PASCA MELAHIRKAN
29 September 2019

Moms, Ini Perubahan Vagina yang Bisa Terjadi Setelah Melahirkan

Kemungkinan besar vagina memang bisa berubah setelah melahirkan, ini penjelasannya, Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Apakah vagina akan berubah setelah melahirkan? Jawabannya adalah iya. Hal tersebut merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para Moms sebelum melahirkan, terutama setelah melihat berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh selama masa kehamilan.

Setelah melahirkan Si Kecil dengan normal tentu Moms memberikan perubahan, seperti yang disampaikan oleh Sherry Ross, M.D., seorang dokter kandungan dan penulis buku She-ology: The Definitive Guide to Women Intimate Health,.

Menurutnya dibutuhkan waktu 12 minggu sampai satu tahun bagi vagina perempuan untuk bisa kembali ke keadaan semula dan beberapa hal kemungkinan membuat vagina tidak kembali sama 100% seperti sebelum melahirkan.

Berikut ini perubahan yang bisa terjadi setelah melahirkan.

Vagina Akan Kering

Ini Tips untuk Moms yang Ingin Menunda Kehamilan

Foto: Medical News Today

Saat sedang hamil, akan terjadi peningkatan kadar hormon tertentu pada tubuh, salah satunya hormon estrogen. Hormon tersebut akan meningkat selama kehamilan dan akan turun setelah melahirkan. Perubahan itulah yang akan membuat vagina Moms akan lebih kering setelah melahirkan,

Namun, bila perempuan setelah melahirkan tidak menyusui, biasanya kelembapan vagina akan kembali normal dalam beberapa minggu. Sebab, saat menyusui membuat hormone estrogen menurun.

Baca Juga : 4 Perubahan pada Vagina Saat Anda sedang Sakit

Vagina Bisa Mengendur

Moms, Ini Perubahan Vagina yang Bisa Terjadi Setelah Melahirkan

Foto: Flo

Saat melahirkan otot dasar panggul akan bekerja secara maksimal untuk bisa melahirkan buah hati. Ini memungkinkan vagina bisa meregang hingga 10cm lebih, tergantung dari ukuran bayi dan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mendorong bayi terlahir. Hal itulah yang membuat vagina akan mengendur.

Walau kemungkinan vagina tidak bisa berubah kembali 100%, Moms bisa mencoba cara untuk memperkencang kembali, salah satunya dengan melakukan senam kegel. Olahraga ini ampuh membuat vagina lebih kencang.

Baca Juga : Vagina Kering, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Ada Luka di Sekitar Vagina

Moms, Ini Perubahan Vagina yang Bisa Terjadi Setelah Melahirkan

Foto: The Centre PC

Beberapa keadaan tertentu saat melahirkan memang tidak jarang mengharuskan adanya episotomi atau perobekan pada vagina untuk mempermudah proses persalinan. Ini mungkin akan meninggalkan bekas luka yang membuat adanya perubahan pada vagina setelahnya.

Meski akan ada beberapa perubahan yang terjadi vagina, jangan khawatir ya, Moms. Sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi masalah tersebut.

Baca Juga : Kenali Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

(NA/KM)

Artikel Terkait