RUPA-RUPA
18 April 2020

Minyak Zaitun atau Minyak Canola, Manakah yang Lebih Baik?

Yuk kita lihat perbandingan keduanya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Orang yang sadar kesehatan sering bingung kapan harus memilih antara minyak canola dan minyak zaitun. Sementara beberapa dari mereka sangat percaya bahwa minyak canola sangat baik untuk kesehatan, yang lain tetap percaya pada keyakinan bahwa minyak zaitun jauh lebih baik.

Minyak canola adalah jenis minyak nabati yang berasal dari biji tanaman Canola (Brassica napus). Sedangkan minyak zaitun adalah minyak yang telah diekstraksi dari buah zaitun.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

Mengapa mempermasalahkan kedua minyak ini? Kenyataan menunjukan bahwa kedua minyak ini memiliki beberapa kesamaan yang mencolok karena manfaatnya bagi kesehatan. Yuk kita lihat apa manfaat kedua minyak ini.

Minyak Canola

minyak zaitun, minyak canola

Foto: healthline.com

Ada banyak anggapan tentang minyak canola dan manfaatnya. Sementara beberapa ahli berpendapat bahwa minyak ini tidak sehat untuk manusia, beberapa diantaranya mengatakan bahwa minyak ini sangat bergizi.

Pada tahun 1970-an, minyak canola diekstraksi dari tanaman lobak. Minyak yang diekstraksi ini mengandung asam erucic dalam jumlah tinggi, yang mengandung toksin tingkat tinggi. Konsumsi asam ini menyebabkan penyakit Keshan yang dapat dikaitkan dengan lesi fibrosa jantung.

Setelah tahun 1970-an, penanaman tanaman diubah secara menyeluruh. Minyak Canola tidak lagi diekstrak dari tanaman lobak, tetapi dari biji canola.

Menurut Food and Drug Administration, minyak canola saat ini tidak lagi mengandung asam erucic dalam jumlah tinggi yang berbahaya bagi manusia. Minyak ini rendah lemak jenuh dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tidak berbahaya di alam.

Baca Juga: 4 Bahaya Lemak Jenuh untuk Tubuh, Waspada!

Bahkan jurnal Evidence of Health Benefits of Canola Oil menyebutkan bahwa mengkonsumsi minyak canola mengurangi kadar kolesterol darah secara efektif. Minyak ini juga kaya akan asam lemak omega-3, yang dianggap bermanfaat untuk jantung.

Minyak Zaitun

minyak zaitun, minyak canola

Foto: Orami Photo Stock

Dibandingkan dengan minyak canola, minyak zaitun lebih populer di hampir semua bagian. Minyak ini berasal dari buah zaitun yang banyak ditemukan di wilayah Mediterania.

Minyak berwarna emas ini disukai banyak orang karena rendah kolesterol dan atribut kesehatan lainnya. Oleh karena itu, ia dengan mudah memperoleh preferensi banyak orang yang mencari opsi yang lebih sehat.

Mengkonsumsi minyak zaitun membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL dalam darah, dan meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL. Jumlah lemak dalam minyak zaitun relatif tinggi dari minyak canola, yang hanya mengandung 6% lemak jenuh.

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Kiwi Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Minyak Canola Vs Minyak Zaitun

minyak zaitun, minyak canola

Foto: pinterest.com

Ketika kita membandingkan manfaat minyak canola dan minyak zaitun, perlu mempertimbangkan aspek-aspek tertentu.

Terutama, kedua minyak ini sehat secara kualitatif. Keduanya membuat pilihan yang lebih sehat jika dibandingkan dengan minyak lain seperti minyak kelapa atau minyak mustard. Canola dan zaitun keduanya dapat dikonsumsi secara teratur. Mereka aman dan hampir tidak mengandung efek samping. Namun ada beberapa hal yanh harus diketahui.

  • Beberapa iklan mengatakan minyak canola lebih unggul daripada minyak zaitun. Beberapa produsen minyak canola mengklaim bahwa minyak tersebut mengandung jumlah lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dibandingkan dengan minyak zaitun. Padahal minyak zaitun mengandung jumlah lemak baik yang tinggi daripada minyak canola. Jika mengukur jumlahnya, sekitar tiga kali lebih tinggi dari minyak canola.
  • Tingkat lemak tak jenuh ganda juga rendah dalam minyak zaitun. Namun demikian, minyak canola dapat mengalahkan minyak zaitun dalam hal lemak jenuh, yang juga dianggap sebagai lemak jahat. Minyak zaitun mengandung sedikit lemak jenuh yang sedikit lebih tinggi daripada Canola.

Baca Juga: Makanan untuk Kulit Berminyak, Apa yang Harus Dimakan dan Dihindari?

  • Minyak canola, kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 esensial, yang sangat baik untuk jantung.
  • Ketika membicarakan harga, minyak zaitun lebih mahal dari minyak canola.
  • Dari segi rasa, minyak zaitun mengandung rasa dan aroma yang kuat yang mungkin tidak disukai. Minyak canola relatif hambar dan cocok untuk keperluan memasak dan membuat kue.

Jadi minyak manakah yang menurut Moms lebih baik berdasarkan penjelasan di atas?

Artikel Terkait