moms!

Baca Juga: Ini Manfaat Hebat Air Mineral untuk Tubuh

Memenuhi Kebutuhan Mineral Tubuh

olahraga.jpg

Dalam sebuah penelitian, manfaat minum air mineral dapat mencegah penyakit pembuluh darah, misalnya hipertensi dan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah, akibat kekurangan nutrisi magnesium yang dimiliki pada air mineral.

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga perlu dukungan asupan air mineral yang mengandung berbagai mineral untuk dicampur dengan makanan setelah melewati usia enam bulan. “Kalau tidak ada air mineral, usahakan untuk menjaga kualitas air yang bersih dan matang agar tidak berisiko buruk pada pertumbuhan bayi,” kata Dr Wuang Shy Chyi, Kepala Teknologi Air di Sekolah Ilmu Terapan Politeknik Temasek.

Oh iya Moms, kandungan kalsium dalam air mineral penting untuk kesehatan tulang dan otot secara keseluruhan. Lalu ada magnesium yang membantu tubuh mengatur gula dan tekanan darah. Selain itu terdapat pula kandungan bikarbonat yang membantu menetralkan asam lambung, mineral sulfat dan klorida yang bermanfaat untuk saluran pencernaan termasuk hati dan empedu, hingga fluoride untuk tulang, dan zat besi yang penting untuk mencegah anemia.

“Buat Anda yang memiliki hipertensi, sebaiknya memilih air mineral dengan kadar natrium rendah, sedangkan mereka yang memiliki aktivitas fisik tinggi, bisa memilih yang tinggi natrium untuk mengganti elektrolit yang hilang,” jelas Dr Chyi.

Baca Juga: Air Demineral dan Air Mineral Bagi Tubuh, Mana Lebih Baik?

Bagaimana Kalau Kita Kurang Mineral

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Gejala Apa 3.jpg

Air non-mineral seperti air keran atau air sulit, tidak dianggap sebagai air minum ideal, sebab tidak memiliki bahan mineral penting di dalamnya. Padahal sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini kemudian sangat memengaruhi angka penderita penyakit jantung dan pembuluh darah.

Beberapa dampak lain dari kekurangan mineral, seperti:

  • Risiko patah tulang yang lebih tinggi pada anak-anak.
  • Memicu penyakit neurodegeneratif tertentu.
  • Peningkatan risiko kematian mendadak.
  • Risiko penyakit saraf motorik yang lebih tinggi.

Kekurangan mineral juga memicu beberapa jenis kanker dan gangguan kehamilan. Misalnyai preeklamsia, yaitu sebuah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan pada sistem organ lain, terutama hati dan ginjal.

Baca Juga: Mineral Sebagai Mikronutrien untuk Wanita Hamil

Nah, Moms. Ternyata, penting sekali asupan air mineral untuk tubuh Moms, ya? Jadi, jangan sepelekan manfaat air minum mineral untuk tubuh, minum yang banyak.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait