KESEHATAN
14 Oktober 2019

Moms, Begini Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan agar Tidak Sakit Perut Lagi

Cara paling pas untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah mengelola asupan makanan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Ya, mengelola asupan makanan akan menjaga sistem pencernaan makanan. Sehingga, organ tubuh yang ada di dalam perut bisa digunakan setiap hari untuk menyerap nutrisi.

Saat berbicara tentang kesehatan sistem pencernaan, kita lebih sering memusatkan perhatian pada dua hal, yaitu diet dan olahraga. Padahal, pencernaan makanan adalah organ tubuh yang digunakan setiap hari untuk menyerap nutrisi.

Selain itu, semakin tua, sistem pencernaan manusia juga semakin ringkih. Nah, begini caranya menjaga kesehatan sistem pencernaan Moms agar selalu sehat dan fit.

Jika Ini terjadi, Pencernaan Balita Moms Bermasalah!

1. Makan Makanan yang Bersih

Makan minum saat liburan.jpg

Mengonsumsi makanan yang bersih akan membantu perut untuk mencerna makanan dengan mudah sehingga mencegah masalah pencernan. Sayuran, bumbu, dan makanan yang banyak mengandung air akan membuat pencernaan selalu sehat. Sementara itu gula, garam dan makanan berlemak kemungkinan akan membuat masalah dalam sistem pencernaan.

2. Minum Air

Air digunakan untuk menjaga tingkat pH tubuh. Jika tingkat pH itu terlalu asam, artinya asam lambung meningkat sehingga perut terasa melilit. Air bisa mencegah terjadinya meningkatnya kadar asam dalam lambung. Jika tubuh tidak bisa membuang limbah, maka limbah itu akan bertahan dalam usus besar sampai akhirnya bisa terbuang.

“Harus dicatat bahwa pencernaan yang sehat membutuhkan asupan cairan yang cukup. Banyak faktor seperti olahraga, cuaca, berat badan dan kesehatan memengaruhi berapa banyak air yang tepat bagi kita,” kata Dr. Tara Menon, ahli gastroenterologi di Pusat Medis Wexner University Universitas Ohio..

Baca Juga: GERD, Gangguan Pencernaan yang Mirip Serangan Jantung

3. Probiotik

Probiotik yang berisi enzim juga bisa membantu sistem pencernaan. Contoh probiotik yang bisa dikonsumsi antara lain adalah yogurt, kimchi, dan miso. “Selain itu, probiotik dapat terkandung dalam beberapa jenis makanan dan minuman lain seperti sereal, coklat batangan, biskuit, dan jus,” kata Dr Menon.

4. Perbanyak Serat

sayur asem.jpg

Serat memainkan peran penting dalam kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu bakteri baik yang ada di dalam perut. Jadikan hijau warna favorit makanan kita. Sayur sebagai sumber serat bebas lemak cocok untuk menu diet sehat.

5. Kurangi Kafein dan Alkohol

Kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi dari sistem pencernaan, dan menyebabkan masalah seperti meningkatkan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan sakit maag dan bisa juga terjadi heartburn (sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan).

Baca Juga: 3 Masalah Pencernaan Anak

Nah, itulah 5 cara menjaga kesehatan pencernaan. Selalu diikuti, ya, Moms. Sebab, penyait pencernaan itu menyusahkan sekali!

(RYO/DIN)

Artikel Terkait