BALITA DAN ANAK
20 Oktober 2019

Moms, Ini Manfaat Pelihara Ikan bagi Anak

Hobi memelihara ikan untuk anak relatif lebih murah
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mungkin tidak pernah Moms bayangkan bahwa ikan merupakan hewan peliharaan ketiga yang paling populer untuk dipelihara anak-anak, setelah anjing dan kucing.

Menurut Survei Pemilik Hewan Peliharaan Nasional 2017-18, 68% rumah tangga Amerika memiliki hewan peliharaan.

Survei yang dilakukan oleh American Pet Products Association (APPA) menemukan bahwa 12,5 juta rumah tangga AS memelihara ikan air tawar dan 2,5 juta memelihara ikan air asin.

Baca Juga: Memberikan Peliharaan Untuk Balita, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Jumlah ikan air tawar merupakan proporsi terbesar dari hewan peliharaan yang dimiliki di AS, ada lebih dari 139,3 juta ikan air tawar dibandingkan dengan 94,2 juta kucing dan 89,7 juta anjing.

Mengapa ikan menjadi pilihan hewan peliharaan yang populer? Karena memilihara ikan memiliki banyak manfaat seperti di bawah ini.

Memberikan Manfaat Pembelajaran

manfaat memelihara ikan, memelihara ikan

Dilansir dari situs Fish Keeping World, memelihara ikan adalah pengalaman belajar yang luar biasa bagi anak-anak.

Belajar merawat hewan kecil dapat mengajari anak untuk bertanggung jawab, dan pentingnya merawat segala sesuatu di planet kita, tidak peduli seberapa kecilnya.

Anak-anak Anda akan belajar keterampilan yang berharga melalui memberi makan, merawat akuarium ikan, dan memelihara ikan. Meskipun pemeliharaan untuk ikan tidak memakan banyak waktu, tetap saja menarik dan baik untuk perkembangan anak.

Baca Juga: Belajar dari Anak Saat Hewan Peliharaan Mati

Lebih Murah Daripada Hewan Peliharaan Lainnya

manfaat memelihara ikan, memelihara ikan

Dibandingkan dengan hewan lain, memelihara ikan adalah hobi yang relatif murah. Biayanya tergantung pada jenis ikan yang pilih untuk dipelihara, jelas semakin unik, semakin mahal harga ikannya.

American Society for the Prevention of Cruelty to Animals menemukan bahwa seekor anjing kecil akan dikenakan biaya $ 1,471 per tahun, dibandingkan dengan $ 227 untuk seekor ikan kecil.

Tidak Membutuhkan Banyak Tempat

manfaat memelihara ikan, memelihara ikan

Selain tidak berisik, ikan juga tidak memakan banyak ruang. Banyak keluarga sekarang tinggal di flat atau rumah kecil di mana tidak tepat memiliki hewan yang lebih besar seperti kucing atau anjing.

Untuk memelihara ikan tidak membutuhkan banyak ruang. Kita hanya membutuhkan tempat untuk akuarium ikan, dan mungkin sebuah lemari kecil atau kotak untuk menyimpan semua aksesori pemeliharaan ikan.

Baca Juga: Memilih Jenis Hewan Peliharaan Sesuai Umur Anak

Mengandung Unsur Estetika

manfaat memelihara ikan, memelihara ikan

Mungkin salah satu alasan paling umum memelihara ikan untuk anak adalah karena ikan umumnya cantik-cantik dan unik.

Jenis hewan peliharaan ini memberikan perasaan tenang dan damai, bahkan akuarium ikan bisa menjadi tambahan yang menarik sebagai hiasan di rumah. Ikan memiliki beragam bentuk, ukuran, dan warna, yang akan membuat anak tertarik untuk memeliharanya.

Nah, melihat dari banyaknya manfaat memelihara ikan, maukah Moms membantu anak mencoba merawatnya?

Artikel Terkait