BAYI
31 Agustus 2020

Minyak Kutus Kutus untuk Bayi, Apa Saja Manfaatnya?

Yuk kenali lebih jauh tentang manfaat, penggunaan, keamanan hingga efek samping minyak kutus kutus untuk bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms Adeka dalam forum Orami membagikan review pemakaian minyak kutus-kutus untuk bayi. Minyak Kutus Kutus merupakan minyak tradisional yang diproduksi di Pura Tamba Waras di Desa Bona, Kabupaten Gianyar, Bali.

Bukan kebetulan Gianyar dinyatakan sebagai kabupaten tersehat di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2013. Tapi, minyak Kutus Kutus dipercaya merupakan penolong buat Si Kecil, Dads dan juga Moms tentunya.

Ia pun berbagi pengalaman sebelum memakai minyak kutus kutus untuk bayi. ”Kalau dipijat menggunakan minyak atau salep biasanya masih terasa sakit badan dan kurang rileks. Nah, banyak teman yang review maka saya cobalah,” tulisnya.

Di samping itu, buah hati dari Moms Adeka tidak suka mengonsumsi obat. Kemudian saat mau pilek, Moms Adeka mengoleskan ke badan dan kakinya. Esoknya, ia melihat buah hatinya tidak lagi pilek begitupun Dads. ”Kalau sakit kepala diusapin pakai minyak kutus-kutus jadi ringan lagi kepalanya,” jelasnya.

Hanya saja, minus dari minyak ini lewat tulisan Moms Adeka yaitu bau jamu. Dilansir dari Kutuskutushealingoil, Minyak balur ini dibuat dari 69 jenis jejamuan asli Indonesia. Diramu oleh Servasius Bambang Pranoto dengan dasar mengalami kelumpuhan karena kecelakaan namun tak ada obat yang bisa digunakan untuk atasi urat tendon yang putus.

Produk kelahiran 2012 tersebut pun ampuh untuk mengatasi kelumpuhan yang dideritanya. Pembuatan minyak kutus kutus ini sama sekali tidak menggunakan bahan kimia.

Menurut balihealingoil.com, minyak kutus kutus untuk bayi ini dibuat dengan tanaman herbal yang diekstrak dengan minyak kelapa lalu diblend dengan minyak essensial sehingga terjadi perpaduan antara jamu dan aromaterapi.

Baca Juga: Perlukah Bayi Diolesi Minyak Telon? Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Bayi

Minyak Kutus-Kutus untuk Bayi, Foto : Orami Photo Stock

Kata "Kutus" sendiri berasal dari bahasa Bali yang berarti "delapan". Menurut filosofi kuno, angka delapan memiliki aliran tak terputus selaras dengan sifat pelepasan energi Kutus Kutus - atau '88': minyak penyembuh yang sempurna.

Lalu, apa saja manfaat minyak kutus kutus untuk bayi dikutip dari tambawaras.co?

  • Meningkatkan daya tahan tubuh bayi
  • Mengatasi kolik atau sakit perut pada bayi
  • Menenangkan bayi sehingga dapat tidur dengan nyenyak
  • Mengatasi sulit makan
  • Mencerdaskan pikiran
  • Menguatkan otot-otot
  • Mengatasi luka karena jatuh saat bermain
  • Mengatasi kelelahan anak
  • Meningkatkan konsentrasi anak

Baca Juga: Minyak Esensial, Aman untuk Kulit Bayi

Selain itu, healingoil.id juga menambahkan manfaat minyak kutus kutus untuk bayi yaitu:

1. Meredakan Demam

Kandungan serai pada minyak kutus kutus untuk bayi dipercaya mampu meredakan demam secara alami. Selain itu, serai juga dipercaya mengandung zat yang dipercaya dapat menurunkan demam dan meredakan bengkak.

Bahkan, serai juga dipercaya memperkuat folikel rambut sehingga mencegah kerontokan. Manfaat minyak kutus kutus untuk kulit kepala yang gatal dan iritasi juga berkaitan dengan kandungan serai di dalamnya. Serai dapat membunuh bakteri dan membuat rambut segar serta bebas bau.

2. Mengatasi Alergi

Manfaat minyak kutus kutus untuk bayi dipercaya selanjutnya adalah dapat mengatasi alergi. Seorang anak yang memiliki alergi kulit terhadap sistem kekebalannya menjadi sensitif terhadap zat tertentu yang disebut alergen.

Alergen dapat berupa bulu binatang, obat-obatan, makanan, atau serangga. Penting untuk diketahui, penanganan alergi sangat menentukan faktor pemicunya dan sebisa mungkin menghindari pemicunya.

3. Membantu Tidur Nyenyak

Manfaat minyak kutus kutus untuk bayi dipercaya selanjutnya adalah membantu bayi tidur nyenyak. Bayi dengan kualitas tidur yang cukup merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembangnya.

Si Kecil yang mengalami insomnia adalah hal yang biasa dihadapi orang tua. Apalagi saat buah hati merasa tidak nyaman dengan tubuhnya.

Manfaat minyak kutus-kutus pada bayi dapat membantu agar lebih nyaman dan rileks sehingga kualitas tidur Si Kecil lebih baik dan tidak rewel, tentunya aman untuk Si Kecil.

4. Mengatasi Diare

Manfaat minyak kutus kutus untuk bayi dipercaya selanjutnya adalah mengatasi diare. Moms, diare bisa menjadi masalah serius bagi Si Kecil. Diare sendiri bisa terjadi bila fese yang dikeluarkan bertekstur cair dan Si Kecil lebih sering buang air besar dari biasanya bisa tiga hingga lebih dalam waktu sehari.

Diare pada bayi yang tidak segera mendapat penanganan akan berbahaya, oleh karena itu salah satu langkah pengobatan awal yang bisa Moms lakukan sebelum berkonsultasi ke dokter, bisa memberikan minyak kutus-kutus untuk mengatasi diare yang diderita bayi.

5. Melegakan Batuk dan Pilek

Manfaat minyak kutus kutus untuk bayi dipercaya selanjutnya adalah melegakan batuk dan pilek. Moms, batuk dan pilek merupakan penyakit umum pada Si Kecil. Batuk dan pilek sendiri merupakan bentuk mekanisme tubuh dalam melawan virus dan melindungi saluran pernapasan.

Apalagi di musim pancaroba dan musim hujan yang cuaca tidak menentu, kedua penyakit ini marak menyerang bayi kita.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minyak Telon Bayi Untuk Si Kecil

Cara Pemakaian Minyak Kutus Kutus untuk Bayi

Minyak Kutus-Kutus untuk Bayi, Foto : Orami Photo Stock

Setelah mengetahui manfaatnya, berikut ini cara pemakaian minyak kutus kutus untuk bayi hampir sama dengan penggunaan produk herbal ini untuk orang dewasa, namun harus tetap diperhatikan. Lantaran, kulit bayi sensitif.

Jika orang dewasa menggunakan setiap 3-5 jam sekali untuk terapi sebuah penyakit. Maka, untuk Si Kecil hanya perlu 3 kali dalam sehari. Kenapa berjarak? Ditakutkan jika terlalu sering mendapatkan kelembaban hanya akan menimbulkan ruam.

Cara pemakaian minyak kutus kutus untuk bayi:

1. Waktu Pemakaian

Berikan minyak kutus kutus untuk bayi setelah mandi pagi dan sore, serta hendak mau tidur malam tidak perlu menambahkan dengan minyak kayu putih. Kecuali bagian yang memang biasa diberikan minyak kayu putih tetapi tidak dibalur dengan minyak kutus kutus.

2. Alur Pembaluran

Balurkan minyak kutus kutus untuk bayi secara merata pada telapak kaki dan sela-sela jari, kemudian area punggung dan sedikit di bagian daun telinga belakang. Bagian dada dan perut hanya jika dirasa diperllukan saja. Namun bisa menggunakan minyak tambahan untuk berikan rasa hangat.

3. Tunggu Meresap

Usapkan minyak kutus kutus untuk bayi secara merata hingga benar-benar meresap, setelah dirasa meresap. Balur tambahan ada dibalur di bagian tubuh yang dirasa tidak nyaman. Namun berdasarkan rekomendasi, gunakan saja minyak ini di semua bagian tubuh.

4. Pemakaian untuk Tidur Nyenyak

Pemakaian untuk tidur nyenyak yaitu oleskan minyak kutus kutus untuk bayi di bagian telapak kaki, termasuk di antara jari-jari kaki dan garis tulang punggung, dimulai dari tulang ekor hingga tengkuk.

Moms juga bisa menyalurkan minyak ke ubun-ubun, belakang telinga, leher seluruh punggung, tenggorokan, dada, perut, dan batang tubuh.

5. Cara Pakai Ketika Demam

Aplikasi untuk demam Si Kecil dengan mengoleskan minyak kutus kutus untuk bayi di bagian telapak kaki, termasuk di antara jari-jari kaki dan garis tulang punggung, dimulai dari tulang ekor hingga tengkuk.

Selain itu, Moms juga bisa menyalurkan minyak ke ubun-ubun, belakang telinga, leher seluruh punggung, tenggorokan, dada, perut, dan hidung untuk meredakan demam pada bayi.

Baca Juga: Minyak Esensial, Aman untuk Kulit Bayi

7. Penggunaan untuk Redakan Diare

Penggunaan minyak kutus kutus untuk bayi untuk diare ini dengan mengoleskan pada kaki dan jari kaki secara merata. Oleskan minyak di punggung dan sepanjang tulang punggung dari tengkuk hingga tulang ekor.

Perut, pinggang, dan perut bagian bawah dibagikan setiap 1 jam sekali. Oleskan minyak Kutus khusus di dada, pinggang dan perut bagian bawah.

8. Pengaplikasian untuk Batuk dan Pilek

Aplikasi untuk batuk dan pilek, Moms oleskan minyak kutus kutus untuk bayi di bagian telapak kaki, termasuk di antara jari-jari kaki dan garis tulang punggung, dimulai dari tulang ekor hingga tengkuk.

Moms juga dapat menggunakannya ke ubun-ubun, belakang telinga, leher dan seluruh punggung, tenggorokan, dada, perut, dan hidung.

Amankah Minyak Kutus Kutus untuk Bayi Baru Lahir?

minyak kutus kutus untuk bayi baru lahir

Foto: Orami Photo Stock

Moms, bayi baru lahir cenderung memiliki kulit yang sensitif dibanding orang dewasa. Sehingga, Moms pun disarankan untuk berhati-hati menggunakan minyak untuk menghangatkan tubuh Si Kecil, terutama yang banyak mengandung bahan kimia sehingga kerap menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi.

Menurut healingoil.id, kandungan minyak kutus-kutus terbukti aman untuk kulit Si Kecil yang baru lahir dan bayi yang berumur di atas satu bulan. Selain memberikan efek nyaman dan hangat, minyak Kutus-Kutus dapat meredakan beberapa penyakit yang umum menyerang anak Anda.

Efek Samping Minyak Kutus-Kutus untuk Bayi

minyak kutus kutus untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Secara umum, efek samping pemakaian minyak esensial yang paling sering adalah dermatitis. Yakni, kelainan kulit yang terjadi karena infeksi atau iritasi terhadap hal tertentu. Gejalanya bisa berupa gatal, kemerahan, bentol-bentol sampai dengan nyeri.

Ada beberapa jenis kulit yang cukup sensitif dengan lavender, peppermint, tea tree oil, dan ylang-ylang. Cara mengetahui apakah Si Kecil sensitif dengan dilakukan pengujian terlebih dulu yaitu memberikan sedikit minyak kutus kutus pada bayi di area kulit Si Kecil. Perhatikan efeknya, bila ada keluhan sebaiknya hindari penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga: 5 Minyak Esensial untuk Mengatasi Stretch Mark, Moms Perlu Tahu!

Meski beberapa bahan yang terkandung di dalam minyak kutus kutus untuk bayi berpotensi dapat digunakan sebagai obat herbal, namun belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan keamanannya. Sehingga, perlu dibuktikan lewat penelitian yang lebih dalam.

Ada baiknya, sebelum Moms memilih penggunaan obat herbal agar berkonsultasi pada dokter terlebih dulu untuk menghindari efek samping minyak kutus kutus untuk bayi.

Artikel Terkait