RUPA-RUPA
6 Agustus 2019

Moms Ingin Pindah Kerja? Ini Waktu Terbaiknya!

Untuk para Moms yang mungkin memutuskan untuk pindah kerja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memasuki dunia pekerjaan, berarti juga memasuki dunia baru yang mungkin masih belum terlalu kita pahami. Namun seiring berjalannya waktu, kita akan mulai mengerti bagaimana pola kerja di dunia kerja, apa saja peraturan yang ada, dan bagaimana kita harus bekerja sesuai dengan posisi kita.

Namun di era yang segala sesuatunya bergerak secara cepat ini, terkadang berdiam dalam satu pekerjaan saja mulai terasa membosankan. Rutinitas yang sama harus dijalankan setiap harinya, hingga terkadang seorang karyawan mencari pekerjaan sampingan untuk menyalurkan rasa bosannya, atau bahkan pindah pekerjaan.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Impian Generasi Millennial

Jika keputusan yang diambil adalah pindah pekerjaan, hal ini pasti sudah dipertimbangkan dengan matang. Selain itu, pemilihan waktunya juga pasti tepat.

Nah, berbicara mengenai waktu, memangnya kapan si waktu terbaik untuk pindah kerja? Coba yuk kita cari tahu.

Pindah Setelah 2 Tahun Bekerja

pindah kerja

Foto: mirror.co.uk

Jika 3 atau 4 tahun adalah waktu yang terlalu lama untuk berpindah ke perusahaan lain, 2 tahun adalah waktu terbaik untuk pindah kerja. Apalagi jika tujuan utama kita untuk pindah kerja adalah demi pendapatan yang lebih baik dan tinggi tentunya.

Mengapa harus 2 tahun? Karena jika baru satu tahun bekerja dan sudah mulai berpindah ke perusahaan lain, selain standar gajinya akan tetap sama, portofolio yang kita miliki juga belum terlalu lengkap dan akan diragukan loyalitasnya terhadap perusahaan.

Baca Juga: Tempat Kerja Baru? Yuk Jalin Pertemanan Sebanyak-Banyaknya

Saat Awal Tahun

pindah kerja

Foto: fwd.com.ph

Sekarang kita tidak lagi berfokus pada berapa lamanya bekerja, namun lebih pada waktu tepat yang sesungguhnya. Jika Moms atau Dads berencana untuk pindah bekerja, tahan lah hingga mendekati awal tahun atau di awal tahun.

Mengapa? Karena di saat ini pula banyak karyawan memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan bagian HRD pasti sedang gencar-gencarnya mencari karyawan baru. Waktu ini bisa menjadi kesempatan emas bagi kita untuk menebar CV dan mendapatkan pekerjaan baru.

Baca Juga: Bukan Boros, Ini 5 Manfaat Mentraktir Rekan Kerja

Setelah Lebaran

pindah kerja

Foto: it-world.com.my

Jangan pindah kerja sebelum Lebaran ya, Moms! Mengapa? Karena tentu kita tidak akan mendapat THR yang ditunggu-tunggu. Memang ada beberapa perusahaan yang tetap memberikan karyawannya THR meski mengundurkan diri sebelum Lebaran, namun ada juga yang tidak memberikannya.

Nah, supaya aman, ada baiknya Moms dan Dads pindah bekerja setelah Lebaran. Selain itu, biasanya sehabis Lebaran, para HRD juga sedang gencar mencari karyawan baru. Jadi ingat ajukan pengunduran diri setelah Lebaran saja ya.

Artikel Terkait