KESEHATAN
6 Desember 2019

Moms, Ini Cara Efektif Mencegah Anemia

Menghindari kopi dan teh saat makan terbukti efektif mencegah anemia lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Anemia seringkali diabaikan, padahal tidak bisa dianggap sepele loh Moms, harus ada tindakan mencegah anemia yang dilakukan.

Pada perempuan, umumnya anemia terjadi ketika menstruasi atau kehamilan, bisa juga karena pola makan yang tidak sehat.

Menurut Dr Harvey Luksenburg, spesialis penyakit darah National Institutes of Health (NIH), jika anemia tidak diobati selama kehamilan, Moms dapat melahirkan anak-anak yang kekurangan zat besi yang dapat memengaruhi laju pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

"Wanita yang merasakan gejala mudah lelah dan lesu mungkin kekurangan zat besi," kata Luksenburg.

anemia - youaremom.jpg

Anemia terjadi ketika mengalami penurunan kadar hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara mencegah Anemia

"Jika Anda telah lama mengidap anemia, periksakanlah. Saya telah melihat perubahan yang mengejutkan ketika perempuan diberi suplemen zat besi (cukup zat besi). Beberapa mengatakan mereka tidak pernah merasa lebih baik sebelumnya," tambah Luksenburg.

Selain mengonsumsi suplemen zat besi, ada beberapa cara efektif lainnya yang bisa Moms lakukan untuk mencegah anemia. Menurut National Women's Health Information Center berikut cara efektif untuk mencegah anemia.

anemia - parenting,firtscry.jpg

Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Sumber makanan penghasil zat besi terbaik diantaranya, daging merah (terutama daging sapi dan hati), ikan, dan kerang.

Makanan lain yang mengandung banyak zat besi termasuk kacang polong, Lens Culinaris (miju-miju), kacang-kacangan, tahu, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, buah-buahan kering seperti prem dan kismis, dan sereal dan roti yang diperkaya zat besi.

Baca Juga: Mengenal Tablet Tambah Darah untuk Mengobati Anemia

Konsumsi Minuman dan Makanan yang Mengandung Vitamin C

Misalnya, jeruk, jus jeruk, stroberi, brokoli, atau buah-buahan serta sayuran lainnya yang kaya akan vitamin C. Sebab, vitamin C membantu tubuh dalma penyerapan zat besi.

Hindari Minum Kopi atau Teh Saat Makan

daging merah - foodmanufacture.co.uk.jpg

Minum teh dan setelah makan seperti sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun, sebaiknya dihindari ya Moms, sebab teh dan kopi dapat membuat tubuh lebih sulit menyerap zat besi.

Dapatkan Cukup Vitamin B12 dan Asam Folat dalam Setiap Konsumsi Makanan

Vitamin B12 dan asam folat sangat baik untuk mencegah anemia. Moms bisa mendapatkan vitamin B12 dan asam folat melalui suplemen atau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat, seperti sayuran hijau, avokad, papaya, hati ayam, daging sapi, atau telur.

Baca Juga: 6 Tanda Penyakit Anemia yang Mungkin Tidak Moms Sadari

Gaya Hidup Sehat

orange-juice-vitamin-c - today.com.jpg

Tidak hanya olahraga, gaya hidup sehat juga mencakup konsumsi makanan bergizi. Konsumsi makanan kaya zat besi, dapat membantu mencegah anemia, dengan demikian tubuh mendapatkan lebih banyak energi dan merasakan menjadi lebih fit.

Itulah cara-cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia. Selamay mencoba Moms!

Artikel Terkait