PROGRAM HAMIL
5 Januari 2019

Moms, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kembali Hamil Setelah Operasi Caesar

Catat hal penting agar kehamilan lancar setelah caesar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Kehamilan adalah waktu dan momen indah yang tidak terlupakan bagi setiap perempuan. Setelah mengandung selama sembilan bulan, tak jarang banyak Moms yang ingin cepat hamil anak berikutnya.

Namun, perlu diingat bahwa keinginan untuk cepat merencanakan kehamilan harus pula dibarengi dengan kesiapan. Apalagi jika Moms mengalami operasi sesar pada kehamilan sebelumnya.

Mungkin banyak Moms yang bertanya kapan waktu yang tepat untuk hamil setelah operasi sesar?

Yup, seperti banyak kita ketahui dokter memang menyarankan adanya jarak antara kehamilan satu dengan kehamilan lainnya. Sebab, ada banyak risiko jika jaraknya terlalu pendek misalnya mengenai masalah fisik selama kehamilan serta kesiapan mental untuk kehadiran anak berikutnya.

Baca Juga : Berapa Lama Boleh Hamil Lagi Setelah Caesar?

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh World Health Organization atau WHO merekomendasikan bahwa seorang perempuan idealnya memiliki jarak sekitar 24 bulan untuk hamil kembali.

Menurut WHO, hal ini perlu diperhatikan untuk mengurangi risiko masalah kesehatan pada ibu serta bayi. Rekomendasi ini berlaku untuk kelahiran secara sesar maupun normal.

Bahkan sebuah studi yuang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology pada 2007 mengungkapkan bahwa jika seorang perempuan hamil kurang dari enam bulan setelah operasi sesar maka berisiko tinggi mengalami rupture uteri atau robekan dinding rahim.

Selain masalah kesehatan, memberi jarak pada kehamilan sebelumnya juga memberi waktu untuk Moms mengurus Si Kecil dengan lebih optimal.

Baca Juga : Apakah Aman Melakukan Operasi Caesar untuk Ketiga Kalinya?

Persiapan Penting Sebelum Hamil

Jika Moms ingin berencana hamil setelah operasi sesar, perlu diingat bahwa operasi sesar adalah operasi perut besar.

Semakin banyak persiapan dan waktu pemulihan maka akan semakin kecil risikonya komplikasi pada kelahiran berikutnya.

Tubuh juga kehilangan banyak nutrisi setelah operasi sesar. Maka, Moms perlu berkonsultasi pada dokter untuk kesiapan tubuh untuk kehamilan berikutnya

Selain nutrisi, Moms juga perlu memperhatikan waktu istirahat sebab memiliki bayi saat sedang hamil akan menyulitkan. Moms harus pandai membagi waktu antara mengasuh anak dan memperhatikan kehamilan. Diskusi dengan suami agar bisa berbagi tugas supaya Moms bisa istirahat cukup sepanjang kehamilan.

Hal tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah bekas operasi sesar. Moms perlu melakukan perawatan intensif untuk menyembuhkan luka sesar dengan benar sebab otot perut dan punggung yang kuat dibutuhkan untuk kehamilan.

Perawatan bekas luka sesar wajib diperhatikan misalnya menjaga kulit tetap kering, cukup minum air putih hingga menjaga kebersihan area luka.

Dengan begitu kehamilan tidak akan terganggu karena operasi sesar. Olahraga ringan juga dibutuhkan untuk memulihkan energi setelah melahirkan.

Baca Juga : 7 Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

Nah, Moms punya trik apa untuk persiapan hamil setelah operasi sesar?

(GSA)

Sumber : momjunction.com, babyprepping.com

Artikel Terkait