KESEHATAN
20 Agustus 2017

Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Payudara dan Bra

Bukan hanya wanita saja yang bisa terkena kanker payudara, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Banyak sekali mitos dan fakta seputar kesehatan yang merebak di masyarakat. Termasuk seputar kesehatan payudara yang sering sekali beredar dari wanita satu ke yang lainnya tanpa ada dasar penelitian yang jelas.

Kesehatan payudara sering sekali dikaitkan dengan penggunaan bra. Mulai dari jenis bra yang dipakai sampai dengan waktu pemakaian bra saat malam hari. Agar tidak salah kaprah, berikut mitos dan fakta seputar bra dan juga kesehatan payudara yang bisa Mama share dengan wanita lainnya.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Bra yang Tepat

MITOS

1. Memakai bra berkawat dapat memicu kanker payudara

bra berkawat

Mungkin banyak dari para Mama yang selama ini menghindari bra berkawat karena takut terkena kanker payudara. Sampai saat ini belum ada penelitian yang pasti mengenai hal tersebut. Namun banyak faktor pemicu yang lebih potensial, yaitu gaya hidup yang tidak sehat, kelebihan berat badan, dan kelainan genetik.

2. Memakai bra saat tidur juga memicu kanker payudara

memakai bra saat tidur

Pro kontra memakai bra saat tidur bisa memicu kanker juga masih belum jelas kebenarannya. Tidak memakai bra saat tidur memang dianjurkan karena berkaitan dengan sistem peredaran darah keseluruh tubuh saat tidur. Jadi Mama jangan panik kalau sering lupa melepas bra sebelum tidur.

3. Pria tidak berpotensi kanker payudara

pria tidak berpotensi kanker payudara

Banyak yang beranggapan bahwa pria tidak berpotensi kanker payudara. Padahal risiko dan akibatnya sama bahayanya seperti kanker payudara pada perempuan. Karena kurangnya pengetahuan kesehatan, maka banyak kasus kanker payudara pada pria ditemukan setelah sudah memasuki stadium lanjut.

FAKTA

1. Ukuran payudara wanita tidak sama

ukuran payudara tidak sama

Menurut lembaga survey di Inggris menyebutkan 99% wanita memiliki bentuk payudara yang tidak sama. Kalau Mama pun menyadarinya jangan dulu panik Ma.

Perbedaan ukuran dan bentuk adalah faktor hormonal. Kebanyakan wanita tidak menyadari mengapa payudara sebelah kiri lebih besar. Ini karena payudara sebelah kiri lebih tinggi sensitivitasnya.

2. Merokok dapat membuat payudara tidak kencang

wanita merokok

Kesehatan payudara sangat berpengaruh kalau Mama tidak menjalankan pola hidup sehat. Contohnya seperti merokok. Penelitian di Kentucky University, Amerika Serikat menyatakan bahwa merokok dapat menghambat produksi protein dalam kulit yang bisa meningkatkan elastisitas termasuk payudara.

3. Ukuran bra tidak akan pernah sama

ukuran bra

Pada usia 20-30 tahun, payudara Anda akan terus berkembang. Jadi bukan berarti ukuran bra Mama akan terus sama dari tahun ke tahun. Maka dari itu, pilihlah bra yang cukup dengan cup yang menutupi lingkaran payudara Mama dengan nyaman.

Apakah Mama punya pengalaman mengenai mitos dan fakta bra dan kesehatan payudara lainnya? Yuk coba diskusikan dengan Mama lainnya di kolom komentar.

(LMF)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait