COVID-19
4 Agustus 2020

5 Fakta Minuman Herbal Antibodi Covid Buatan Hadi Pranoto

Hadi menyebut bahwa obat herbal bikinannya itu telah berhasil menyembuhkan ribuat pasien COVID-19.
placeholder

Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah, shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Nama Hadi Pranoto kian santer terdengar setelah dirinya mengklaim menemukan obat herbal untuk membunuh virus COVID-19 hanya dalam beberapa hari.

Tak hanya itu, Hadi yang memperkenalkan dirinya sebagai profesor, pakar mikrobiologi, dan Kepala Tim Riset Formula Antibodi COVID-19 ini juga tampil dalam channel Youtube musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji pada Jumat, (31/7/2020).

Dalam video berjudul 'Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!' itu, Hadi menyebut bahwa obat herbal bikinannya itu telah berhasil menyembuhkan ribuat pasien COVID-19 dan didistribusikan ke Pulau Jawa, Bali, hingga Kalimantan.

Baca Juga: Kronologi Anji dan Hadi Pranoto Dipolisikan Terkait Video Obat Corona

Fakta tentang Obat Herbal Hadi Pranoto

Penemuan obat herbal Hadi Pranoto ini menuai kontroversi.

Banyak yang menilai bahwa informasi dan klaim Hadi menyesatkan hingga meresahkan masyarakat.

Bahkan kini, Hadi Pranoto dan Anji telah dilaporkan polisi oleh Cyber Indonesia karena dianggap memberikan informasi tidak jelas.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat herbal buatan Hadi, berikut fakta-faktanya.

1. Kandungan Obat Herbal Buatan Hadi Pranoto

fakta minuman herbal antibody covid buatan hadi pranoto

Foto: Antara/Arif Frimansyah

Dalam wawancaranya di channel Youtube Anji, Hadi memaparkan bahwa ramuan herbal tersebut dibuat menggunakan bahan-bahan asli Indonesia.

Hadi juga menjelaskan bahwa obat tersebut merupakan campuran dari buah-buahan yang kemudian diuraikan dengan bakteri dan menghasilkan senyawa yang bisa membunuh COVID-19.

"Ini adalah senyawa sirsak kemudian manggis, kelapa, gula aren dan beberapa campuran lainnya ditambah penguraian teknologi bakteri biologi tanah," ucap Hadi dalam video wawancara tersebut.

Hadi memilih buah-buahan, air dan tanah karena menurutnya kehidupan manusia berasal dari tiga unsur tersebut.

Selain itu, tubuh manusia terdiri dari air, sehingga Hadi menggabungkan ketiga unsur ini menjadi obat herbal.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh F.MIPA Universitas Brawijaya berjudul Pengaruh Buah Manggis, Buah Sirsak dan Kunyit terhadap Kandungan Radikal Bebas pada Daging Sapi yang Diradiasi dengan Sinar Gamma, menjelaskan bahwa buang manggis dan sirsak memang mengandung antioksidan dan bisa memperkuat sistem imun tubuh.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebut bahwa buah-buahan tersebut bisa menangkal virus Corona.

2. Klaim Berhasil Menyembuhkan Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

fakta minuman herbal antibody covid buatan hadi pranoto

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam wawancaranya bersama Anji, Hadi Pranoto mengklaim bahwa ramuan herbal buatannya telah berhasil menyembuhkan ribuan pasien COVID-19 di Wisma Atlet.

"Alhamdulillah sudah ribuan orang yang kita sembuhkan. Yang sudah terinfeksi maupun masih gejala, dan juga pencegahan, sudah kita berikan herbal Antibodi Covid-19 ini. Alhamdulillah semuanya sembuh dan sehat," kata Hadi dalam video.

“Kalau di Jakarta, iya, kita sebagian di Wisma Atlet. Kita kemarin menyuplai untuk pengobatan dan penyembuhan pasien yang ada di Wisma Atlet,” lanjut Hadi.

Terkait hal itu, Kepala Kesehatan Komando Daerah Militer Jayakarta (Kakesdam Jaya) Kolonel Ckm Donny Guntur selaku Koordinator Operasional di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet membantah bahwa pihaknya telah menyuplai obat dari Hadi Pranoto. Dirinya juga mengaku selama ini tidak mengenal maupun berhubungan dengan Hadi.

Baca Juga: Kontroversi Video Wawancara Anji dan Hadi Pranoto, Sesat?

3. Klaim Bisa Membunuh Virus dalam 3 Hari

fakta minuman herbal antibody covid buatan hadi pranoto

Foto: Youtube.com/Dunia Manji

Selain itu, dalam wawancara dengan Anji itu, Hadi juga mengklaim bahwa obat herbal miliknya bisa menyembuhkan pasien COVID-19 dalam waktu 3 hari.

Menurut Hadi, saat pasien meminum obat herbal racikannya, maka antibodi dalam tubuh akan bekerja maksimal dan menjadi lebih kuat melawan COVID-19 dengan tingkat keberhasilan 100%.

Terkait klaim tersebut, Ahli biologi molekuler independen, Ahmad Utomo, meminta masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh dengan klaim yang belum teruji secara klinis maupun obat-obat herbal yang belum terdaftar di BPOM.

Selain itu, dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD pun memastikan bahwa informasi terkait serum antibodi berupa ramuan herbal yang klaim bisa menyembuhkan COVID-19 adalah hoax.

"Saya telah menyaksikan seluruh tayangan dan saya mengatakan ini adalah informasi menyesatkan. Dalam kedokteran untuk menentukan apakah suatu terapi atau pengobatan efektif dalam menyembuhkan penyakit harus melalui serangkaian uji klinis," kata dr Dirga dalam video yang dibagikannya di akun Twitter pribadinya.

Baca Juga: Berita Baik, Obat Antivirus COVID-19 Mulai Masuk Uji Coba Tahap Tiga

4. Penelitian Dilakukan Sejak Tahun 2000

fakta minuman herbal antibody covid buatan hadi pranoto

Foto: Youtube.com/Dunia Manji

Hadi Pranoto juga mengaku bahwa dirinya telah melakukan penelitian terkait serum antibodi COVID-19 ini sejak tahun 2000 bersama tim risetnya yang hingga kini masih dirahasiakan.

Menanggapi hal itu, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengungkapkan bahwa Hadi tidak menjadi anggota maupun ketua dalam konsorsium tim peneliti herbal imunomodulator COVID-19 oleh Kemenristek BRIN.

5. Mengatakan Virus Corona Mati dalam Suhu 350 Derajat

fakta minuman herbal antibody covid buatan hadi pranoto

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam wawancaranya bersama Anji, Hadi Pranoto menyebut bahwa virus Corona hanya bisa mati di suhu 350 derajat Celcius.

Padahal, menurut penelitian yang dilakukan oleh Biorxiv berjudul Evaluation of heating and chemical protocols for inactivating SARS-CoV-2, dijelaskan bahwa virus Corona bisa mati pada suhu 92 derajat Celcius dalam waktu 15 menit.

Itulah fakta mengenai minuman antibodi COVID-19 buatan Hadi Pranoto. Moms, saring info dengan lebih hati-hati, ya!

Artikel Terkait