KESEHATAN
4 Juli 2018

Mitos Atau Fakta, Kunyit Asam Bisa Membuat Peranakan Kering

Jangan berlebihan dalam mengonsumsinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tanya : 

Saya biasa minum kunyit tiap bulan untuk mens, cuma karena kemarin libur lebaran jadi saya tidak minum kunyit. Nah saya mnm asam jawa untuk melancarkan mens. apakah bisa?

Apakah terlalu banyak minum asam jawa dapat membuat peranakan wanita menjadi kering?

Jawab : 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di dunia medis, kunyit yang mengandung zat kurkumin memang memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan, antara lain:

1. mengatasi infeksi

2. mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis

3. mengatasi kulit gatal

4. mengurangi nyeri saat menstruasi

5. membantu mengurangi gejala maag dan tukak lambung

6. menurunkan resiko penyakit seperti kanker usus besar dan Alzheimer

Sedangkan manfaat dari asam yang telah diketahui diantaranya antioksidan, menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes, mengatasi sembelit, meredakan demam dan nyeri tenggorokan.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun perlu diingat bahwa mengkonsumsi kunyit asam berlebihan (>500 mg per hari) juga dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan, seperti gangguan saluran empedu dan organ hati, reaksi alergi, kontraksi uterus, perdarahan, gangguan pencernaan, dan diduga memberikan efek negatif pada kesuburan pria.

Belum ada penelitian yang menghubungkan efek kunyit asam secara langsung terhadap kekeringan pada rahim dan kesuburan wanita, namun memang konsumsi kunyit tidak disarankan untuk ibu hamil atau sedang menyusui, penderita defisiensi zat besi, orang dengan riwayat perdarahan, dan laki-laki yang ingin memiliki keturunan.

Jadi jika anda ingin memiliki keturunan setelah menikah nanti, pasangan anda sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi kunyit.

Dijawab oleh : dr. Ayu Andrian Putri

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait