BAYI
18 Agustus 2019

Mitos atau Fakta, Berjalan di Rumput Bantu Anak Cepat Jalan?

Anak harus sering diajak jalan di atas rumput agar bisa cepat jalan. Benarkah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Ketika si kecil memasuki usia 9 bulan, keinginan terbesar Moms adalah melihatnya mampu melangkah sendiri.

Segala cara Moms usahakan untuk mendorong si kecil belajar berjalan, mulai dari membelikannya alat untuk belajar berjalan, hingga mengajaknya jalan di atas rumput.

Ya, orangtua zaman dulu banyak yang meyakini bahwa mengajak bayi jalan di atas rumput tanpa alas kaki akan membuatnya bisa cepat jalan. Tapi, benarkah itu, atau hanya mitos semata?

Berjalan di atas rumput tanpa alas kaki memang punya manfaat kesehatan pada orang dewasa, salah satunya merangsang titik-titik refleksi pada telapak kaki yang diyakini berkaitan langsung dengan berbagai masalah kesehatan.

Bahkan para ahli kesehatan pun menyarankan agar para bayi belajar berjalan tanpa alas kaki. Hal itu karena sepatu dapat memengaruhi cara mereka menggunakan otot dan tulang di kaki mereka.

Seorang ahli penyakit kaki yang mengkhususkan diri dalam podopaediatrics, Tracy Byrone, dalam bellybelly.com.au, mengatakan bahwa balita akan menjaga kepala mereka lebih tinggi ketika mereka berjalan tanpa alas kaki.

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengembangkan otot dan ligamen di kaki, dan memperkuat lengkungan kaki.

Ketika balita berjalan tanpa alas kaki, itu juga membantu meningkatkan proprioception mereka (kesadaran mereka tentang posisi mereka dalam kaitannya dengan ruang di sekitar mereka), yang sangat bermanfaat bagi perkembangan motorik mereka.

Lalu, bagaimana dengan berjalan tanpa alas kaki di atas rumput? Benarkah hal ini dapat membantu si kecil lebih cepat berjalan?

Jawabannya, itu hanyalah mitos. Meski belajar berjalan tanpa alas kaki lebih baik bagi si kecil, hal ini tak ada hubungannya dengan berjalan di atas rumput.

Cepat atau lambatnya anak belajar berjalan dipengaruhi oleh banyak faktor, bukan karena ia berjalan di atas rumput.

Lalu, bagaimana cara terbaik mengajak anak yang sedang belajar jalan? Ikuti tipsnya seperti dilansir dari youngparents.com.sg.

Baca Juga : 4 Latihan Mudah Untuk Si Kecil Yang Baru Belajar Berjalan

1. Jangan Memaksa

Mitos atau Fakta, Berjalan di Rumput Bantu Anak Cepat Jalan 1.png

Foto: youngparents.com.sg

Biarkan si kecil mulai berjalan dengan kecepatannya sendiri, dengan kecepatan perkembangannya sendiri.

Tahan godaan untuk mendorong terlalu keras hanya karena anak teman Moms pada usia yang sama lebih gesit atau bergerak dengan kecepatan lebih cepat.

2. Berikan Kesempatan Latihan

Mitos atau Fakta, Berjalan di Rumput Bantu Anak Cepat Jalan 2.jpg

Foto: parents.com

Si kecil membutuhkan pengalaman yang memungkinkannya untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan berjalannya, dan itu artinya Moms harus memberikan kesempatan bermain ini baginya.

Bawa dia berjalan-jalan di taman, biarkan dia berkeliaran di sekitar rumah di bawah pengawasan Moms, dan letakkan peralatan bermain untuknya di taman.

Baca Juga : Anak Laki-laki Lebih Lambat Berjalan, Mitos atau Fakta?

3. Yakinkan Si Kecil

Mitos atau Fakta, Berjalan di Rumput Bantu Anak Cepat Jalan 3.png

Foto: youngparents.com.sg

Si Kecil mungkin menangis ketika dia menyadari bahwa dia tidak bisa berjalan di puncak tangga atau dia sering tersandung ketika tanahnya tidak rata.

Beri dia banyak kenyamanan dan kepastian ketika kejadian seperti itu terjadi dan kemudian dorong dia untuk mencoba lagi.

4. Waspadai Keamanan

Mitos atau Fakta, Berjalan di Rumput Bantu Anak Cepat Jalan 4.png

Foto: youngparents.com.sg

Si kecil tidak mengetahui bahaya dan jauh lebih peduli pada keingintahuan besar mereka untuk menjelajah lingkungan.

Itu sebabnya, Moms perlu memastikan bahwa rumah adalah tempat yang aman untuk si kecil berkeliaran.

Pertimbangkan fitur-fitur seperti gerbang pengaman untuk tangga, penutup untuk colokan listrik, atau pengaman untuk perabot berujung tajam.

5. Jadikan Aktivitas Berjalan Menyenangkan

Mitos atau Fakta, Berjalan di Rumput Bantu Anak Cepat Jalan 5.jpg

Foto: verywellfamily.com

Si kecil akan belajar keterampilan gerakan baru dengan sangat baik ketika dia bersenang-senang, bukan ketika dia tegang dan cemas.

Tawa dan lelucon yang Moms lontarkan dengannya saat dia berjuang untuk berjalan melintasi ruangan membantu membuatnya merasa nyaman dan meningkatkan kenikmatan aktivitasnya.

Baca Juga : Anak Selalu Berjalan Menjinjit, Bahayakah?

6. Dorong untuk Bermain di Luar Ruangan

Mitos atau Fakta, Berjalan di Rumput Bantu Anak Cepat Jalan 6.jpg

Foto: babycenter.com

Banyak taman bermain memiliki area petualangan yang aman untuk balita, dengan banyak area empuk untuk dilalui. Si kecil akan menyukai peluang ini, selama Moms berada di sampingnya.

Nah, itulah cara terbaik jika Moms ingin si kecil bisa cepat jalan, ya, Moms.

(VAN/CAR)

Artikel Terkait